Latihan Rekam Medis 18

KUMPULAN LATIHAN SOAL

REKAM MEDIS

 

1. Petugas Rumah sakit X membagikan kuesioner kepada pasien untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang telah diberikan. Metode yang digunakan oleh rumah sakit X tersebut merupakan metode …

A. Audit

B. Review

C. Survey

D. Observasi

E. Quality

 

2. Rumah sakit dan puskesmas sebagai unit tempat pelayanan kesehatan, bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Dibawah ini merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh unit pelayanan kesehatan, kecuali …

A. Tersedia (available)

B. Efisien (Efficeient)

C. Bermutu (Quality)

D. Dapat dicapai (accessible)

E. Totalitas

 

3. RS.X membuat kebijakan baru yaitu, mengharuskan setiap tenaga medis termasuk perekam medis untuk menjaga keajegan atau kesinambungan pelayanan pasien. Hal ini dapat dicapai dengan keterauran dan kesinambungan catatan medis yang dikontrol oleh perekan medis. Sehingga pasien mendapatkan pelayanan yang tepat sasaran. Hal diatas merupakan unsur yang mempengaruhi mutu dalam

A. Unsur masukan

B. Unsur lingkungan

C. Unsur proses

D. Unsur kesinambungan

E. Unsur kelengkapan

 

4. Mutu pelayanan kesehatan yang lebih terkait pada dimensi kesesuaian pelayanan yang diselenggarakan dengan ilmu dan teknologi kesehatan, standar dan etika profesi, dan adanya otonomi profesi pada waktu menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien adalah pengertian dimensi mutu bagi…

A.  pemakai jasa pelayanan kesehatan

B.  penyelenggara pelayanan kesehatan

C.  penyandang dana pelayanan kesehatan

D.  pemakai jasa dan penyandang dana pelayanan kesehatan

E.  penyelenggara dan pemakai jasa pelayanan kesehatan

 

5. Rumah Sakit di kota X melakukan program menjaga mutu pelayanan rumah sakit tersebut. Dalam melakukan program tersebut, RS X dapat menyelesaikan masalah yang tepat dengan cara penyelesaian masalah yang benar. Maka dapat dikatakan bahwa RS X telah mendapatkan salah satu manfaat dari program menjaga mutu yaitu, kecuali…

A.  Dapat lebih meningkatkan efektifitas pelayanan kesehatan

B.  Dapat lebih meningkatkan efesiensi pelayanan kesehatan

C.  Dapat lebih meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan

D.  Dapat melindungi pelaksana pelayanan Kesehatan dari kemungkinan munculnya gugatan hokum

E.  Dapat memberikan pelayanan yang lama terhadap masyarakat yang menerima pelayanan kesehatan

 

6. Secara umum disebutkan apabila tindakan tersebut tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan (standard of conduct), maka sulitlah diharapkan mutu pelayanan menjadia baik (Pena, 1984). Diatas merupakan penjelasan dari salah satu unsur yang mempengaruhi mutu. Unsur apakah yang dimaksud….

A. Unsur masukan

B. Unsur proses

C. Unsur keluaran/output

D. Unsur lingkungan

E. Unsur internal

 

7. Pada suatu unit rekam medis sedang dilaksanakan analisa mutu pelayanan di tpprj. Pada unit tersebut telah ditemukan bahwa tenaga dan sarana (kuantitas dan kualitas) tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisa mutu pelayanan di tpprj tersebut maka unsur yang harus diperbaiki yaitu

A. Unsur lingkungan

B. Unsur proses

C. Unsur input

D. Unsur output

E. Unsur outcome

 

8. Di suatu RumahSakit X memiliki pasien rawat jalan sekitar 300 pasien tiap harinya. RumahSakit X letaknyasekitar 1 km dariRumahSakit Y namun banyak pasien yang lebih memilih untuk berobat ke RumahSakit X karena pelayanan yang cepat, berkhasiat, dan ramah. Hal tersebut menunjukkan bahwa kepuasan pasien tinggi. Dilihat dari situasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa standar pelayanan minimal rumah sakit memiliki fungsi sebagai …

A.  Acuan mengenai kualitas pelayanan publik

B.  Tolak ukur biaya pelayanan

C.  Mengurangi kesenjangan mutu pelayanan kesehatan

D.  Sumberdana desentralisasidan dana dekonsentrasi

E.  Acuan mengenai kuantitas pelayanan publik

 

9. Dalam sebuah pelayanan rumah sakit terhadap pasien dari keluarga miskin, harus terdapat kebijakan yang mengaturnya. Sebuah rumah sakit Y dengan tipe RS D, juga melayani pasien berasal dari keluarga miskin. Namun, pada pelayanannya diketahui bahwa pasien keluarga miskin yang gratis, dikenai biaya administrasi walaupun biaya tersebut tidak besar. Hal tersebut harus diperhatikan oleh pihak RS karena menyangkut indikator pelayanan pada keluarga miskin. Salah satu indikator yang terkait dengan perihal tersebut adalah …

A.  Tidak adanya biaya tambahan yang ditagihkan kepada keluarga miskin

B.  Kepuasan keluarga miskin

C.  Waktu tunggu verifikasi kepesertaan keluarga miskin

D.  Ketersediaan pelayanan untuk keluarga miskin

E.  Adanya kebijakan RS terhadap keluarga miskin

 

10. Standar pelayanan minimal rumah sakit adalah ketentuan tentang jenis-jenis pelayanan indikator dan standar pencapaian kinerja pelayanan rumah sakit. Salah satu jenis pelayanan minimal yang wajib disediakan oleh rumah sakit adalah pelayanan pemulasaraan jenazah. Standar pelayanan minimal untuk pelayanan pemulasaraan jenazah menurut KEPMENKES Nomor 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit adalah… .

A.  Tindak lanjut pemberian pelayanan di dalam ruang jenazah

B.  Waktu tanggap (response time) pelayanan pemulasaraan jenazah

C.  Kelengkapan laporan akuntabilitas kerja

D.  Ketepatan waktu penyusunan laporan

E.  Cost recovery

 

11. Seorang pasien telah selesai berobat ke poli jantung RS X. dokter yang memeriksa segera mengisi berkas rekam medis, tetapi dokter tersebut tidak mengisi secara lengkap pada bagian resume medis dikarenakan harus praktek di klinik lain. Menurut standar pelayanan minimal berkas tersebut harus terisi lengkap dalam jangka waktu :

A. 3 x 24 jam

B. 2 x 24 jam

C. 4 x 24 jam

D. 7 x 24 jam

E. 1 x 24 jam

 

12. Pada suatu unit rekam medis sedang dilaksanakan analisa mutu pelayanan di TPPRI. Pada unit tersebut telah ditemukan bahwa tenaga dan sarana, kebijakan dan manajemen, tindakan medis dan non medis sudah sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisa mutu pelayanan di tpprj tersebut maka yang termasuk unsure lingkungan adalah

A. Tenaga

B. Tenaga dan sarana

C. Kebijakan dan manajemen

D. Tindakan medis

E. Tindakan non medis

 

13. Secara umum disebutkan apabila tindakan seperti tindakan medis, tindakan keperawatan atau non medis tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan (standard of conduct), maka sulitlah diharapkan mutu pelayanan menjadi baik (Pena,1984). Merupakan maksud dari unsur yang mempengaruhi mutu …

A. unsur Masukan

B. Unsur Keluaran

C. Unsur Proses

D. Unsur Lingkungan

E. Unsur Tindakan

 

14. Standar persyaratan minimal adalah yang menunjuk pada keadaan minimal yang harus dipenuhi untuk menjamin terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu. Yang dimaksud dengan standar, maka standar apa saja yang menjadi persyaratan minimal di rumah sakit ?

A.  Standar masukan, standar lingkungan, standar manajemen

B.  Standar mutu, standar lingkungan, standar proses

C.  Standar masukan, standar input, standar proses

D.  Standar masukan, standar lingkungan, standar proses

E.  Standar masukan dan standar proses

 

15. Di Rumah Sakit "X" terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu, yakni tindakan medis, keperawatan dan non medis. Karena baik dan buruknya mutu pelayanan sangat ditentukan  oleh  kesesuaian  tindakan.  Dari  pernyataan  tersebut  termasuk  pada standar………

A. Standar mutu

B. Standar proses

C. Standar lingkungan

D. Standar input

E. Standar masukan

 

16. Rumah sakit A telah terakreditasi paripurna. Untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan, rumah sakit A melakukan pemantauan terhadap performance rumah sakit. Standar yang dinilai oleh rumah sakit A pada kasus tersebut adalah…

A. Standar input

B. Standar lingkungan

C. Standar proses

D. Standar persyaratan minimal

E. Standar penampilan minimal

 

17. Program menjaga mutu yang diselengarakan sebelum pelayanan kesehatan dan perhatian utama lebih di tunjukan pada standar masukan dan standar lingkungan, yaitu pemantauan dan penilaian terhadap tenaga pelaksana, dan sarana. Termasuk bentuk program menjaga mutu adalah …

A. Program menjaga mutu prospektif

B. program menjaga mutu konkuren

C. program menjaga mutu retrospektif

D. program menjaga mutu prefentif

E. program menjaga mutu autentik

 

18. Rumah Sakit Medika Utama adalah rumah sakit tipe B dan baru saja melakukan akreditasi. Dalam rangka menjaga citra baik rumah sakit dibentuklah panitia yang bertugas menjaga mutu pelayanan yang diberikan. Karena keterbatasan tenaga kesehatan, pihak penjaga mutu memilih program menjaga mutu yang dilakukan setelah pasien diberikan pelayanan. Disebut apakah program menjaga mutu RS Medika Utama….

A. Prospective Quality Assurance

B. Retrospective Quality Assurance

C. Concurrent Quality Assurance

D. Review Quality Assurance

E. Observation Quality Assurance

 

19. Dalam rangka menjaga mutu pelayanan Rumah Sakit pihak Rumah Sakit menyusun program menjaga mutu. Program menjaga mutu antara lain Prospective, Concurrent dan Retrospective. Banyak rumah sakit yang lebih memilih program retrospective dibandingkan dengan Concurrent. Berikut adalah alasan rumah sakit lebih memilih program menjaga mutu retrospective adalah….

A.  Memerlukan banyak tenaga kesehatan yang terlibat

B.  Biaya yang dibutuhkan tidak sedikit

C.  Tidak memerlukan banyak tenaga kesehatan yang terlibat

D.  Mencegah sebelum terjadinya penurunan mutu rumah sakit

E.  Menjaga citra baik dari rumah sakit

 

20. Kebijakan pengaturan sistem shift (pergantian jaga) tenaga di ruang rekam medis, adalah merupakan sasaran program menjaga mutu dari unsur:

A. Masukan

B. Proses

C. Lingkungan

D. Keluaran

E. Dampak

 

21. Kegiatan Akreditasi adalah salah satu bentuk kegiatan program menjaga mutu:

A. Auditif

B. Perspektif

C. Konkuren

D. Prospektif

E. Retrospektif

 

22. Review Medical Record adalah salah satu bentuk kegiatan program menjaga mutu:

A. Auditif

B. Perspektif

C. Konkuren

D. Prospektif

E. Retrospektif

 

23. Berikut ini adalah pelayan yang minimal wajib disediakan oleh rumah sakit, kecuali :

A.  Pelayanan gawat darurat & Pelayanan rawat jalan,

B.  Pelayanan rawat inap & Pelayanan bedah ,

C.  Pelayanan Koperasi & Pelayanan Hutang Piutang

D.  Pelayanan Persalinan dan Perinatologi & Pelayanan intensif,

E.  Pelayanan Radiologi & Pelayanan laboratorium patologi klinik

 

24. Kegiatan berikut yang bukan merupakan SPM rekam medis Adalah :

A.  Kelengkapan Pengisian Rekam Medis 24 jam setelah selesai pelayanan

B.  Kelengkapan Informed Concent Setelah Mendapatkan Informasi Yang Jelas

C.  Ketepatan dan Kecepatan pembagian jasa pelayanan rekan tiap akhir bulan

D.  Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan

E.  Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pelayanan Rawat Inap

 

25. Indikator mutu rekam medis terdiri atas beberapa hal penting, yaitu:

A.  Kelengkapan isi rekam medis, keakuratan, pemenuhan persyaratan hukum

B.  Tepat waktu, hasil perhitungan statististik rumah sakit, keakuratan

C.  Kelengkapan isi rekam medis, ketersediaan sumber daya manusia, tepat waktu

D.  Tepat waktu, sarana prasarana, biaya

E.  Keakuratan, ketersediaan sumber daya manusia, biaya

 

26. Proses yang dilakukan dalam upaya menjaga mutu (Quality Assurance)terdiri dari beberapa unsur yang harus dilakukan. Beberapa diantaranya dibawah ini kecuali:

A. Berkesinambungan

B. Menetapkan masalah

C. Menentukan penanggung jawab

D. Mengidentifikasi penyebab

E. Menentukan solusi

 

27. Sebuah RS di Kota Malang memiliki progam rutin dalam hal survey kepuasan pelanggan setiap 3 bulan sekali. Hasil pada instalasi rawat jalan sebagian besar menyatakan proses pendaftaran yang lama. Setelah dilakukan identifikasi penyebabnya karena kekurangan tenaga pendaftaran. Kebijakan pimpinan menetapkan dilaksanakan perekrutan tenaga pendaftaran rawat jalan.

Kegiatan yang dilakukan oleh RS tersebut merupakan upaya dalam menjaga mutu dalam 2 bentuk secara berurutan yaitu:

A. Retrospektif – prospektif

B. Retrospektif – konkuren

C. Prospektif – konkuren

D. Prospektif – retrospketif

E. Prospektif – prospektif

 

28. Sebuah klinik ibu dan anak akan didirikan di kota Malang. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh klinik tersebut diantaranya adalah ijin operasional berdirinya klinik. Hal ini merupakan salah satu bentuk dalam menjaga mutu secara….

A. Retrospektif

B. Prospektif

C. Konkuren

D. Eksternal

E. Kualitatif

 

29. Suatu rumah sakit di Kota X mendapat laporan mengenai kesalahan pemberian obat yang dilakukan oleh salah satu tenaga kesehatan. Akibatnya, pasien merasakan munculnya penyakit lain diluar diagnosa dan hari perawatan menjadi lama. Laporan tersebut diterima oleh bagian Komite Medis RS. Sementara, RS harus tetap menjaga mutu pelayanan meskipun mendapat laporan kasus tersebut. Langkah peeertama yang dapat dilakukan oleh tim komite medis dalam menangani kasus tersebut adalah:

A. Wawancara

B. Survey kepuasan

C. Telaah dokumen rekam medis pasien

D. Melaksanakan rekredensial

E. Akreditasi

 

30. Standar pelayanan minimal memiliki nilai yang sangat strategis baik bagi pemerintah (daerah) maupun bagi masyarakat (konsumen). Nilai standar bagi pemerintah adalah sebagai berikut;

A.  Bagi pemerintah daerah: standar pelayanan minimal dapat dijadikan sebagai patokan dalam penentuan tarip yang diperlukan untuk membiayai penyediaan pelayanan.

B.  Bagi pemerintah daerah: standar pelayanan minimal dapat dijadikan sebagai ujung tombak dalam penentuan biaya yang diperlukan untuk penyediaan pelayanan

C.  Bagi pemerintah daerah: standar pelayanan minimal dapat dijadikan sebagai tolok ukur (benchmark) dalam penentuan biaya yang diperlukan untuk membiayai penyediaan pelayanan

D.  Bagi pemerintah daerah: standar pelayanan minimal dapat dijadikan sebagai uji banding dalam penentuan biaya yang diperlukan untuk membiayai penyediaan pelayanan

E.  Bagi pemerintah daerah: standar pelayanan minimal dapat dijadikan sebagai hasil akhir dalam penentuan biaya yang diperlukan untuk membiayai penyediaan pelayanan

 

31. Variabel yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau status dan memungkinkan dilakukan pengukuran terhadap perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu atau tolak ukur prestasi kuantitatif / kualitatif yang digunakan untuk mengukur terjadinya perubahane terhadap besaran target atau standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Pernyataan ini disebut juga dengan :

A.  Indikator Mutu

B.  Indikator Kinerja

C.  Indikator Pelayanan

D.  Indikator Birokrasi

E.  Indikator Administrasi

 

32. Bayu adalah Pasien rumah sakit Ben Seger yang terletak dipedalaman gunung penanggungan kab Malang mengeluh saat berkunjung periksa pada rumah sakit tersebut. Rumah sakit Ben Seger memang terbilang sangat murah dilingkungan tersebut, akan tetapi pelayanan yang diberikan asal asalan dan tidak didukung dengan peralatan yang memadai, hal ini tidak sesuai dengan syarat :

A. Wajar

B. Efisien

C. Efektif

D. Bermutu

E. Dapat dipertanggungkan

 

33. Pelayanan rekam medis merupakan bagian dari mutu rumah sakit, salah satunya Instalasi Rekam Medis wajib menjaga mutu pelayanan yang diberikan. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan berhubungan dengan pelayanan rekam medis sebagai upaya menjaga mutu adalah:

A.  Wawancara, akreditasi, dan telaah dokumen

B.  Survey pelanggan terhadap perawatan, telaah dokumen, dan peme nuhan STR

C.  Pemenuhan formulir rawat jalan, telaah dokumen rekam medis, dan survey pelanggan terhadap waktu pendaftaran pasien

D.  Pemenuhan STR, tinjauan jaringan, dan pemenuhan sarana

E.  Perekrutan  tenaga,  tinjauan  jaringan,  dan  survey kepuasan

 

34. Direktur rumah sakit seger waras ingin mengetahui lamanya perawatan pasien sehubungan dengan klaim dana BPJS, beliau meminta bagian rekam medis untuk memberi data yang terkait dengan hal tersebut, data apa yang akan anda berikan bila anda seorang perekam medis:

a. BOR

b. LOS

c. TOI

d. GDR

e. NDR

 

35. PDCA dikenal juga sebagai ….

A. Siklus Juran

B. Siklus Deming

C. TQM

D. Ishikawa

E. Siklus Perencanaan

 

36. Salah satu manfaat dilakukannya tehnik PDCA adalah:

A.    Memantau dan mengevaluasi proses dan hasil terhadap sasaran dan spesifikasi dan melaporkan hasilnya

B.    Memantau, mengevaluasi, mengukur kesesuaian proses- proses yang telah Dijalankan

C.    Sebagai pola kerja dalam perbaikan suatu proses atau sistem di sebuah organisasi

D.    Penetapan tema dan sasaran tema, mencari faktor penyebab, urutan penyebab, dan perumusan

E.    Penetapakan prioritas Masalah

 

37. Salah satu kegiatan perencanaan pada tehnik PDCA adalah ….

A.    Memantau dan mengevaluasi proses dan hasil terhadap sasaran dan spesifikasi dan melaporkan hasilnya

B.    Memantau, mengevaluasi, mengukur kesesuaian proses- proses yang telah dijalankan

C.    Melakukan evaluasi terhadap perubahan atau perbaikan terhadap proses proyek yang telah anda lakukan

D.    Mengidentifikasi sasaran dan proses dengan mencari tahu hal -hal apa saja yang bermasalah untuk kemudian mencari solusi atau ide-ide untuk memecahkan masalah ini

E.    Penetapakan prioritas Masalah

 

38. Salah satu kegiatan utama dalam proses perencanaan adalah ….

A.    Mengidentifikasi akar penyebab masalah

B.    Membuat penilaian terhadap masalah

C.    Melakaksanakan rencana yang telah disusun

D.    Memantau dan mengevaluasi proses dan hasil terhadap sasaran dan spesifikasi dan melaporkan hasilnya

E.    Verifikasi apakah penerapan tersebut sesuai dengan rencana peningkatan dan perbaikan yang diinginkan

 

39. Kegiatan pada fase Act / bertindak pada siklus PDCA adalah

A.    Melakukan evaluasi total terhadap hasil SASARAN

B.    Melakukan evaluasi total terhadap hasil PROSES

C.    Melakukan evaluasi totalterhadap hasil SASARAN dan PROSES

D.    Melakukan evaluasi total terhadap hasil PERENCANAAN

E.    Melaksanakan Evaluasi total terhadap hasil SASARAN dan PROSES

 

40. Meneliti apa yang telah dilaksanakan dan menemukan kelemahan- kelemahan yang perlu diperbaiki, adalah kegiatan yang dilaksanakan pada tahap ….

A. Perencanaan

B. Pelaksanaan

C. Pengecekan

D. Tindak lanjut

E. Pengerakan

 

41. Telaah/review bagian tertentu dari isi RM dengan maksud menemukan kekurangan pengisian/pencatatan dan ketidakadaan RM yang harus ada adalah

A.    Analisis ketidaklengkapan DRM

B.    Analisis kuantitatif DRM

C.    Analisis kualitatif DRM

D.    Analisis isi DRM

E.    Analisis pengisian DRM

 

42. Diketahui:

Jumlah pasien pulang = 75 pasien

Sesuadah batas waktu yang ditentukan terdapat 25 DRM yang belum dilengkapi oleh pemberi pelayanan. Tentukan incomplete medical record?

A.    13%

B.    33%

C.    63%

D.    67%

E.    73%

 

43. Diketahui:

Jumlah pasien pulang = 75 pasien

Sesuadah batas waktu yang ditentukan terdapat 25 DRM yang belum dilengkapi oleh pemberi pelayanan. Tentukan incomplete medical record?

A.    13%

B.    33%

C.    63%

D.    67%

E.    73%

 

44. Ada 50 DRM yang masih tidak lengkap sesudah batas waktu pengisian, rata- rata pasien pulang selama jangka waktu pengisian adalah 75. Tentukan delinquent medical record rate?

A.    13%

B.    33%

C.    63%

D.    67%

E.    73%

 

45. Ada 50 DRM yang masih tidak lengkap sesudah batas waktu pengisian, rata- rata pasien pulang selama jangka waktu pengisian adalah 75. Apa artinya jika nilai deliquebt medical record pada kasus tersebut?

A.    Standar

B.    Bermsalah

C.    Tidak bermasalah

D.    Tidak lengkap

E.    Lengkao

 

46. Pasien masuk rawat dengan nafas sesak dan sakit pada dada, demam dan batuk. Chest X-Ray menunjukkan aspiration pneumonia. Diagnosis akhir pasien adalah pneumonia. Berdasrkan pernyataan di atas maka data dokumen rekam medis tidak……..

A.    Legible

B.    Realible

C.    Precise

D.    Complate

E.    Consistent

 

47. Diasumsikan intruksi dokter untuk transfuse darah pada pasien dengan upper gastrointestinal bleed + Hb dan hematocrit yang sangat rendah diagnosis akhir dokter adalah bleeding gastric ulcer. Pernyataan di atas menunjukkan ciri kualitas data yang tidak …………..

A.    Legible

B.    Realible

C.    Precise

D.    Complate

E.    Clear

 

48. Dokter meminta pemeriksaan kimia darah lengkap dengan hasil Na, Mg dan K. Dokter tidak menulis diagnosis berdasarkan hasil pemeriksaan ini dan tidak mencatat hasil pemeriksaan kimia darah tidak menunjukkan signifikan. Apa tujuh kriteria klinis tersebut menunjukkan bahwa data pada pernyataan di atas tidak……….

A.    Legible

B.    Realible

C.    Precise

D.    Complate

E.    Clear

2 Replies to “Latihan Rekam Medis 18”

    1. Silahkan akses di menu vinget kak, di sana ada soal dan jawaban… sudah resmi dari TIM kami yang berkompeten jawabannya. terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *