4 : Apa itu Rekam Medis ?

PERTANYAAN :

Apa itu Rekam Medis menurut dasar hukum?

 

PEMBAHASAN DASAR HUKUM :

Menurut PERMENKES No: 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis, Rekam Medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien.
Secara umum isi dari rekam medis terbagi menjadi dua kelompok yaitu:

1.    Data klinis atau data medis, yaitu segala data tentang riwayat penyakit, hasil pemeriksaan fisik, diagnosis, pengobatan serta hasilnya, laporan dokter, perawat, hasil pemeriksaan laboratorium, rontgen, scanning, dan lain-lain-lain.

2.    Data demografi , yaitu segala data pendukung yang tidak berhubungan secara langsung dengan data medis, seperti identitas, data social ekonomi, alamat, dan lain sebagainya. Isi dari rekam medis baik data klinis maupun data demografi itu bersifat rahasia. Maka dari itu di setiap dokumen rekam medis selalu tertulis kata “RAHASIA”. Isi dari dokumen rekam medis itu bersifat rahasia, yaitu menjelaskan hubungan yang khusus antara pasien dengan dokter yang wajib dilindungi sesuai dengan kode etik kedokteran dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Kesimpulan :

Rekam medis menurut permenkes 269 adalah peningkatan mutu pelayanan kesehatan harus disertai dengan adanya sarana penunjang yang memadai antara lain memulai penyelenggaraan rekam medis pada setiap sarana pelayanan kesehatan.

isi dari rekam medis terbagi dua yaitu Data klinis atau data medis yaitu riwayat penyakit, Data Demografi adalah bersifat rahasia, berupa identitas pasien dan peraturan perundang-undangan berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *