Latihan Rekam Medis 20

KUMPULAN LATIHAN SOAL

REKAM MEDIS

 

1.     Dokter spesialis mata akan melakukan operasi katarak terhadap seorang pasien di rumah sakit. Dokter telah memberikan informasi terkait risiko dan prosedur operasi tersebut pada pasien dan atau keluarganya.

 

Peraturan apa yang mendasari kasus tersebut?

 

a. undang-undang nomor 29 tahun 2004

b. undang-undang nomor 44 tahun 2009

c. peraturan pemerintah nomor 10 tahun 1966

d. permenkes nomor 290 tahun 2008

e. permenkes nomor 269 tahun 2008

 

2.     Seorang pasien datang berobat pertama kali ke rumah sakit. Di bagian pendaftaran pasien mendapatkan kartu identitas berobat (KIB) dengan nomor rekam medis 56-84-73. Tiga hari kemudian dia datang kembali dengan menunjukkan KIB. petugas mendaftarkan pasien dengan nomor rekam medis yang sama.

 

Apakah sistem penomoran yang digunakan?

 

a. unit numbering system

b. serial numbering system

c. serial unit numbering system

d. desentralisasi

e. sentralisasi

 

3.     Pasien datang ke klinik mata untuk melakukan pemeriksaan karena pandangan mata terbatas setelah diperiksa pasien mengalami gangguan penglihatan pada kedua mata

 

Apakah kode blok ICD-10 yang digunakan berdasarkan kasus tersebut?

 

a. H

b. N

c. J

d. 0

e. M

 

4.     Pada suatu rumah sakit diketahui ada pasien BPJS rawat inap masuk rawat pada tanggal 25 juli 2016 jam 10.00 wib. Pasien tersebut diizinkan pulang oleh dokter tanggal 17 agustus 2016 jam 11.00 wib.

 

Berapakah lama dirawat pasien tersebut?

 

a. 10 hari

b. 11 hari

c. 12 hari

d. 13 hari

e. 14 hari

 

5.     Petugas PMIK melakukan klasifikasi kode diagnosis kode diagnosis diabetes melitus pada wanita hamil menggunakan ICD-10. Berikut alternatif kode diagnosis yang menjadi pertimbangan: 024 Diabetes mellitus in pregnancy includes: in childbirth and puerperium 024.0 pre-existing diabetes mellitus, insulin dependent 024.1 pre-existing diabetes mellitus, non insulin dependent 024.2 Pre-existing malnutrition-related diabetes mellitus 024.3 Pre-existing diabetes mellitus, unspecified 023.3 Diabetes mellitus arising in pregnancy Gestational diabetes mellitus NOS 023.9 Diabetes mellitus in pregnancy, unspecified

 

Manakan kode pada sub kategori ke-4 yang tepat untuk tersebut?

 

a. 024.0

b. 024.1

c. 024.3

d. 024.4

e. 024.9

 

6.     Rekam medis suatu rumah sakit telah mengalami transisi dari manual menuju elektronik. Salah satu syaratnya adalah dengan cara dari semua pintu masuk pasien ke rumah sakit harus diakomodir dengan satu nomor rekam medis dengan sistem barcode sehingga dari pintu manapun pasien masuk akan menggunakan satu nomor dan dapat dilayani di semua instansi.

 

Apa persyaratan yang dimaksud?

 

a. privacy atau confidentiality

b. integrity

c. authentication

d. availability

e. access control

 

7.     Data statistik rumah sakit tahun 2018 adalah sebagai berikut. BOR = 70%; AvLos = 5 hari; TOI = 2 hari ; BTO = 45 kali.

 

Apakah kesimpulan yang dapat diambil dari data tersebut?

 

a.   pemakaian tempat tidur belum efisien

b.   rata-rata lama dirawat tidak sesuai standar

c.   promosi untuk peningkatan jumlah pasien

d.   pemakaian tempat tidur dalam 1 tahun tidak ideal

e.   parameter dalam pengelolaan tempat tidur sesuai standar

 

8.     Kode membaca rekam medis pasien untuk menentukan kode penyakit pada pasien. petugas membaca lembar resume pada diagnosis yang dituliskan oleh dokter berbeda dengan hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan. Ketika membuka lembar keperawatan juga tidak ada kaitannya diagnosis pada lembar resume dengan diagnosis pada lembar keperawatan. Diagnosis keperawatan sejalan dengan hasil pemeriksaan fisik yang diberikan kepada pasien.

 

Bagaimana sikap petugas?

 

a.   mengkode sesuai diagnosis yang dokter tuliskan

b.   mengkode sesuai diagnosis yang perawat tuliskan

c.   melakukan komunikasi dengan dokter yang merawat

d.   mencari kode diagnosis yang tepat dari riwayat pasien

e.   mencari diagnosis yang tepat di google dan kodenya

 

9.     Petugas melakukan analisis kelengkapan terhadap 50 dokumen rekam medis yang baru kembali dari ruang rawat inap. Dari dokumen tersebut, dikembalikan 25 dokumen rekam medis yang belum lengkap ke ruang rawat inap. 14 hari kemudian, rekam medis tersebut dikembalikan ke bagian assembling. 5 diantaranya masih tidak lengkap.

 

Berapa angka delinquent medical record pada kasus tersebut?

 

a. 0.1

b. 0.2

c. 0.4

d. 0.5

e. 0.6

 

10.  Petugas PMIK membuat laporan morbiditas selama kurun waktu 1 tahun. informasi ini akan digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk peningkatan mutu pelayanan rumah sakit.

 

Apakah sumber data pada kasus tersebut?

 

a. indeks kematian pasien

b. indeks pasien

c. indeks dokter

d. indeks operasi

e. indeks penyakit

 

11.  Seorang PMIK yang diberikan tugas tambahan untuk melakukan grouping INA-CBGs dan mendapatkan kasus dengan kode INA-CBG’s K-4-17-I. Pelaksanaan tugas berpedoman pada peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 27 tahun 2014 tentang petunjuk teknis sistem indonesian case based groups (INA CBG’s).

 

Apakah yang dimaksud dengan kode -I pada kode tersebut?

 

a. Kode CMG

b. Tipe Kasus

c. Spesifik CBG Kasus

d. Severity Kasus

e. Kode ICD

 

12.  Data pasien di bagian pendaftaran akan secara otomatis dapat dilihat oleh petugas klinik ketika pasien diperiksa oleh dokter. Hal tersebut bisa dilakukan karena komputer di rumah sakit saling terhubung.

 

Model jaringan apakah yang dapat diterapkan di rumah sakit tersebut?

 

a. Peer to peer

b. Topologi

c. Three

d. Local Area Network

e. Gateway

 

13.  Rumah sakit menggunakan cara manual dalam pencatatan data pasien dan transaksi pasien. Untuk meningkatkan mutu pelayanan, klinik tersebut akan mengembangkan sistem informasi elektronik menggunakan metode system development Life Cycle.

 

Apakah tahap awal dari pengembangan sistem tersebut?

 

a. Analisa Kebutuhan

b. Desain Sistem

c. Coding oleh programer

d. Pengujian

e. Pemeliharaan

 

14.  Suatu rumah sakit masih menggunakan penjajaran secara alfabetik. Petugas penyimpanan RM melakukan penjajahan terhadap 4 RM sebagai berikut. an Rafi ihsan, Rafa Mahindra, Rafael RM dan Raffi Nabil yang berkunjung dan berobat di poliklinik

 

Bagaimana urutan penjajaran pada kasus tersebut

 

a.   Rafi ihsan, Rafa Mahindra, Rafael RM, Rafie Nabil

b.   Rafi ihsan, Rafie Nabil, Rafa Mahindra, Rafael RM

c.   Rafael RM, Rafa Mahindra, Rafie Nabil, Rafi ihsan

d.   Rafa Mahindra, Rafael RM, Rafi ihsan, Rafie Nabil

e.   Rafa Mahindra, Rafael RM, Rafie Nabil, Rafi ihsan

 

15.  Suatu rumah sakit tipe B berdiri sejak tahun 2012. sejak 2 tahun yang lalu telah dilakukan pemilahan rekam medis dari pasien yang tidak berkunjung selama 5 terakhir.

 

Apakah tujuan kegiatan tersebut?

 

a. memberi ruang untuk rekam medis baru

b. memudahkan pencarian rekam medis

c. mengurangi beban kerja petugas

d. mengurangi anggaran biaya

e. merapikan rak penyimpanan

 

16.  Kepala rekam medis merencanakan pembelian rak baru di ruang filling. Untuk mendapatkan kenyamanan dalam bertugas, perlu dihitung perbandingan antara luas ruangan dengan luas yang akan dibeli. Selain itu, perlu dihitung jarak antara satu dengan yang lain agar petugas bekerja dengan leluasa.

 

Berapakah standar jarak yang dimaksud?

 

a. 50 cm

b. 60 cm

c. 70 cm

d. 80 cm

e. 90 cm

 

17.  Coder melakukan klasifikasi diagnosis artritis reumatoid pada rekam medis pasien. Coder membaca usia pasien saat berobat adalah 13 tahun.

 

Apakah diagnosa yang tepat yang akan di kode untuk pasien tersebut?

 

a. arthritis

b. rheumatoid

c. arthritis rheumatoid

d. juvenile arthritis rheumatoid

e. arthritis juvenile

 

 

18.  Hasil laporan suatu rumah sakit adalah sebagai berikut: 1. BOR 65%, 2. AvLos 7 hari, 3. TOI 2 hari, 4. BTO 50 hari, 5. NDR 30%

 

Berdasarkan ketentuan depkes 2005, manakah yang belum ideal?

 

a. BOR

b. AvLos

c. TOI

d. BTO

e. NDR

 

19.  Pasien datang ke rumah sakit dengan keluhan benjolan pada leher. Dokter memberikan tindakan penunjang USG tiroid, kemudian dokter memberikan diagnosa sementara tumor thyroid. Setelah itu, dilakukan tindakan pengangkatan tiroid, kemudian dilakukan biopsi pada tiroid. Hasil biopsi dari bagian patologi anatomi adalah “thyroid : papillary carcinoma variant follicular”.

 

Apakah diagnosis terakhir yang harus di kode?

 

a. benjolan leher

b. tumor tiroid

c. thyroidectomy

d. pemeriksaan biopsi

e. papillary carcinoma variant follicular

 

20.  Pasien datang dengan kondisi utama rheumatoid arthritis, kondisi lain diabetes mellitus dan strangulated femoral hernia, generalized arteriosklerosis. Pasien dirawat selama 10 hari. Selama masa perawatan, pasien dilakukan tindakan hernioraphy. Dokter DPJP adalah dokter spesialis bedah.

 

Apakah kondisi utama kasus tersebut

 

a. rheumatoid arthritis

b. diabetes mellitus

c. strangulated femoral hernia

d. generalized atherosclerosis

e. herniorrhaphy

 

21.  Sistem informasi rumah sakit digunakan untuk mempermudah dalam pengelolaan data pada rumah sakit. Sistem ini tentunya sudah menggunakan metode komputerisasi. Karena dengan menggunakan metode komputerisasi, proses penginputan data, proses pengambilan data maupun proses update data sangat mudah, cepat dan akurat.

 

Dimanakah data-data tersebut disimpan?

 

a. database system

b. flashdisk

c. hardisk

d. laptop petugas

e. cloud storage

 

22.  Unit rekam medis rumah sakit menggunakan sistem penjajaran dengan terminal digit filing. Rekam medis bernomor 34-00-01 dipinjam oleh dokter UGD, kemudian dikembalikan ke bagian filing.

 

Di antara nomor RM, apakah RM tersebut disimpan?

 

a. 34-99-01 dan 34-01-02

b. 34-00-00 dan 34-00-02

c. 33-00-01 dan 35-00-01

d. 33-00-01 dan 35-01-01

e. 33-00-00 dan 35-01-02

 

23.  Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) dirancang untuk menggunakan multi user yang saling terintegrasi. Terdapat pembagian hak akses untuk setiap kelompok pengguna berdasarkan modul, menu dan fitur-fitur yang terdapat dalam sistem informasi tersebut.

 

Siapakah yang berhak untuk mengelola aplikasi tersebut?

 

a. Koder

b. Administrator

c. Petugas Registrasi

d. Bagian filling

e. Admin Billing

 

24.  Pada proses penulisan kode diagnosis sebuah kunjungan rawat jalan seorang laki-laki 28 tahun tercantum diagnosis gastroenteritis akut. Di dalam ICD-10 gastroenteritis dikelompokkan di beberapa bab. Untuk kasus non infection dikelompokkan di chapter XI disease of the digestive system (K00-K93). Sedangkan untuk kasus infection dikelompokkan di chapter I certain infectious and parasitic diseases (A00-B99). Pemeriksaan penunjang yang dilakukan terhadap pasien tersebut adalah laboratorium darah dan feses, dan kesimpulan hasil ditemukan kelainan. Leukosit pasien tersebut tinggi 30000/mm3 tetapi tidak ditemukan bakteri amoeba.

 

Apa kelompok klasifikasi ICD 10 yang tepat dengan diagnosis tersebut ?

 

a.   A06.9 Amoebiasis, nonspesifik

b.   C16.9 Malignant neoplasm: Stomach, unspecified

c.   A09.9 Gastroenteritis and colitis of unspecified origin

d.   K52.9 Noninfective gastroenteritis and colitis unspecified

e.   D01.4 Carcinoma in situ: Other and unspecified parts of intestine

 

25.  Pasien melakukan kunjungan ke seperti ciater dengan didampingi orang tuanya. Pada saat dilakukan pengkajian, orangtua pasien bercerita bahwa anak mereka seperti ini karena ditinggal nikah pacarnya, sehingga pasien tersebut mengalami depresi berat

 

Apakah kode blok ICD-10 berdasarkan kasus tersebut

 

a. D

b. E

c. F

d. G

e. H

 

26.  Turn Over Interval (TOI) di sebuah rumah sakit pada bulan januari 2016 adalah 3 hari.

 

Apa yang dimaksud dengan data tersebut?

 

a.   pasien pulang setelah dirawat selama 3 hari

b.   rata-rata lama rawat pasien di rumah sakit adalah 3 hari

c.   rata-rata penggunaan tempat tidur di rumah sakit adalah 3 hari

d.   interval perawatan pasien pulang dengan pasien yang masuk adalah 3 hari

e.   waktu luang tempat tidur sejak pasien pulang sampai diisi kembali adalah 3 hari

 

27.  Sebuah rumah sakit menyediakan informasi dengan menggunakan grafik barber johnson. Grafik ini digunakan tahun 2015 pada setiap ruangan rawat inap

 

Apa kegunaan dari grafik tersebut di atas?

 

a.   Membandingkan antar ruangan di rumah sakit

b.   Mengetahui perbandingan penggunaan tempat tidur

c.   Melihat trend perkembangan penggunaan tempat tidur

d.   Mengetahui kesalahan perhitungan parameter efisiensi

e.   Mengetahui mutu pelayanan di masing-masing bangsal perawatan

 

28.  Komputer dan aplikasi sistem di bagian pelaporan unit rekam medis di suatu rumah sakit 6 bulan terakhir ini telah mengalami kerusakan 4 kali. Dari hasil pemeriksaan bagian IT ditemukan virus dan beberapa software tambahan; Game, musik

 

Pengamanan apa yang saudara sarankan pada kasus tersebut?

 

a.   Melepaskan semua perangkat penghubung perangkat pada eksternal

b.   Mengurangi game atau musik yang terinstal

c.   Memasang tulisan “SCAN USB sebelum menggunakannya”

d.   Pengendalian sistem dan hak akses pengguna

e.   Pemasangan firewall jaringan

 

29.  Seorang pasien dirawat karena peradangan akut pada lambung setelah dilakukan pemeriksaan ternyata terdapat benda asing di dalamnya dan harus segera dilakukan operasi pelubangan pada lambung.

 

Apakah istilah tindakan medis yang dalam kasus tersebut?

 

a. gastropexy

b. gastrotomy

c. gastrostomy

d. gastrektomi

e. gastrorraphy

 

30.  Pada tanggal 10 April 2018, seorang pasien baru mendaftar di TPPRJ untuk memeriksakan kandungan dan mendapatkan nomor urut 26. Setelah selesai pelayanan, rekam medisnya disimpan berdasarkan penomoran yang diperoleh dari nomor urut kunjungan tunggal dan bulan pelayanan, sehingga pasien ini memiliki nomor rekam medis 26-10-04.

 

Apakah metode penyimpanan rekam medis tersebut?

 

a. alfabetik

b. numerik

c. kronologis

d. kasus

e. wilayah

 

31.  Suatu rumah sakit yang baru berdiri akan diakreditasi untuk pertama kali. Unit rekam medis, mempersiapkan standar prosedur pelayanan rekam medis .

 

Siapakah yang bertugas untuk membuatnya

 

a. Tim komite medis

b. Perekam medis

c. Manajer pelayanan medis

d. Panitia rekam medis

e. Manajer penunjang medis

 

32.  Proporsi seluruh pasien rawat inap yang meninggal setelah mendapat perawatan > 48 jam dalam periode tertentu disebut Net Death Rate (NDR) dilaporkan NDR di suatu rumah sakit 2018 sebesar 0,65%

 

Apa arti dari data tersebut?

 

a.   Terdapat 6 pasien keluar dalam keadaan meninggal setelah mendapatkan perawatan > 48 jam dari setiap 10.000 pasien yang keluar dari rumah sakit

b.   Terdapat 7 pasien keluar dalam keadaan meninggal setelah mendapat perawatan > 48 jam dari setiap 10.000 pasien yang keluar dari rumah sakit

c.   Terdapat 6 pasien keluar dalam keadaan meninggal setelah mendapat perawatan > 48 jam dari setiap 1.000 pasien yang keluar dari rumah sakit

d.   Terdapat 7 pasien keluar dalam keadaan meninggal setelah mendapat perawatan > 48 jam dari setiap 1000 pasien yang keluar dari rumah sakit

e.   Terdapat 65 pasien keluar dalam keadaan meninggal setelah mendapat perawatan > 48 jam dari setiap 1000 pasien yang keluar dari rumah sakit

 

33.  Pada suatu rumah sakit telah diterapkan sistem informasi elektronik. Di mana sistem teknologi dan aplikasi yang berbeda mempunyai kemampuan untuk saling berkomunikasi, tukar-menukar data secara akurat, efektif, konsisten dan menggunakan informasi yang telah dipertukarkan

 

Apa syarat utama untuk bisa menerapkan seperti pada kasus tersebut?

 

a. koneksi internet

b. integrated data

c. update data

d. completeness

e. standarisasi data kesehatan

 

34.  Rumah sakit telah menerapkan SIMRS untuk pengelolaan rekam medisnya, data tersimpan dalam server yang dapat diakses oleh semua komputer di rumah sakit melalui intranet. Satu di antara komputer di tempat pendaftaran tidak dapat mengakses data di server dengan peringatan pada “web browser this page is not available” dan ketika dilihat pada icon taskbar di bawah terdapat gambar komputer yang disilang dengan tanda merah.

 

Apakah yang harus dilakukan petugas tersebut?

 

a. mengecek server

b. memeriksa switch

c. melihat kondisi hardisk

d. memeriksa kabel LAN

e. mengecek sistem operasi

 

35.  Seorang pasien dengan riwayat penyakit hipertensi datang ke rumah sakit untuk mendapat pelayanan. 6 tahun kemudian pasien kembali berobat ke rumah sakit ini. rekam medis pasien ini telah dipindahkan ke ruang rekam medis inaktif dan belum dimusnahkan saat pasien datang berobat dan dirawat, RM nya diambil dan digunakan kembali.

 

Di manakah rekam medis pasien akan disimpan sesudah digunakan?

 

a. ruang penyimpanan RM inaktif

b. ruang penyimpanan RM aktif

c. ruang perawatan

d. klinik

e. ruang khusus

 

36.  Petugas PMIK yang bekerja di rumah sakit mempunyai fungsi yang berbeda-beda antara lain ada yang berfungsi sebagai petugas pendaftaran, feeling, Koder, assembling dan analisis, pelaporan. Terdapat petugas yang bertanggung jawab untuk menata dan menganalisis kelengkapan isi rekam medis.

 

Petugas manakah yang bertanggung pada kasus tersebut?

 

a. Pendaftaran

b. Filing

c. Koder

d. Pelaporan

e. Assembling dan Analisis

 

37.  Sebuah rumah sakit divisitasi oleh super surveyor KARS. Saat visitasi di bagian rekam medis, ada beberapa pertanyaan terkait pelayanan rekam medis seperti tata cara memberi pelayanan mendokumentasikan hasil pemeriksaan pada pasien.

 

Apakah dokumen yang dimaksud?

 

a. pedoman pelayanan rekam medis

b. pedoman pengelolaan rekam medis

c. daftar singkatan

d. uraian tugas

e. tata laksana organisasi

 

38.  Data dalam sistem informasi rumah sakit antara lain adalah Vitas sign, hasil pemeriksaan laboratorium, diagnosis, tindakan medis, dokumentasi keperawatan

 

Apa tipe data SIRS tersebut?

 

a. data tidak terstruktur

b. data dinamis

c. data statis

d. data terstruktur

e. data semi terstruktur

 

39.  Seorang petugas pelaporan membuat grafik barber johnson tahun sebelumnya. Informasi ini digunakan oleh pimpinan untuk memonitoring dan mengevaluasi penggunaan tempat tidur.

 

Apakah sumber data yang diperlukan?

 

a. sensus harian rawat inap

b. sensus harian rawat jalan

c. register pendaftaran rawat jalan

d. register pendaftaran rawat inap

e. register pelayanan rawat inap

 

40.  Sesuai perkembangan teknologi informasi saat ini penyelenggaraan rekam medis dapat dibuat secara manual, kombinasi, dan elektronik. Rumah sakit ini sedang mengadakan pengembangan menuju elektronik. Pada kasus tersebut dikenal adanya istilah hibrid.

 

Apakah peran rekam medis kasus diatas?

 

a. pengguna utama sistem

b. analisis sistem informasi

c. mitra pengembang sistem

d. manajer pengembangan sistem

e. tidak berkaitan dengan tugas perekam medis

 

41.  Seorang korban kecelakaan lalu lintas dalam keadaan tidak sadar dibawa oleh polisi ke sebuah rumah sakit untuk diberikan pertolongan. Pada saat tersebut, rumah sakit tidak dapat menghubungi keluarga karena identitas pasien tidak ditemukan. Hasil pemeriksaan di UGD diperlukan tindakan operasi segera untuk menyelamatkan nyawanya

 

Siapakah yang memberikan persetujuan tindakan kedokteran pada kasus tersebut?

 

a.   polisi yang mengantar pasien

b.   tidak diperlukan persetujuan tindakan kedokteran

c.   menunggu keluarga terdekat

d.   pasien setelah sadar

e.   dokter penanggung jawab pasien

 

42.  Pada rekam medis pasien menunjukkan diagnosa utama osteoporosis, diagnosa sekunder Bronchopneumonia dan rheumatism. Pasien dilakukan pemeriksaan pada spesialis paru.

 

Apakah reseleksi diagnosis dengan menggunakan MB?

 

a. Osteoporosis

b. Rheumatism

c. Bronchopneumonia

d. Osteoporosis with bronchopneumonia

e. Osteoporosis with rheumatism

 

43.  Petugas PMIK sedang melakukan penjajaran 4 rekam medis 99-27-65, 01-28-65, 98-27-65 dan 00-28-65 dengan penomoran Terminal Digit Filing

 

Bagaimana urutan penjajaran pada kasus tersebut?

 

a. 00-28-65, 01-28-65, 98-27-65, 99-27-65

b. 99-27-65, 98-27-65, 01-28-65, 00-28-65

c. 98-27-65, 99-27-65, 00-28-65, 01-28-65

d. 00-28-65, 01-28-65, 99-27-65, 98-27-65

e. 99-27-65, 98-27-65, 00-28-65, 01-28-65

 

44.  Suatu RS hendak memesan sebuah aplikasi SIMRS. Setelah melalui beberapa kajian diputuskan ada beberapa terminal untuk mengakses aplikasi tersebut. Adapun terminal (bagian-bagian) di rumah sakit yang dapat mengakses aplikasi tersebut yaitu:1. Dokter yang menangani pasien, 2. Perawat/bidan, 3. Farmasi, 4. Laboratorium, 5. Rekam medis, 6. Customer service, 7. Admisi dan pendaftaran, 8. Kasir, 9. Logistik, 10. Operator telpon, 11. Direktur/manager, 12. Radiologi/USG, 13. IT, 14. Gizi

 

Dari terminal yang ditetapkan, bagian manakah yang boleh mengakses resume medis pasien?

 

a. Customer Service

b. Kasir

c. Admisi dan pendaftaran

d. Farmasi

e. Dokter yang menangani pasien

 

45.  Seorang PMIK dan tim review menemukan diagnosis gastroenteritis pada catatan perkembangan pasien terintegrasi. Pada saat di Unit Gawat Darurat pasien mengeluh sakit perut dan buang air besar sebanyak 8 kali sejak 3 jam yang lalu. Pada resume medis, DPJP menulis diagnosa akhir gastroenteritis.

 

Apa yang sedang dilakukan oleh PMIK tersebut?

 

a. Analisis Kuantitatif

b. Analisis Kualitatif

c. Analisis Resiko

d. Analisis Utility

e. Audit Medis

 

46.  Seorang pasien berobat ke Rumah Sakit karena menderita asma. Sebulan kemudian dia kembali datang untuk kontrol, tetapi pasien tersebut lupa, tidak membawa Kartu Identitas Berobat (KIB).

 

Apa yang Saudara lakukan sebagai petugas pendaftaran ?

 

a.   Mengambil KIUP

b.   Membuat rekam medis baru

c.   Menyuruh pasien pulang

d.   Membuatkan Kartu Identitas Berobat (KIB) baru

e.   Membuatkan Rekam Medis sementara

 

47.  Pasien yang berkunjung di puskesmas maka keselamatan pasien tersebut harus terjamin di tempat pendaftaran.

 

Apa yang bisa menjamin dalam pernyataan tersebut?

 

a.   Tersedia bagan alur pendaftaran

b.   Pasien mengetahui dan mengikuti alur yang ditetapkan

c.   Adanya SOP Pendaftaran

d.   SPO identifikasi pasien

e.   Pemahaman alur pendaftaran

 

48.  Data statistik rumah sakit dalam triwulan 1 tahun 2019 adalah sebagai berikut. Jumlah Tempat Tidur = 110 buah Total Hari Perawatan = 4000 hari Pasien keluar = 800 pasien

 

Apakah informasi yang dapat dihasilkan dari data tersebut?

 

a. Net Death Rate

b. Gross Date Rate

c. Turn Of Interval

d. Infant Mortality Rate

e. Morbidity Rate

 

49.  Petugas PMIK sedang melakukan penjajaran RM dengan urutan sebagai berikut 12-27-97, 12-27-98 ,12-27-99 , dan 13-27-00.

 

Apakah metode penjajaran rekam medis tersebut?

 

a. Family numbering

b. Chronological numbering

c. Straight Numerical Filing

d. Terminal Digit Filing

e. Middle Digit Filing

 

50.  Seorang PMIK melakukan pengkodean diagnosa rawat jalan dan rawat inap. Satu diantaranya adalah diagnosis artritis reumatoid pada pasien dengan usia 13 Tahun.

 

Apakah diagnosa yang tepat yang akan di kode untuk pasien tersebut?

 

a. Arthritis

b. Rheumatoid

c. Arthritis Rheumatoid

d. Juvenile Arthritis Rheumatoid

e. Arthritis Juvenile

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *