Latihan Rekam Medis 17

KUMPULAN LATIHAN SOAL

REKAM MEDIS

 

1.     Rumah sakit menggunakan rekam medis elektronik dalam pengelolaan data pasien. untuk mengaksesnya, setiap petugas harus login menggunakan username dan password masing-masing. Sistem tersebut juga dapat log out secara otomatis apabila aplikasi yang diakses tidak ada aktivitas selama beberapa waktu.

 

Fungsi apa yang diterapkan dalam kasus tersebut?

 

a. perekaman

b. penyimpanan

c. pengelolaan

d. keamanan

e. komunikasi dan penyajian

 

2.     Seorang pasien dibawa ke IGD dengan tidak sadarkan diri. Dokter jaga memeriksa pasien tersebut, setelah dilakukan pemeriksaan dan terapi, diagnosa yang ditulis dokter pada rekam medis pasien adalah penurunan kesadaran.

 

Apakah lead term yang digunakan untuk mencari kode tersebut?

 

a. Enuresis

b. Hoamess

c. Coma

d. Tenesmus

e. Tetany

 

3.     Dalam suatu kasus, kepolisian meminta berkas rekam medis seorang pasien untuk digunakan sebagai bukti di pengadilan.

 

Bagaimana sikap perekam medis terhadap hal tersebut?

 

a.   Tidak diperbolehkan membawa berkas rekam medis ke luar rumah sakit

b.   Diperbolehkan dengan izin pasien

c.   Diperbolehkan dengan izin Direktur

d.   Diperbolehkan dengan didampingi dokter yang merawat sebagai saksi

e.   Tidak diperbolehkan membawa ke rumah terlalu lama

 

4.     Seorang ibu usia 30 tahun hamil G4P3A0 usia kehamilan 37 minggu sebelumnya selalu lahir normal. ketika kontrol dokter menyatakan bahwa pasien mengalami gangguan plasenta preveria dokter menyarankan untuk operasi SC dua hari lagi. 2 hari kemudian bayi lahir tunggal hidup dengan SC di dalam ICD 10 untuk jenis SC di kelompokkan di 082. Terdiri dari 5 kategori : delivery by elective caesarean section/ Repeat caesarean section not other specified: delivery by emergency caesarean section: delivery by caesarean hysterectomy: other single delivery by caesarean section: delivery by caesarean section, unspecified

 

Kode lahir SC manakah yang tepat untuk kasus diatas?

 

a.   082.0 delivery by elective caesarean section Repeat caesarean section no other specified

b.   082.1 delivery by emergency caesarean section

c.   082.2 delivery by caesarean hysterectomy

d.   082.8 other single delivery by caesarean section

e.   082.9 delivery by caesarean section, unspecified

 

5.     seorang staf PMIK ditugaskan oleh atasannya untuk membuat laporan persentase ketidaklengkapan pengisian resume medis oleh dokter.Hasil laporan tersebut ditemukan bahwa persentase ketidaklengkapan masing tinggi. Untuk meningkatkan mutu pelayanan rekam medis maka harus diupayakan untuk mengurangi persentase ketidaklengkapan tersebut.

 

Apa yang dilakukan oleh staf PMIK tersebut?

 

a.   Mengingatkan dokter untuk melengkapi pengisian resume medis

b.   Menyampaikan kepada kepala instansi rekam medis untuk disampaikan dalam rapat koordinasi

c.   Menghubungi direktur untuk menegur dokter

d.   Menghubungi bagian SDM untuk menegur dokter

e.   Menghubungi kepala pelayanan medis untuk mengingatkan dokter

 

6.     Dalam membuat setiap laporan kita harus mengetahui sumber data untuk pelaporan morbiditas dan mortalitas yang akan dibuat.

 

Apakah sumber Data RL 4B?

 

a. Index kematian pasien

b. Index pasien rawat jalan

c. index dokter pasien rawat jalan

d. indeks operasi pasien rawat jalan

e. indeks penyakit pasien rawat jalan

 

7.     Rumah sakit melakukan pengembangan rekam medis elektronik. Pada proses pembuatan User interface registrasi pasien untuk rawat jalan dan rawat inap, seorang PMIK diminta tim untuk membuat review dari formulir elektronik tersebut.

 

Tahap apa yang sedang dilakukan pada kasus tersebut?

 

a. Analisis

b. Evaluasi

c. Penggunaan

d. Perancangan

e. Perencanaan

 

8.     Seorang dokter membawa berkas rekam medis pasien yang dirawat olehnya yang dipelajari kasusnya di rumah. Dokter akan membawa berkas tersebut dengan alasan agar mempunyai waktu lebih banyak untuk mempelajari kasus pasiennya di rumah.

 

Bagaimana sikap perekam medis terhadap hal tersebut?

 

a.   Tidak memperbolehkan dokter membawa berkas rekam medis ke luar rumah sakit

b.   Diperbolehkan dengan menulis di buku peminjaman rekam medis

c.   Diperbolehkan dengan izin Direktur

d.   Diperbolehkan membawa fotokopi berkas rekam medis

e.   Tidak diperbolehkan membawa ke rumah terlalu lama

 

9.     Gross Death Rate (GDR) menunjukkan proporsi seluruh pasien rawat inap yang meninggal dalam periode tertentu. dilaporkan GDR di suatu Rumah sakit tahun 2018 sebesar 1,15%.

 

Apa yang dimaksud dari data tersebut?

 

a.   Terdapat 115 pasien keluar dalam keadaan meninggal dari setiap 1000 pasien yang keluar rumah sakit

b.   Kemampuan untuk dapat mendengarkan dan dimengerti

c.   Terdapat 12 pasien keluar dalam keadaan meninggal dari setiap 10.000 pasien yang keluar rumah sakit

d.   Terdapat 115 pasien keluar dalam keadaan meninggal dari setiap 10.000 pasien yang keluar rumah sakit

e.   Terdapat 11 pasien keluar dalam keadaan meninggal dari setiap 100 pasien yang keluar rumah sakit

 

10.  Sebuah sistem informasi Manajemen Rumah sakit (SIMRS) berbasis web baru saja diimplementasikan sebagai pengganti sistem sebelumnya yang berbasis yang Desktop. Setelah dilaksanakan evaluasi diketahui bahwa petugas rumah sakit tidak termotivasi untuk menggunakan SIMRS baru tersebut karena tampilan user interface-nya yang kurang menarik dan sulit digunakan.

 

Apakah metode evaluasi yang digunakan pada kasus tersebut?

 

a.   Human Organization Technology FIt (HOT-FIT)

b.   Technologi Acceptance Model (TAM)

c.   End User Computing Satisfaction

d.   Task Technology fit (TTF)

e.   Delone McClean

 

11.  Pasien A: tanggal masuk 30 Desember 2018, tanggal keluar 4 januari 2019 : pasien B : masuk 2 januari 2019, tanggal keluar 5 januari 2019 : Pasien C : tanggal masuk 3 januari 2019, tanggal keluar 3 januari 2019

 

Berapakah jumlah hari perawatan dari tanggal 1-5 januari 2019?

 

a. 6

b. 7

c. 8

d. 9

e. 10

 

12.  Seorang pasien berobat ke dokter kulit dengan diagnosa dermatitis karena alergi salep anti-jamur, kejadian di rumah sakit. Koder memberi kode L23.3 T49.0 X44.0 9

 

Apakah kode yang menunjukkan kejadian di rumah pada kasus diatas?

 

a. X44.0 9

b. X44.0

c. L23.3

d. T49.0

e. T49.0 X44.0 9

 

13.  Rekam kesehatan keluarga (family folder) adalah catatan tentang kondisi kesehatan suatu keluarga. Berbeda dengan rekam medis secara unit yang mendokumentasikan masing-masing individu. Pada rekam kesehatan keluarga berisi rekam medis dari seluruh anggota keluarga

 

Siapa saja yang dimaksud dengan anggota keluarga tersebut?

 

a.   Suami, istri, orang tua, anak

b.   Suami, istri, mertua, anak, keponakan

c.   Suami, istri, anak, menantu

d.   Seluruh penghuni rumah dalam satu keluarga tersebut

e.   suami, istri, anak, menantu

 

14.  Sesuai peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 1171/Menkes/PER/VI/2011 tentang sistem informasi rumah sakit, terdapat indikator angka kematian di antaranya net death rate (NDR) untuk tiap 1.000 penderita keluar rumah sakit

 

Berapa angka yang dapat ditolerir sebagai indikator sesuai dengan peraturan kementerian kesehatan?

 

a. 45 per 1000

b. 25 per 1000

c. 34 per 1000

d. 15 per 1000

e. 55 per 1000

 

15.  Rumah sakit memiliki 80 tempat tidur pada tanggal 1 September 2018 rumah sakit menambah 20. Tempat tidur hari perawatan yang tercatat pada akhir September 2018 sebesar 2.400 hari

 

Berapakah nilai BOR pada periode September?

 

a. 40

b. 50

c. 60

d. 70

e. 80

 

16.  Petugas pelaporan diminta untuk membuat laporan oleh direktur pada bulan februari 2017. Laporan tersebut digunakan sebagai dasar perencanaan penambahan jumlah tempat tidur

 

apakah informasi yang dibutuhkan pada kasus tersebut?

 

a.   AvLos

b.   Bed occupancy Ratio

c.   Bed Turn Over

d.   Laporan 10 besar penyakit

e.   Laporan kunjungan pasien rawat inap dan jalan

 

17.  Kepala puskesmas mengadakan rapat dengan agenda menyusun dan menetapkan klasifikasi jabatan untuk pegawai rekam medis. Rapat dihadiri oleh perwakilan bagian pendaftaran dan penyimpanan, koordinator urusan kesehatan perorangan, dan kepala bagian personalia.

 

Apakah kegiatan yang dilakukan pada kasus tersebut

 

a. Analisis jabatan

b. uraian jabatan

c. deskripsi jabatan

d. penempatan karyawan

e. rekrutmen karyawan

 

18.  Seorang laki-laki datang ke TPPRJ pukul 08.00 WIB dan bermaksud untuk melakukan pemeriksaan ke klinik penyakit dalam. Pasien tersebut menunggu dokter sampai dengan pukul 08.45 WIB. Pasien selesai dilayani di bagian farmasi pada pukul 09.45 WIB.

 

Berapa menitkah standar pelayanan minimal pada kasus tersebut?

 

a. < 60 menit

b. > 70 menit

c. > 50 menit

d. < 50 menit

e. > 60 menit

 

19.  Kepala bagian rekam medis yang baru mengadakan rapat dengan seluruh staf sebagai langkah awal untuk membangun komunikasi. pada saat rapat di lakukan diskusi penyelenggaraan rekam medis meliputi kendala dan usulan untuk kemajuan di bagian rekam medis tujuannya untuk mendapatkan bahan dalam membuat rencana kerja

 

Apakah prinsip komunikasi yang dipakai?

 

a. Respect

b. empathy

c. audible

d. clarity

e. humble

 

20.  Rekam medis menurut informasi yang memadai atau cukup untuk mengidentifikasi pasien, yang mendukung, diagnosis justifikasi atau dasar pembenaran pengobatan, mendokumentasikan pemeriksaan dan hasil pengobatan, dan meningkatkan kesinambungan pelayanan di antara para praktisi pelayanan kesehatan.

 

Rekam medis pasien emergency minimal memuat data apa?

 

a.   Jam kedatangan, kesimpulan ketika pengobatan diakhiri, kondisi saat pasien dipulangkan

b.   Jam kedatangan, diagnosis, tindakan yang diberikan, kondisi saat pasien dipulangkan

c.   Jam kedatangan, kesimpulan ketika pengobatan diakhiri, diagnosis, kondisi saat pasien dipulangkan

d.   Jam kedatangan, diagnosis, tindakan yang diberikan, kondisi saat pasien dipulangkan, instruksi tindak lanjut pelayanan

e.   Jam kedatangan, kesimpulan ketika pengobatan diakhiri, kondisi pasien saat dipulangkan, instruksi tindak lanjut pelayanan

 

21.  Petugas PMIK menemukan banyak rekam medis pasien yang masih berada di ruang perawatan dan belum kembali ke UKRM setelah 1×24 jam pasien pulang. Hal tersebut memperlambat pelayanan pasien yang akan berobat ulang.

 

Indikator apakah yang harus dimonitor?

 

a. lama waktu pengembalian rekam medis

b. lama waktu penyimpanan rekam medis

c. lama waktu pengambilan rekam medis

d. lama waktu peminjaman rekam medis

e. lama waktu pengiriman rekam medis

 

22.  Kepala instansi PMIK mengatur pekerjaan staf dalam tim kerja sesuai dengan fungsi kerjanya. Terdapat 10 orang staf yang dibagi ke bagian pendaftaran, pengolahan rekam medis, filling dan SKM.

 

Apakah kegiatan yang diterapkan pada kasus tersebut?

 

a. Planning

b. organisation

c. control

d. decision making

e. leadership

 

23.  Petugas PMIK mendesain ulang formulir rekam medis rawat jalan rumah sakit. formulir yang lama dan contoh dari beberapa rumah sakit digunakan sebagai bahan perbandingan.

 

Apakah fungsi manajemen yang diterapkan dalam kasus tersebut?

 

a. Planning

b. organizing

c. actuating

d. controlling

e. managing

 

24.  Di tempat pendaftaran puskesmas; tahapan pelayanan klinis diinformasikan kepada pasien untuk menjamin kesinambungan pelayanan.

 

Dokumen apa yang harus dimiliki puskesmas?

 

a.   SPO alur pelayanan pasien

b.   adanya SOP pendaftaran

c.   Brosur, papan pengumuman tentang jenis dan jadwal pelayanan

d.   SPO penyampaian informasi, ketersediaan informasi lain

e.   bagian alur pendaftaran

 

25.  Setiap tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan wajib mendokumentasikan pelayanan yang diberikan pada rekam medis. berdasarkan hasil evaluasi terhadap tenaga kesehatan ada yang tidak mengisi rekam medis dengan lengkap dan benar. perilaku tersebut bertentangan dengan ketentuan yang ada pada undang-undang 44 tahun 2009 tentang rumah sakit.

 

Perilaku tersebut bertentangan dengan hak atau kewajiban siapa?

 

a. Kewajiban rumah sakit

b. hak rumah sakit

c. hak pasien

d. kewajiban pasien

e. kewajiban manajemen

 

26.  seorang wanita masuk perawatan di bangsal mawar pukul 09.00 wib. pada pukul 17.00 wib di hari yang sama pasien tersebut pindah rawat ke bangsal melati. petugas bangsal mawar melakukan sensus harian rawat inap (SHRI) pada pukul 24.00.

 

apakah status pasien tersebut dalam SHRI bangsal mawar hari itu?

 

a.   pasien pindahan

b.   pasien dipindahkan

c.   pasien rujukan

d.   pasien keluar

e.   pasien masuk dan keluar pada hari yang sama

 

27.  Dokter di rumah sakit menuliskan catatan perkembangan kondisi pasien, obat yang harus diberikan beserta dosisnya, dan rencana tindak lanjut kepada pasien tersebut dalam rekam medis elektronik. Hal tersebut memudahkan perawat dalam tenaga kesehatan lain untuk dapat saling mengetahui perkembangan pengobatan pasien.

 

Apa fungsi rekam medis pada kasus tersebut?

 

a. Perekaman

b. penyimpanan

c. pengolahan

d. pemusnahan

e. komunikasi

 

28.  Seseorang menelpon dan mengaku sebagai petugas asuransi dan meminta penjelasan tentang penyakit pasien untuk mengurus klaim asuransi nya.

 

bagaimana sikap saudara?

 

a.   menganjurkan penelepon datang menunjukkan syarat-syarat yang dibutuhkan

b.   meminta kebenaran data atau identitas yang sebenarnya dari penelpon

c.   Dibacakan penyakit pasien sesuai catatan dalam rekam medis

d.   menghubungi dokter yang merawat untuk meminta penjelasan

e.   memberikan informasi secara langsung

 

29.  Kepala rekam medis mendapat 5 petugas PMIK yang baru direkrut. pada minggu pertama mereka diperkenalkan dengan kondisi dan ruang lingkup unit rekam medis serta rumah sakit.

 

kegiatan apakah yang dilakukan pada kasus tersebut?

 

a. Penempatan

b. orientasi jabatan

c. rotasi

d. pelatihan

e. pelaksanaan

 

30.  Asesor akreditasi menyatakan bahwa kebijakan dan prosedur kerja yang ada di bagian rekam medis tidak sesuai dengan pelaksanaannya. direktur menyatakan bahwa hal tersebut merupakan tanggung jawab dari kepala unit rekam medis .

 

bagaimana sikap saudara sebagai kepala bagian rekam medis terkait hal tersebut?

 

a.   membuat kebijakan dan prosedur kerja yang baru

b.   melakukan revisi terhadap kebijakan dan prosedur kerja yang tidak sesuai

c.   Menyatakan kepada auditor bahwa kebijakan dan prosedur tersebut masih berlaku

d.   Melakukan perubahan kebijakan dan prosedur kerja tanpa pengesahan dari direktur

e.   Membiarkan kebijakan dan prosedur kerja tersebut, karena hanya saran dari auditor

 

31.  Perhatikan data statistik rumah sakit dalam satu tahun : BOR: 83,33% ; LOS : 4,5 hari ; TOI: 0,9 hari ; BTO:66,67 kali

 

Bagaimana kondisi rumah sakit berdasarkan kasus tersebut?

 

a.   Kekurangan jumlah tenaga kesehatan

b.   Penggunaan fasilitas rumah sakit berlebihan

c.   kekurangan jumlah oksigen yang siap pakai untuk setiap pasien

d.   Pelayanan yang dijalankan oleh dokter dan perawat kurang efektif

e.   Kemungkinan meningkatnya bahaya infeksi nosokomial rumah sakit

 

32.  Setiap bulan kepala bagian rekam medis membuat laporan bulanan kepada direktur rumah sakit. Laporan tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan direktur pada saat perencanaan pengadaan obat dan alat medik

 

Apakah nama laporan yang dibuat tersebut?

 

a. Data dasar RS

b. sumber daya manusia

c. kegiatan pelayanan

d. Morbiditas dan mortalitas

e. Kunjungan pasien UGD

 

33.  Rumah sakit menggunakan sistem informasi rumah sakit dalam pengelolaan rekam medis. Seluruh item dalam resume medis di input dalam database. Untuk melaporkan 10 besar penyakit, dilakukan dengan mengekspor data dalam format CSV, yang terdiri dari field diagnosis. KRS, MRS, Status KRS, No_RM, Dokter yang merawat, tanggal lahir. Direktur ingin dibuatkan laporan 10 besar penyakit selama 1 tahun.

 

Bagaimana sikap petugas mengatasi kondisi tersebut?

 

a.   Mengganti vendor pembuat SIM-RS

b.   Melakukan komplain atas kekurangan sistem di atas

c.   Tidak melakukan apa-apa karena bukan seorang programmer

d.   Melakukan proses pivot dengan spreadsheet

e.   Mengatakan kepada direktur bahwa sistem tidak dapat menampilkan 10 besar penyakit

 

34.  Seorang anak umur 7 tahun dirawat selama 4 hari di rumah sakit, pada saat akan pulang rawat, orang tuanya datang ke bagian rekam medis minta perubahan nama karena tidak sesuai dengan kartu identitas asuransi. Indeks utama pasien telah dilakukan secara komputerisasi.

 

Apa yang anda lakukan sebagai PMIK untuk mengatasi masalah tersebut?

 

a.     Langsung Mengganti nama pasien

b.     meminta fotocopy kartu asuransi pasien

c.     tidak bisa dilakukan penggantian nama

d.     memberikan formulir penggantian identitas pasien

e.     meminta kartu identitas anak (KIA)

 

35.  Pasien datang dengan kondisi utama cerebrovascular accident. Kondisi lain dari pasien adalah diabetes melitus, hipertensi, cerebral hemorrhage

 

Apakah diagnosa utama dan menggunakan aturan rule apa ya untuk kasus tersebut?

 

a.   Cerebrovascular accident, menggunakan rule MB1

b.   cerebrovascular accident, menggunakan rule MB2

c.   Hypertension menggunakan rules MB3

d.   Cerebral hemorrhage, menggunakan root MB4

e.   Diabetes melitus, menggunakan MB5

 

36.  Sebuah rumah sakit awalnya rekam medis rawat jalan dan rawat inap disimpan menjadi satu. Namun dikarenakan adanya pembangunan gedung baru pelayanan rawat jalan dipindahkan di gedung tersebut sehingga ruang penyimpanan rekam medis rawat jalan ikut dipindahkan dan mengalami perubahan sistem penyimpanan untuk efisiensi waktu.

 

Apakah sistem penyimpanan yang digunakan setelah adanya perubahan?

 

a. Sistem kombinasi

b. sistem cluster

c. sistem satelit

d. sistem sentralisasi

e. sistem desentralisasi

 

37.  Dalam permenkes 1171 tahun 2011 menyebutkan bahwa setiap rumah sakit wajib melaksanakan sistem informasi rumah sakit (SIRS). salah satu pelaporan eksternal dalam SIRS terdapat nilai BOR, LOS, TOI dan BTO

 

Di manakah terdapat laporan tersebut?

 

a. RL 1.1

b. RL 1.2

c. RL 1.3

d. RL 3.1

e. RL 4.a

 

38.  Puskesmas ingin mengembangkan sistem informasi untuk mengetahui penyebaran penyakit pada wilayahnya dalam bentuk map, informasi ini dapat digunakan untuk mengetahui pola penyebaran penyakit berdasarkan asal lokasi.

 

Aplikasi apakah yang dapat digunakan?

 

a. Sistem informasi eksekutif

b. sistem pendukung keputusan klinis

c. sistem informasi geografis

d. sistem pakar

e. sistem informasi puskesmas

 

39.  Dasar pengelompokan INA-CBGs menggunakan sistem kodifikasi dari diagnosis akhir dan tindakan/prosedur yang menjadi output pelayanan. Dengan acuan icd 10 untuk diagnosis dan icd 9 cm untuk tindakan/prosedur. Simbol kode INA-CBGs juga mencerminkan jenis pelayanannya.

 

Apakah simbol untuk pelayanan rawat jalan

 

a. angka 0

b. angka 1

c. angka 2

d. romawi I

e. romawi II

 

40.  Ruang server rekam medis elektronik di rumah sakit dilengkapi berbagai lapis keamanan untuk memasukinya, sehingga tidak sembarangan orang dapat masuk, aspek keamanan yang diterapkan diantaranya diberlakukannya scan ID Card sebagai pegawai dan finger scan dari petugas yang berhak mengakses.

 

Apakah fitur dasar yang dipenuhi pada kasus tersebut?

 

a. Confidentiality

b. integrity

c. authentication

d. non-repudiation

e. privacy

 

41.  dasar pengelompokan INA-CBGs menggunakan sistem kodifikasi dari diagnosis akhir dan tindakan atau prosedur yang menjadi output pelayanan, dengan acuan icd 10 untuk diagnosis dan icd 9 untuk tindakan atau prosedur. Simbol kode INA-CBGs juga mencerminkan tingkat keparahan. Seperti tingkat keparahan 3 ; dengan major komplikasi dan komorbiditi

 

Apakah simbol kode INA-CBGs dengan tingkat keparahan 3?

 

a. angka 1

b. angka 2

c. romawi I

d. romawi II

e. romawi III

 

42.  Berdasarkan hasil analisa selama tahun 2015 saudara menyimpulkan pengisian tempat tidur kelas 1 rendah sepanjang tahun.

 

Sebagai seorang PMIK apa yang saudara sarankan?

 

a.   Mengurangi jumlah TT pada kelas 1 sakit

b.   mengurangi tempat tidur rumah

c.   promosi kelas-kelas yang pengisiannya rendah

d.   menambah tempat tidur pada gelas yang lebih diminati

e.   mengurangi jumlah TT pada kelas 1 dan menambah tempat tidur pada kelas yang lebih diminati

 

43.  Pada rekam medis pasien rawat inap, diperlukan pencatatan observasi yang dilakukan oleh perawat rawat inap seorang perawat menulis perkembangan perawatan pasien disertai komentar dan gambar yang tidak terkait dengan perawatan pasien. Hal ini ditemui oleh PMIK dan tim review analisis kualitatif.

 

Manakah komponen review yang tepat untuk kasus diatas?

 

a.   review praktek pencatatan

b.   review konsistenan pencatatan

c.   review pencatatan informasi content

d.   review kelengkapan dan konsistensi and diagnosis

e.   review hal yang berpotensi menyebabkan ganti rugi

 

44.  Petugas PMIK melakukan penjajahan rekam medis setelah kembali ke ruang filing dengan berpedoman pada nomor rekam medis yang tercantum pada map rekam medis.

 

Apakah metode penjajaran berkas rekam medis tersebut?

 

a. alfabetik

b. alfanumerik

c. numerik

d. kronologis

e. kasus

 

45.  Waktu tunggu pelayanan pasien lama di bagian TPPRJ rumah sakit melebihi standar waktu yang ditetapkan. setelah dilakukan pengamatan ternyata ruang filing penuh sesak sehingga rekam medis bertumpu dan sulit ditemukan. hal itu terjadi karena sistem penyusutan rekam medis inaktif belum dilakukan.

 

Apakah tahapan sistem tersebut?

 

a.   Membuat jadwal penyusutan, penilaian, pemilahan dan pemindahan dan pemusnahan

b.   Membuat jadwal penyusutan, pemilahan dan pemindahan, penilaian dan pemusnahan

c.   Melaksanakan penilaian, pemilahan dan pemindahan, dan pemusnahan

d.   Membuat jadwal penyusutan, penilaian dan membuat tim pemusnahan

e.   Melaksanakan penilaian, pemilahan dan pemindahan dan pemusnahan

 

46.  Coder sedang membaca formulir rawat jalan dan ditemukan diagnosis rubella arthritis. Petugas PMIK melakukan klasifikasi koder diagnosis berdasarkan icd-10 sesuai kasus tersebut.

 

Apa lead term yang tepat?

 

a. Rabella

b. arthritis

c. complication

d. acute cor pulmonal

e. dermatitis

 

47.  Seorang PMIK melakukan penjajahan rekam medis dengan sistem terminal digit filing. Satu di antaranya rekam medis yang akan disimpan adalah nomor 00-01-98

 

nomor rekam medis apakah yang diajarkan setelah nomor tersebut?

 

a. 00-01-99

b. 00-02-98

c. 01-01-99

d. 00-02-99

e. 01-01-98

 

48.  Pada akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) ada 3 komponen dan 9 bab yang dinilai, yaitu komponen administrasi dan manajemen, komponen upaya kesehatan perorangan dan komponen upaya kesehatan masyarakat. Puskesmas ini memperoleh nilai pencapaian untuk semua bab > 80%

 

Apa status akreditasi puskesmas tersebut adalah?

 

a. tidak terakreditasi

b. dasar

c. utama

d. madya

e. paripurna

 

49.  Untuk mengetahui mutu dan angka kematian di rumah sakit maka pemerintah membuat standar perhitungan kematian di rumah sakit. Dalam perhitungan kematian tersebut diketahui angka NDR.

 

Apakah pernyataan paling tepat untuk angka kematian tersebut?

 

a.   angka kematian bayi

b.   angka kematian di instalasi gawat darurat

c.   angka kematian yang menghitung kematian pasien lebih dari 48 jam

d.   angka kematian yang menghitung kematian pasien kurang dari 48 jam

e.   angka kematian yang menghitung seluruh kematian yang ada di rumah sakit

 

50.  Seorang pasien mengunjungi dokter umum dengan keluhan sakit perut, buang air besar terus-menerus. Dokter mendiagnosis diare. Hasil lab menunjukkan bakteri Escheria coli (+).

 

Apakah kode blok icd-10 yang digunakan berdasarkan kasus tersebut?

 

a. A

b. B

c. K

d. D

e. L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *