Klasifikasi & Kodefikasi Penyakit 1

NASKAH SOAL

KLASIFIKASI KODEFIKASI

By: Frisya Anggita, Amd.RMIK

 

1.   Seorang jama’ah haji asal Indonesia yang memiliki riwayat penyakit pneumonia baru saja tiba kembali ke tanah air namun mengalami keluhan demam, batuk-batuk, nafas pendek, diare, mual dan nyeri otot yang mana dikira hal tersebut terjadi karena faktor kelelahan namun karena merasa tidak nyaman dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lanjut, setelah diperiksa dan terbukti pasien tersebut  terinfeksi virus MERS yang disebabkan oleh virus corona.

Apakah diagnosa utama pada kasus tersebut?

a.   Pneumonia

b.   Demam

c.   Batuk

d.   Diare

e.   MERS

Alasan:

Gejala yang dirasakan merupakan apa yang dialami oleh pengidap penyakit pneumonia namun dikarenakan pasien baru saja pulang dari ibadah haji dikhawatirkan terpapar virus corona dari unta sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lanjut dan hasil pemeriksaan menyatakan pasien positif terinfeksi virus corona atau yang lebih dikenal dengan virus MERS.

 

2.   Apakah kode yang tepat pada kasus tersebut diatas (No.1)berdasarkan diagnosa utamanya?

a.   J18.9

b.   R50.9

c.   R05

d.   A09.-

e.   B34.2

Alasan:

Untuk penyakit infeksi dan arasite terdapat pada chapter I dan infeksi virus corona terdapat pada kode B34.2

 

3.   Pada kasus neoplasma pengkodingan dapat dilakukan dengan menggunakan ICD-10 Volume 3 dan Volume 1, akan tetapi pada kasus neoplasma juga menggunakan ICD khusus.

Apakah ICD khusus yang membantu dalam pengkodingan kasus neoplasma?

a.   ICD-10 volume 1

b.   ICD-9 cm

c.   ICD- 10 volume 2

d.   ICD-O

e.   ICD- volume 3

Alasan:

WHO mengeluarkan ICD dalam berbagai macam jenis dan kebutuhan, untuk jenis penyakit neoplasm bisa dilakukan pengkodingan menggunakan ICD-10 Volume 3 dan Volume 1, namun WHO menerbitkan ICD Khusus dalam pengkodingan neoplasme pada tahun 1976 yaitu ICD-O yang pada saat ini telah mencapai edisi ke 3.

 

4.   Pengkodingan neoplasma pada ICD-10 volume 3 memiliki kode kode diagnosa tertentu berdasarkan jenis keganasan kanker/tumor. Pada suatu kasus seorang dokter menuliskan diagnosa neoplasma abdominal saja tanpa menyertakan keterangan lebih lanjut.

Apakah jenis apa kode diagnosa yang dipilih?

a.   Malignant

b.   Primary

c.   Secondary

d.   In situ

e.   Uncertain or unknown behavior

Alasan:

Ada 3 jenis pada neoplasma yang pertama ganas, jinak dan metastase atau penyebaran. Apabila dokter tidak menyertakan keterangan pada diagnose maka sebagai koder kode yang dipilih untuk yang paling tepat adalah pada bagian uncertain or unkwon behavior.

 

5.   Seorang kakek berusia 72 tahun ditemukan dipinggir jalan dalam keadaan yang sudah lemas dikarenakan tersesat, namun kakek tersebut merupakan warga yang tinggal didaerah sekitar, ketika keluarganya datang kakek tersebut enggan untuk ikut pulang dikarenakan kakek tersebut merasa tidak mengenali keluarganya, kakek tersebut mengalami penyakit demensia.

Apakah chapter kode diagnosa pada kasus tersebut? 

a.   Chapter I

b.   Chapter II

c.   Chapter V

d.   Chapter VII

e.   Chapter XX

Alasan:

Pada Chapter V berisikan tentang penyakit penyakit mental dan kelainan perilaku, dan dementia merupakan salah satu dari kelainan perilaku.

 

6.   Seorang mahasiswa sering mendaptkan teguran ketika belajar di kelas dikarenakan sering datang terlamabat dan ketiduran pada saat pembelajaran berlangsung, mahasiswa tersebut mengatakan bahwa ia mengalami gangguan tidur atau sering terjaga di malam hari (insomnia).

Apakah kode diagnose yang tepat pada kasus tersebut?

a.   G47.0

b.   C78.0

c.   E22.1

d.   P00

e.   Z38

Alasan:

Insomnia adalah salah satu jenis gangguan pada system syaraf yang disebabkan oleh depresi atau pola hidup yang tidak sehat, gangguan system syaraf terdapat pada chapter VI blok G00-G99

 

7.   Seorang ibu baru saja melahirkan bayi dengan berat bayi yang amat sangat rendah berkisar 999 Gram atau biasa disebut extremely low birth weight. Berapakah kode yang tepat pada kasus tersebut?

a.   O07

b.   P07

c.   Q07

d.   E07

e.   N07

Alasan:

Semua kondidi pasca melahirkan sampai dengan bayi berumur 40 hari untuk kode diagnosanya terdapat pada chapter XVI blok P00-P96

 

8.   Seorang atlet renang tiba-tiba tenggelam pada saat latihan untuk perlombaan nasional, setelah dibawa ke dokter diperoleh hasil bahwa atlet tersebut mengalam sesak nafas.

Apakah chapter kode diagnosa pada kasus tersebut? 

a.   Chapter XVIII

b.   Chapter XIX

c.   Chapter II

d.   Chapter XX

e.   Chapter III

Alasan:

Pada Chapter XVIII merupakan segala bentuk jenis gejala klinis yang tidak normal dan yang ditemukan pada hasil labor tapi tidak terlasifikasikan pada tempat lain.

 

9.   Blok berapakah penyebab dasar kematian pada kasus tersebut (No.8)?

a.   S00-S99

b.   T00-T98

c.   V01-Y98

d.   X00-X99

e.   Z01-Z38

Alasan:

Untuk penyebab dasar kematian terdapat pada chapter XX pada blok V01-Y98

 

10.   Seorang driver gojek mengalami kecelakaan lalu lintas dan mendapati luka luka ditubuh yang membuatnya melakukan pemeriksaaan ulang atau kontrol kondisi kesehatan sesuai dengan saran dokter untuk proses penyembuhannya.

Apakah chapter kode yang tepat untuk kasus tersebut?

a.   XXI

b.   XXII

c.   XX

d.   XV

e.   XI

Alasan:

Pada chapter XXI merupakan kumpulan kode diagnosa yang digunakan pada kasus kontrol kesehatan atau pemeriksaan kesehatan saja.

 

2 Replies to “Klasifikasi & Kodefikasi Penyakit 1”

    1. Sore, Maaf kak tidak bisa, silahakan download file yg bisa di download ya kak.

      tp tenang, kakak jangan khawatir.. web ini sdah d rancang bisa akses offline…
      untuk akses offline, sesuai sejauh mana kakak telah berselanjar di web ini. karena ada sistem cache yg merekam aktivitas kakak pada web ini.
      silahkan download versi android nya : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sukronjazuli.ujikom d aplikasi tsb sudah d jelaskan detail cara penggunaannya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *