Managemen Kesehatan 7

ADMINISTRASI KESEHATAN

By: Suhartinah, SE, MM

 

1. Perkembangan ilmu dan teknologi, dan kebutuhan masyarakat terhadap jenis pelayanan kesehatan sangat bervariasi,Tergantung apakah bentuk dan jenis pelayanan kesehatan tersebut ?

A.    Kemajuan ilmu dan teknologi

B.    Kebutuhan dan tuntutan kesehatan

C.    Tingkat sosial dan ekonomi

D.    Latar belakang politik

E.    Budaya masyarakat

 

2. Pada Praktek kesehariannya, Bentuk dan jenis pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dapat berbeda, tetapi penyelenggaraannya selalu ditemukan kesamaan Yang di maksud kesamaan adalah pada ?. 

A.    Ilmu dan teknologi kedokteran

B.    Ilmu dan teknologi

C.    Ilmu dan teknologi administrasi

D.    Ilmu dan administrasi

E.    Ilmu dan kedokteran

 

3.  Ciri – Ciri Sistem dapat dibedakan atas 4 macam yang salah satunya adalah…

A.    Sistem Mempunyai mekanisme pengendalian.

B.    Sistem Mempunyai Tujuan

C.    Sistem Bersifat terbuka

D.    Sistem adalah bagian atau elemen yang satu sama lainnya saling berhubungan dan mempengaruhi sehingga membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan,

E.    Sistem mempunyai kemampuan Transformasi

 

4. Sistem Kesehatan terdiri dari subsistem pelayanan kesehatan dan subsistem pembiayaan kesehatan, Ada berapa pelayanankah pada Sub sistem pelayanan kesehatan tersebut ?

A.    1 Pelayanan

B.    2 Pelayanan

C.    3 Pelayanan

D.    4 Pelayanan

E.    5 Pelayanan

 

5. Sistem sebagai upaya menghasilkan pelayanan kesehatan. Sistem kesehatan adalah sebagai suatu upaya untuk menghasilkan pelayanan kesehatan, sehingga diperlukan beberapa unsur yaitu masukan , proses, keluaran. Yang dimaksud dengan masukan adalah perangkat administrasi.

Terdiri dari apa saja perangkat administrasi tersebut?

A.    Sumber, Tenaga, Dana , Sarana dan metode

B.    Sumber, Tata cara dan Kesanggupan

C.    Tenaga dan Dana

D.    Sumber dan Tata cara

E.    Sarana dan Prasarana

 

6. Yang dimaksud dengan proses dalam soal no. 5  adalah fungsi administrasi. Fungsi administrasi pada proses tersebut adalah ?

A.    Perencanaan , pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian

B.    Perencanaan 

C.    Pengorganisasian

D.    Pelaksanaan

E.    Penilaian

 

7. Yang dimaksud dengan keluaran dalam soal no. 5 adalah ?

A.    Pelayanan kesehatan

B.    Pelayanan Kesehatan yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat

C.    Pelayanan kedokteran

D.    Pelayanan Kesehatan masyarakat

E.    Pelayanan Administrasi

 

8. Pelayanan Kesehatan yang baik harus memiliki berbagai persyaratan pokok, tersedia dan berkesinambungan, dapat diterima dan wajar, mudah dicapai, mudah dijangkau dan bermutu. Ada Berapa macam syarat pelayanan  Kesehatan?

A.    3 Syarat

B.    2 Syarat

C.    5 Syarat

D.    4 Syarat

E.    6 Syarat

 

9. Faktor Biaya Investasi, Biaya Kegiatan Rutin, Biaya Rencana Pengembangan  dan besarnya target keuntungan adalah faktor – faktor yang mempengaruhi untuk menetapkan  apa?

A.    Tarif pelayanan Kesehatan

B.    Tarif Biaya

C.    Tarif Kesehatan Masyarakat

D.    Tarif Pengobatan

E.    Tarif Pelayanan

 

10. Untuk Mencegah Tingginya Tarif Pelayanan maka ada beberapa faktor yang harus dikendalikan  keempat faktor tersebut adalah 

A.    Biaya Investasi

B.    Biaya Kegiatan Rutin

C.    Biaya Rencana Pengembang

D.    Besarnya Target Keuntungan

E.    A,b,c,d adalah benar

 

11. Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat pada Pemerintah Daerah Bali meliputi, program-program prioritas tersebut di antaranya penurunan angka kematian ibu dan anak, termasuk imunisasi, perbaikan gizi khususnya stunting, pengendalian HIV/AIDS, tuberkolosis dan malaria, pengendalian penyakit tidak menular, seperti hipertensi, diabetes, obesitas, dan kanker. Program tersebut termasuk…..

A.    Subsistem Pelayanan Kesehatan Kedokteran

B.    Subsistem Pelayanan Kesehatan Masyarakat

C.    Subsistem Pemberdayaan Masyarakat

D.    Subsistem Stabilisasi Masyarakat

E.    Subsistem Pembiayaan dan Kesejahteraan Masyarakat

 

12. Kualitas pelayanan jaminan kesehatan nasional (JKN) di suatu RSUD Tahun 2014, sebagian besar kategori baik. Berikut ini mengenai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kecuali…..

A.    bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional 

B.    diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory)

C.    dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh Pemerintah.

D.    program negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesehatan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

E.    program dari lembaga swadaya masyarakat yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesehatan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

 

13. Jaminan BPJS Kesehatan, menuntut tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien dengan baik. Akan tetapi, kenyataannya sekarang pandangan pasien terhadap pelayanan BPJS Kesehatan masih kurang baik. Dalam hal ini bertentangan dengan manfaat BPJS, yaitu:

A.    Membebaskan peserta dari kesulitan menyediakan dana tunai

B.    Biaya kesehatan dapat diawasi

C.    Mutu pelayanan dapat diawasi

D.    Tersedianya data kesehatan

E.    Mengurangi pelayanan yang berlebihan 

 

14. Untuk memutuskan rantai penularan TB Paru perlu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya rumah sehat dan perilaku hidup yang sehat dengan memberikan penyuluhan kesehatan mengenai syarat-syarat ventilasi rumah, manfaat cahaya matahari dan akibat penghuni rumah yang padat, serta merubah perilaku merokok. Upaya tersebut termasuk…..

A.    Subsistem pembiayaan kesehatan kedokteran

B.    Subsistem pembiayaan kesehatan masyarakat

C.    Subsistem pelayanan kesehatan kedokteran

D.    Subsisten pelayanan kesehatan masyarakat

E.    Subsistem pembiayaan kesehatan perorangan

 

15. MPBW (Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah) diharapkan dapat meningkatkan kesehatan penduduk di suatu kabupaten/kota tertentu secara bertahap dan berkesinambungan. MPBW (Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah) termasuk…..

A.    Subsistem pembiayaan kesehatan kedokteran

B.    Subsistem pembiayaan kesehatan masyarakat

C.    Subsistem pelayanan kesehatan kedokteran

D.    Subsisten pelayanan kesehatan masyarakat

E.    Subsistem pembiayaan kesehatan perorangan

 

16. Total biaya program KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)  Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)sebesar Rp450.787.500,00. Sumber biaya dari Pemerintah Pusat dan provinsi. Sumber biaya dari pemerintah kabupaten sebesar 16,78%. Proporsi biaya KIA dari APBD kabupaten sebesar 0,80%. Mekanisme pembiayaan pelayanan kesehatan dari APBD disebut…..

A.    Mengikuti asas desentralisasi

B.    Mengikuti asas dekonsentrasi

C.    Mengikuti asas perbantuan

D.    Mengikuti asas perbantuan dan desentralisasi

E.    Mengikuti asas desentralisasi dan dekonsentrasi

 

17. Berdasarkan hasil survei pasien, dari pihak rumah sakit, antara lain ruang tunggu perlu lebih luas dan lebih nyaman lagi. Hasil survei pasien termasuk dalam program menjaga mutu ditinjau dari waktunya, yaitu…..

A.    Prospektif

B.    Konkuren

C.    Retrospektif

D.    Akreditasi 

E.    Sertifikasi

 

18. Pada suatu Rumah Sakit terdapat 2 orang yang tidak puas dengan pelayanan BPJS, karena antrian pembayaran pada loket yang lama. Keluhan tersebut merupakan…..

A.    Keluhan yang berhubungan dengan tindakan kedokteran

B.    Keluhan yang tidak berhubungan dengan tindakan kedokteran

C.    Keluahan biasa

D.    Keluhan ungkapan langsung

E.    Keluhan melalui surat

 

19. Seorang perempuan berusia dewasa peserta BPJS  terlalu sering datang ke Puskesmas dengan keluhan sakit ringan seperti pusing, batuk dan pilek. Padahal ini bisa membeli sendiri obat di apotek atau toko obat. Perilaku pasien BPJS ini berpengaruh pada masalah asuransi…..

A.    Keterlambataan pelayanan kesehatan

B.    Kecepatan pelayanan kesehatan

C.    Keuntungan ke Puskesmas

D.    Mendorong pelayanan yang berlebihan

E.    Mendorong penggunaan yang berlebihan

 

20. Pihak perawat pada Puskesmas seringkali mengambilkan vitamin dan antibiotik terlalu banyak untuk pasien karena biaya pelayanan kesehatan sudah ditanggung BPJS, merupakan…..

A.    Keterlambataan pelayanan kesehatan

B.    Kecepatan pelayanan kesehatan

C.    Keuntungan ke Puskesmas

D.    Mendorong pelayanan yang berlebihan

E.    Mendorong penggunaan yang berlebihan 

 

Kunci jawaban :

1. A

2. A

3. D

4. B

5. B

6. A

7. B

8. C

9. A

10. E

11. C

12. E

13. C

14. D

15. D

16. B

17. C

18. A

19. E

20. D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *