Apa itu Tes TWK Sekolah Kedinasan?

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) termasuk dalam tes menguji kemampuan penguasaan pengetahuaan dan kemampuan peserta dalam implementasi 4 pilar pedoman Kebangsaan Indonesia meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD’45), Bhineka Tunggal Ika dan hal-hal mencakup Negara Kesatuan Republik Indonesia. TWK ini kerap menjadi bagian Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang paling sulit. Karena biasanya banyak peserta yang gagal mencapai skor yang memenuhi standar minimal kelulusan (passing grade).

Apa Saja Materi Tes TWK Sekolah Kedinasan?

Adapun materi penting dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ini adalah sebagai berikut:

  1. Pancasila
    Hal mendasar yang dipelajari dalam TWK adalah Pancasila. Pengertian Pancasila yaitu ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia. Pancasila juga menjadi landasan dari segala keputusan bangsa dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Untuk itu, materi ini sangat penting dan termasuk materi dasar yang harus kamu kuasai, termasuk pula kamu harus mempelajari tentang ideologi Pancasila.
  2. Undang – Undang Dasar 1945
    Materi TWK kedua yang harus dipelajari adalah Undang-Undang Dasar 1945. UUD 1945 adalah hukum dasar tertulis yang mengikat pemerintah, lembaga negara, lembaga masyarakat dan juga mengikat setiap Warga Negara Indonesia di manapun mereka berada dan juga mengikat setiap penduduk yang berasa di wilayah negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, calon mahasiswa Sekolah Kedinasan harus mempelajari materi ini termasuk pengertian, fungsi maupun kedudukan Undang-Undang Dasar 1945.
  3. Bhineka Tunggal Ika
    Bhinneka Tunggal Ika juga termasuk materi TWK yang wajib kamu kuasai. Seperti yang kita tahu, Bhinneka Tunggal Ika adalah motto atau semboyan bagi bangsa Indonesia yang tertulus pada lambang negara, yaitu Garuda Pancasila. Bhinneka Tunggal Ika sendiri mempunyai arti “berbeda-beda tapi tetap satu jua”, hal itu adalah hal mendasar yang harus diketahui. Sejarah, fungsi beserta makna dari Bhinneka Tunggal Ika tentunya harus kalian kuasai dalam TWK ini.
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia
    Materi TWK Sekolah Kedinasan yang terakhir adalah mengenai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Disini kamu harus mempelajari baik itu mengenai sistem tata negara Indonesia pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Serta sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan juga kemampuan peserta dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Kira-kira kisi dari materi negara dan kesatuan Republik Indonesia ini nantinya akan paling banyak keluar pada Tes Wawasan Kebangsaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *