Latihan Rekam Medis 13

KUMPULAN LATIHAN SOAL

REKAM MEDIS

 

1.     Pengumpulan data dan pencatatan segala keterangan tentang bukti-bukti dari seseorang sehingga kita dapat menetapkan dan mempersamakan keterangan tersebut dengan individu seseorang, dengan kata lain bahwa dengan Proses tersebut kita dapat mengetahui identitas seseorang dan dengan identitas tersebut kita dapat mengenal seseorang dengan membedakan dari orang lain. Proses tersebut adalah :

A.    Identifikasi

B.    Penamaan

C.    Penomoran

D.    Analisa dan Assembling

E.    Registrasi

 

2.     Kartu tanda pengenal sebagai pasien yang berisi identitas pasien dan nomor rekam medis dan setiap kali berobat harus dibawa, adalah :

A.    KIUP (Kartu Indeks Utama Pasien)

B.    KIB (Kartu Identitas Berobat)

C.    Rekam Medis

D.    Register

E.    Form Identitas Pasien

 

3.     Kartu katalog yang berisi identitas dari pasien baru dan nomor rekam medis serta sebagai salah satu cara untuk menunjang kelancaran pelayanan terhadap pasien, kunci untuk memperoleh rekam medis pasien, terutama apabila pasien lupa membawa identitas berobat, adalah :

A.    KIUP (Kartu Indeks Utama Pasien)

B.    KIB (Kartu Identitas Berobat

C.    Rekam Medis

D.    Register

E.    Form Identitas Pasien

 

4.     Sistem yang digunakan pada penyimpanan berkas rekam medis agar kemudahan kerja penyimpanan dapat diciptakan dan penemuan dengan cepat bila dibutuhkan, adalah sistem :

A.    Sistem Penamaan

B.    Sistem Penomoran

C.    Sistem Penyimpanan

D.    Sistem Indeks

E.    Sistem Registrasi

 

5.     Penyimpanan berkas RM dalam rak penyimpanan secara berurutan sesuai dengan urutan Nomor Rekam Medis Contoh : 465023, 465024, 465025, 465026 … 465099, 465100, 465101, dst. adalah sistem penyimpanan secara :

A.    Straight Numerical Filling System (Sistem Nomor Langsung)

B.    Terminal Digit Filling System (Sistem Angka Akhir)

C.    Middle Digit Filling System (Sistem Angka Tengah)

D.    Alfabetical Filling System ( Sistem Abjad)

E.    Numerical Filling System (Sistem Nomor)

 

6.     Pada kategori tiga karakter Coder menemukan peringatan bahwa beberapa jenis diagnosis tertentu dari kondisi yang tercantum dalam rubrik, bisa saja terdapat pada klasifikasi lain.

istilah yang ditemukan?

A.    NEC

B.    NOS

C.    dagger

D.    asteris

E.    Inclusion

 

7.     Diagnosa yang merupakan titik mula segala kegiatan institusi asuhan/pelayanan terhadap pasiennya, meliputi pelayanan medis/spesialis pelayanan penunjang medis umum/spesialis, pelayanan perawatan dst. diagnosa tersebut adalah

A.    Diagnosa defferensial

B.    Diagnosa masuk

C.    Diagnosa komplikasi,

D.    Diagnosa pembanding

E.    Diagnosa utama

 

8.     Pernyataan “ Setengah dari semua dokter bedah telah melakukan praktik lebih dari 38 jam per minggu” menunjukkan ukuran

A.    Median

B.    Mean

C.    Modus

D.    Deviasi standar

E.    Jangkauan

 

9.     Pernyataan “Dokter bedah lebih banyak berpraktek dengan komposisi tim dua perawat pendamping dan seorang teknisi laboratorium dibandingkan dengan komposisi tenaga medis yang lain” mengin- dikasikan ukuran

A.  Median

B.  Mean

C.  Modus

D.  Deviasi Standar

E.  Jangkauan

 

10.  Seorang pasien yang menderita carcinoma paru datang ke rumah sakit akan menjalani program sitostatika yang ke-2. Kode utama apa yang tepat untuk kasus tersebut?

A.    C50.9 (malignant neoplasm of breast, unspecified)

B.    Z51.0 (radiotherapy session)

C.    Z51.1 (chemotherapy session for neoplasm)

D.    Z08.2 (follow-up examination after chemotherapy for malignant neoplasm)

E.    Z09.8 (follow-up examination after chemotherapy for malignant neoplasm)

 

11.  Seorang pasien dibawa ke rumah sakit karena menderita ulkus dekubitus pada jari kakinya dan dokter harus melakukan amputasi pada jari kaki pasien tersebut. Dengan menggunakan ICD-9- CM,maka Kode yang tepat untuk tindakan amputasi pada pasien tersebut?

A.    84.01 (Amputation and disarticulation of finger)

B.    84.02 (Amputation and disarticulation of thumb)

C.    84.03 (Amputation through hand)

D.    84.11 (Amputation of toe)

E.    84.12 (Amputation through foot)

 

12.  Kasus Berikut ini , pasien 45 tahun dengan diagnosa, infark cerebri 3 tahun lalu dan keadaan saat ini paralisis tungkai kiri. Spesialis apakah yang menangani bidang khusus atau pelayanan pada kasus tersebut ?

A.    Internis

B.    Ginekologi

C.    Pediatric

D.    Neurology

E.    Geriatri

 

13.  Seorang petugas assembling mengalami kesulitan ketika menyusun kembali rekam medis karena tidak adanya nomor halaman pada formulir tsb. Agar formulir rekam medis dapat digunakan secara efektif dan efisien maka dalam desain formulir harus mengikuti prinsip desain formulir yang benar. Apakah prinsip desain formulir yang diperlukan pada kondisi diatas ?

A.    Close

B.    Introduction

C.    Body

D.    Heading

E.    Intruction

 

14.  Setiap pasien di Rumah Sakit X selalu mendapat nomor baru setiap kali kunjungan, jika lima kali berkunjung maka pasien tersebut akan mendapatkan lima nomor rekam medis yang berbeda. Berdasarkan kajian diatas maka rumah sakit tersebut menggunakan sistem penomoran rekam medis dengan cara :

A.    Unit Numbering System

B.    Serial Numbering System

C.    Terminal Digit Numbering System

D.    Seri Unit Numbering system

E.    Midle Digit Numbering System

 

15.  Rumah sakit A mempunyai isi rekam medis rawat inap terdiri dari :

1.     ringkasan masuk keluar

2.     catatan harian dokter

3.     catatan harian perawat

4.     grafik suhu

5.     pemeriksaan penunjang

6.     lembar operasi

7.     lembar informed consent

8.     resume medis

Rumah sakit A ingin melakukan penyusutan atau pemusnahan dokumen. menurut Permenkes No.269 tahun 2008 pada bab IV pasal 2, lembar apa yang harus dilestarikan/tidak dimusnahkan?

A. 1,6,7,8

B. 1,2,3,4,

C. 1,5,8

D.  2,3,6,8

E.  1,2,7,8

 

16.  Salah satu Fungsi Manager Informasi Kesehatan adalah perencanaan dan salah satu perencanaan adalah tentang Tata ruang yang memperhatikan aspek Kesehatan dan keselamatan kerja. Termasuk dalam manajemen ilmu apakah yang mempelajari tentang hal tersebut diatas?

A.    Ergonomi

B.    Manajemen Informasi Kesehatan

C.    Anatomi

D.    Biomedik

E.    Teknik Sipil

 

17.  Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien, sehingga mahasiswa dan peneliti dapat belajar dan mengembangkan ilmunya dengan menggunakan dokumen rekam medis. Mengandung aspek apakah rekam medis tersebutkan di atas,?

A.    Administrasi

B.    Hukum

C.    Finansial

D.    Dokumentasi

E.    Pendidikan

 

18.  Sehubungan dengan adanya perubahan hari kerja dari lima hari ke 6 hari maka manajemen RS “CCC’ menginstruksikan kepala rekam medis untuk menganalisis kebutuhan SDM dengan menggunakan metode WISN. Pada metode WISN ada lima langkah, diantaranya menghitung  waktu kerja dalam satu tahun. JIka pada RS “CCC’ diketahui data sebagai berikut :

1.     Jumlah pegawai yang ada saat ini adalah 5 orang,dengan rata-rata ketidakhadiran 6 hari

2.     Dari 5 pegawai tersebut hanya 3 orang yang mengikuti diklat, dengan rata-rata lama diklat 2  hari

3.     Satu hari kerja = 8 jam

4.     Libur nasional 19 hari

5.     Hak Cuti pegawai 12 hari

6.     satu tahun 52 minggu

Berapakah waktu kerja yang tersedia dalam satu tahun ?

A.       1973 jam/tahun

B.       1766 jam/tahun

C.       1984 jam/tahun

D.       2172 jam/tahun

E.       2191 jam/tahun

 

19.  Sehubungan dengan adanya perubahan hari kerja dari enam hari ke 5 hari maka manajemen RS “CCC’ menginstruksikan kepala rekam medis untuk menganalisis kebutuhan SDM untuk bagian penerimaan pasien dengan menggunakan metode WISN. Pada metode WISN ada lima langkah , dimana langkah ke lima adalah menghitung kebutuhan SDM. Hasil survey dan perhitungan langkah satu dan empat diperoleh data sebagai berikut :

1.     Jumlah sdm yang ada di penerimaan pasien saat ini adalah 1 orang

2.     Jumlah pasien dalam 1 tahun (kuantitas kegiatan pokok) = 11250 orang

3.     Standar beban kerja dalam 1 tahun = 5240

Berapakah Kebutuhan SDM untuk urusan penerimaan pasien di unit rekam medis urusan penerimaan pasien ?

A.    1 orang

B.    2 orang

C.    3 orang

D.    4 orang

E.    5 orang

 

20.  Seorang perawat datang ke unit kerja rekam medis untuk pengambilan data penelitian dengan meminta izin pada petugas rekam medis untuk meminjam berkas rekam medis yang diperlukan dengan membawa surat persetujuan dari direktur Rumah sakit. Apakah tindakan yang harus dilakukan oleh petugas rekam medis pada perawat tersebut?

A.    Memberikan berkas rekam medis yang di minta dengan ketentuan peminjaman yang ditetapkan.

B.    Memberikan berkas rekam medis yang di minta dengan ketentuan ada surat persetujuan pasien

C.    Memberikan berkas rekam medis yang diminta dengan ketentuan harus ada persetujuan dari komite medik

D.    Memberikan berkas rekam medis yang diminta dengan ketentuan ada surat izin dari Komite rekam medis

E.    Memberikan berkas rekam medis yang diminta dengan ketentuan tidak dibawa pulang

 

21.  Penyimpanan berkas RM menggunakan nomor-nomor yang dikelompokan menjadi 3 kelompok , Contoh :

35- 04- 02

98-05-30

98-99-80

36- 04- 02

99-05-30

99-99-80

37- 04- 02

00-06-30

Seksi 81

38- 04- 02

01-06-30

00-00-81

39- 04- 02

02-06-30

01-00-81

       Adalah ?

A.    Straight Numerical Filling System (Sistem Nomor Langsung)

B.    Terminal Digit Filling System (Sistem Angka Akhir)

C.    Middle Digit Filling System (Sistem Angka Tengah)

D.    Alfabetical Filling System ( Sistem Abjad)

E.    Numerical Filling System (Sistem Nomor)

 

22.  Penyimpanan berkas RM menggunakan nomor-nomor yang dikelompokan menjadi 3 kelompok, contoh :

35- 04- 01          35-05-98          99-80-98

35- 04- 02          35-05-99          99-80-99

35- 04- 03          36-05-00          Seksi 81

35- 04- 04          36-05-01          00-81-00

35- 04- 05          36-05-02          00-81-01, adalah :

A.    Straight Numerical Filling System (Sistem Nomor Langsung)

B.    Terminal Digit Filling System (Sistem Angka Akhir)

C.    Middle Digit Filling System (Sistem Angka Tengah)

D.    Alfabetical Filling System ( Sistem Abjad)

E.    Numerical Filling System (Sistem Nomor)

 

23.  Dalam membantu petugas penjajaran rekam medis agar tidak terjadi kesalahan, diperlukan alat bantu berupa pada folder rekam medis.

A.    Penerapan kode warna

B.    Penataan berkas

C.    Pengelompokkan nomor RM

D.    Penggunaan tracer

E.    Pengindeksan

 

24.  Pertambahan jumlah rekam medis yang tersebar secara merata ke 100 kelompok dalam rak penjajaran ditemukan pada sistem….

A.    Middle digit filing

B.    Straight numerical

C.    Terminal digit filing

D.    Alfabetik

E.    Alfanumerik

 

25.  Sistem penamaan pasien di Indonesia belum seragam, setiap daerah berbeda dalam menulis nama pasien. Berikut ini manakah penulisan nama marga yang benar.

A.    Simorangkir, Rustam.Tn

B.    MT. Simanjuntak.Tn

C.    Gatot Subroto.tn

D.    Puji Rahayu.Ny

E.    Juju Juriah.Ny

 

26.  Pasien datang ke rumah sakit untuk berobat, setelah mendaftar pasien diberi nomor rekam medis. Ada berapa macam sistem yang digunakan dalam pemberian nomor rekam medis ?.

A.    Sistem straight numbering, terminal digit dan middle digit

B.    Sistem sentralisasi, desentralisasi, semi sentralisasi

C.    Sistem numerik, alfabetik, alfanumerik

D.    Sistem admission numbering, discharged numbering, inpatient numbering

E.    Sistem seri, seri unit dan unit

 

27.  Rumah Sakit ”A” menerapkan sistem penomoran rekam medis, di mana setiap pasien berkunjung diberi nomor baru. Sistem penomoran rekam medis yang demikian disebut……..

A.    Sistem unit

B.    Sistem seri unit

C.    Sistem seri

D.    Sistem angka akhir

E.    Sistem angka langsung Jawaban B

 

28.  Pada tanggal 20 Februari 2011 seorang pasien berobat pertama kali ke rumah sakit. Pasien mengeluh sesak napas dan mendapat perawatan di klinik penyakit dalam. Dokter mengkonsulkan pasien ke spesialis paru karena diduga ada kelainan. Kunjungan pasien pada klinik paru disebut sebagai…..

A.    Pengunjung baru

B.    Pengunjung lama

C.    Kunjungan baru

D.    Kunjungan lama

E.    Kunjungan ulang Jawaban C

 

29.  Dalam rekam medis seorang ibu tertulis anamnesa antenatal care P 0 G 1 A 0, diketahui usia kehamilan pada minggu ke 32.

A.    Z 39.9

B.    Z 34.0

C.    Z 38

D.    Z 30

E.    O 80

 

30.   Anda sebagai kepala rekam medis ditugaskan untuk mengurusi administrasi pasien dengan biaya pembayaran  menggunakan  asuransi.  Ada  satu  kasus  dimana  pihak  asuransi  meminta  medical

report, sebagai dasar untuk klaim tagihan pasien. Berdasarkan kasus di atas laporan apa yang kita berikan ?

A.    Resume anamnesa

B.    Laporan operasi

C.    Asuhan Keperawatan

D.    Resume pasien pulang

E.    Informed consent

 

31.  Seorang korban kecelakaan lalu lintas dibawa petugas kepolisian ke rumah sakit karena mengalami cedera kepala. Setelah dilakukan pemeriksaan CT scan kepala ditemukan adanya perdarahan subdural

A. I 61.9

B. S 06.5

C. S 06.9

D. T 14.1

E. I 64

 

32.  Anda sebagai kepala rekam medis, salah satu tugas dari kepala rekam medis adalah merencanakan kegiatan pelatihan, pendidikan bagi staf rekam medis. Dalam hal ini kepala rekam medis berkoordinasi langsung dengan salah satu bagian yang ada di rumah sakit agar kegiatan dapat sesuai dengan kebutuhan. Bagian apa yang dimaksud ?

A.    Pendidikan dan Penelitian KLIT

B.    Apotik

C.    Instalasi Gawat Darurat

D.    Laboratorium

E.    K3

 

33.  Penyelenggaraan MIK di Rumah Sakit perlu dikembangkan lagi dengan memperhatikan peluang  dan ancaman yang ada. Peluang dan ancaman dalam pengembangan MIK yaitu ?

A.    Jumlah SDM dan tempat penyimpanan yang sudah penuh

B.    Lokasi stragis dari Ruang Rekam Medis dan banyaknya data yang tidak akurat

C.    Adanya UU Rumah sakit dan UU Kesehatan

D.    Perkembangan teknologi untuk memudahkan pengelolaan informasi Belum adanya juknis tentang rekam kesehatan elektronik

E.    Kemajuan IPTEK

 

34.  Rumah Sakit xyz saat ini sedang menyusun strategi bisnis, maka dilakukan analisis SWOT termasuk untuk pelayanan rekam medis. Ternyata di unit rekam medis saat ini telah memiliki 1 SDM lulusan  D 3 rekam medis dari 10 pegawai yang ada. fakta tersebut merupakan kategori apa dalam analisis SWOT ? Anggaran yang cukup dan Meningkatnya pasien jamkesmas

A.    Peluang

B.    Ancaman

C.    Kekuatan

D.    Kelemahan

E.    Pendorong Keberhasilan

 

35.  Pada saat pasien berobat kembali ke sarana pelayanan kesehatan, keinginannya adalah seluruh informasi yang dibutuhkan telah terkumpulkan dengan baik dan dokter dapat mengetahui riwayat penyakit pasien tersebut. Akan tetapi tidak sedikit sarana pelayanan kesehatan yang masih belum memperhatikan hal-hal demikian sehingga pasien seringkali di berikan pertanyaan yang sama dari dokter yang sama karena data atau informasi tentang kesehatan pasiennya tidak lengkap. Penerapan sistem pelayanan rekam medis yang seperti apakah untuk menilai pelayanan tersebut

A.    Sistem Pendaftaran pasien

B.    Sistem Penyimpanan

C.    Sistem Distribusi

D.    Sistem Assembling

E.    Sistem Pelaporan

 

36.  Tempat pendaftaran pasien adalah tempat dimana kontak pertama kali antara pasien dengan rumah sakit. Di tempat ini timbul kesan pertama pasien merasakan apakah pealyanan rumah sakit baik atau tidak, oleh karena itu mutu pelayanan di tempat ini harus selalu terjaga. Untuk menjaga mutu pelayanan di tempat tersebut, apa yang dilakukan ?

A.    Menempatkan petugas pendaftaran yang masih muda

B.    Menempatkan petugas keamanan

C.    Mengganti komputer pendaftaran dengan yang baru

D.    Membuat sasaran mutu dan memantaunya

E.    Membuat nomor antrian untuk ketertiban pendaftaran

 

37.  Sistem informasi manajemen rumah sakit tidak terlepas dari peran teknologi dan informasi. Hampir seluruh tempat pendaftaran pasien di rumah sakit sudah menggunakan secara komputerisasi. Dengan komputerisasi bukan berarti tanpa kendala, terkadang sistem komputerisasi mengalami gangguan (erorr). Jika terjadi demikian, apa yang segera anda lakukan ?

A.    Melapor kepada atasan tentang kendala tersebut

B.    Meminta maaf kepada pasien atas gangguan tersebut dan segera lapor atasan

C.    Meminta maaf kepada pasien dan segera melaporkan ke bagian terkait lewat telepon

D.    Menunggu sistem komputerisasi berjalan normal kembali

E.    Meminta maaf kepada pasien sambil menunggu sistem komputerisasi normal kembali

 

38.  Pelaksanaan komunikasi dengan teknologi mutakhir dengan e-mail harus mengetahui alamat email yang dituju. Berikut adalah alamat yang kemungkinan adalah benar

A.    Sugiharto@gmail.com

B.    sugiharto@ymail.com

C.    sugihartogmail.com

D.    sugihartogmail.com

E.    sugihartogmail.com

 

39.  Pelaksanaan komunikasi dengan teknologi mutakhir dapat dilakukan dengan internet. Untuk mengirim laporan SIRS (Sistem Informasi Rumah Sakit) diberlakukan mulai tahun 2012 dengan membuka ke website. Alamat manakah yang harus dibuka?

A.    http://bbuk.depkes.go.id

B.    http://bukk.depkes.go.id

C.    http://ubk.depkes.go.id

D.    http://kub.depkes.go.id

E.    http://buk.depkes.go.id

 

40.  Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan rekam medis, telah dilakukan pemantauan dan hasilnya ditemukan masih tingginya ketidaklengkapan catatan keperawatan pada rekam medis. Apabila menemukan data seperti tersebut di atas, langkah apa yang saudara lakukan ?

A.    Menghubungi perawat ruangan untuk melengkapi catatan

B.    Menghubungi perawat kepala agar mengingatkan kepada para perawat untuk melengkapi catatan

C.    Menghubungi direktur untuk menegur perawat yang tidak mencatat data dengan lengkap.

D.    Berkoordinasi dengan manajer keperawatan memberi masukan untuk menyelenggarakan penyegaran tentang pengelolaan rekam medis di ruang perawatan

E.    Menghubungi kepala personalia untuk menegur perawat yang tidak mencatat data dengan  lengkap.

 

41.  Pada saat saudara bertugas, tiba-tiba ada seorang ibu marah-marah karena petugas pendaftaran bersikap judes, tidak sopan dan tidak memberikan informasi dengan jelas. Sikap apakah yang akan saudara ambil untuk mengatasi kemarahan ibu tersebut ?

A.    Mempersilahkan duduk dan tenang, kemudian memberikan kesempatan ibu tsb menjelaskan permasalahannya

B.    Menghadapi ibu tsb dengan tenang dan minta menjelaskan permasalahan yang terjadi

C.    Menghadapi ibu tsb dengan tenang dan meminta maaf atas kejadian yang tidak menyenangkan dan berjanji untuk memperbaiki sikap petugas yang kurang baik

D.    Menghadapi ibu tsb dengan tenang dan berjanji untuk memperbaiki sikap petugas yang kurang baik

E.    Menghadapi ibu tsb dengan tenang dan meminta maaf atas kejadian yang tidak menyenangkan, kemudian memanggil petugas untuk menjelaskan permasalahannya di depan ibu tsb

 

42.  Suatu hari saudara menerima email dari pasien yang pernah dirawat dan menanyakan hasil laboratorium yang telah diperiksa. Langkah apa yang saudara lakukan ?

A.    Menjawab dengan email dan memberi saran untuk menghubungi dokter yang merawat

B.    Menjawab dengan email dan memberi saran untuk menghubungi kepala laboratorium yang memeriksa

C.    Menghubungi dokter tentang pertanyaan pasien kemudian menjawab dengan email

D.    Mengecek hasil laboratorium yang dimaksud dalam rekam medis, menghubungi dokter yang merawat, lalu menjawab dengan email.

E.    Mengecek hasil laboratorium yang dimaksud dalam rekam medis, menghubungi kepala bagian laboratorium, lalu menjawab dengan email.

 

43.  Rumah Sakit “XYZ” memiliki tingkat kunjungan trend setiap tahun meningkat yaitu rata-rata sehari jumlah junjungan rawat jalan mencapai 1000 orang, memiliki lahan yang luas dan SDM rekam medis yang cukup dan dokter yang banyak. Pertanyaan soal : system penyimpanan seperti apa yang cocok untuk situasi seperti di atas ?

A.    Sentralisasi

B.    Desentralisasi

C.    Penomoran langsung

D.    Penomoran angka akhir

E.    Penomoran angka tengah

 

44.  Rekam medis setiap kali dibutuhkan harus dapat diambil dengan cepat dan tepat, oleh karena itu harus ada sarana agar rekam medis yang keluar ada informasinya. diganti dengan apa setiap rekam medis yang keluar dari raknya baik untuk rawat jalan maupun untuk rawat inap?

A.    Guide

B.    Outguide

C.    Bon peminjaman

D.    KIUP

E.    KIB

 

45.  Pada saat pasien mendaftar di tempat pendaftaran Rawat Jalan, pasien diberikan nomor rekam medis 01 23 45 dan pasien dipersilahkan untuk menuju ruang tunggu di depan poliklinik THT karena pasien hendak diperiksa gangguan di hidungnya. Padahal pasien sebelumnya pernah datang ke rumah sakit untuk konsultasi ke dokter umum dan mempunyai nomor 00 01 23. .

Jika pemberian nomor rekam medisnya adalah setiap kedatangan di berikan nomor rekam medis dan disimpan di dalam masing-masing rak filing, maka sarana kesehatan tersebut sistem penomorannya adalah menggunakan ?

A.    Sistem Seri

B.    Sistem Seri Unit

C.    Sistem Unit

D.    Sistem Terminal digit

E.    Sistem Stright digit

 

46.  Pada saat pasien diwawancara mengenai kondisi kesehatannya oleh dokter, ternyata pasiennya tidak dapat memberikan keterangan secara langsung dikarenakan ketidak mampuan menjelaskan karena pasien masih anak-anak. Maka yang menjelaskan adalah orang tuanya. Jika melihat keterangan di atas, maka kegiatan wawancara tersebut disebut juga dengan ?

A.    Auto Anamnesa

B.    Allo Anamnesa

C.    Auto Allo Anamnesa

D.    Private Anamnesa

E.    Famillly Anamnesa

 

47.  Berkas rekam medis yang telah digunakan, baik di pelayanan rawat jalan, rawat inap dan UGD akan disimpan di dalam lemari penyimpanan yang telah disediakan. Terdapat beberapa 3 cara penyimpanan/ penjajaran berkas rekam medis untuk memudahkan di dalam pelayanan sesuai dengan karakteristik masing-masing sarana pelayanan kesehatan. Jika sistem penyimpanan yang dipergunakan dengan menggunakan adalah dengan sistem Terminal digit filing, maka yang manakah contoh di bawah ini yang menggunakan sistem tersebut?

A.    46-52-02;   47-52-02;   48-52-02;   49-52-02;  50-52-02

B.    46-52-02;   46-53-02;   46-54-02;   46-55-02;  46-56-02

C.    46-52-02;   47-53-02;   48-54-02;   49-55-02;  50-56-02

D.    46-52-03;   46-52-03;   46-52-03;   46-52-03;  46-52-03

E.    46-52-02;   47-52-03;   48-52-04;   49-52-05;  50-52-05

 

48.  Di dalam penilaian pelayanan kesehatan, salah satunya adalah dengan melakukan analisis kuantitatif sebagai salah satu sasaran mutu sesuai Standar Pelayanan Minimal unit kerja Rekam Medis yang dikeluarkan oleh Kemeterian Kesehatan RI . Berapa kali evaluasi analisis kuantitatif dilakukan per tahun ?

A.    4 kali (setiap tri wulan)

B.    3 kali (setiap 4 bulan)

C.    2 kali (setiap semester)

D.    1 kali (setiap tahun)

E.    12 kali (setiap bulan)

 

49.  Menurut Huffman rekam medis adalah rekaman atau catatan mengenai siapa, apa, mengapa, bilamana, dan bagaimana pelayanan yang diberikan kepada pasien selama masa perawatan yang memuat pengetahuan mengenai pasien dan pelayanan yang diperolehnya serta memuat informasi yang cukup untuk menemukenali (mengidentifikas) pasien membenarkan diagnosis dan pengobatan serta merekam hasilnya . Yang dimaksud dengan siapa pada pengertian rekam medis  di atas adalah ?

A.    Identitas siapa yang dilayani dan siapa yang melayani

B.    Pelayanan apa saja yang diberikan kepada pasien

C.    Indikasi medis

D.    Waktu (tanggal, jam)

E.    Siapa penanggung jawab pasien

 

50.  Bagian asembling bertanggung jawab melakukan analisa kuantitatif yang terdiri dari review identifikasi, pelaporan, otentikasi dan pencatatan. Nama dokter termasuk dalam review ?

A.    Identifikasi

B.    Pelaporan

C.    Otentikasi

D.    Pencatatan

E.    Kualitatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *