Latihan Rekam Medis 22

KUMPULAN LATIHAN SOAL

REKAM MEDIS

 

1.     Pasien melakukan kunjungan ke psikiater dengan didampingi orang tuanya. Pada saat dilakukan pengkajian, orang tua pasien bercerita bahwa anak mereka seperti ini karena ditinggal nikah pacarnya, sehingga pasien tersebut mengalami depresi berat.

 

Apakah kode blok ICD 10 berdasarkan kasus tersebut?

 

A. D

B. E

C. F

D. G

E. H

 

2.     Data dalam Sistem informasi Rumah sakit antara lain adalah Vitas sign, hasil pemeriksaan laboratorium, diagnosis, tindakan medis, dokumentasi keperawatan

 

apa tipe data SIRS tersebut?

 

A. data tidak terstruktur

B. data dinamis

C. data statis

D. data terstruktur

E. data semi terstruktur

 

3.     Petugas PMIK sedang melakukan penjajaran 4 rekam medis 99-27-65, 01-28-65, 98-27-65 dan 00-28-65 dengan penomoran Terminal Digit Filing.

 

Bagaimana urutan penjajaran pada kasus tersebut?

 

A. 00-28-65, 01-28-65, 98-27-65, 99-27-65

B. 99-27-65, 98-27-65, 01-28-65, 00-28-65

C. 98-27-65, 99-27-65, 00-28-65, 01-28-65

D. 00-28-65, 01-28-65, 99-27-65, 98-27-65

E. 99-27-65, 98-27-65, 00-28-65, 01-28-65

 

4.     Seorang dokter membawa berkas rekam medis pasien yang dirawat olehnya untuk dipelajari kasusnya di rumah. Dokter akan membawa berkas tersebut dengan alasan agar mempunyai waktu lebih banyak untuk mempelajari kasus pasiennya di rumah

 

Bagaimana sikap perekam medis terhadap hal tersebut?

 

A.  Tidak memperbolehkan dokter membawa berkas rekam medis ke luar rumah sakit

B.  Diperbolehkan dengan menulis di buku peminjaman rekam medis

C.  Diperbolehkan dengan Izin Direktur

D.  Diperbolehkan membawa fotokopi berkas rekam medis

E.  Tidak diperbolehkan membawa ke rumah terlalu lama

 

5.     Data statistik rumah sakit tahun 2018 adalah sebagai berikut. BOR = 70%, AvLOS = 5 hari, TOI = 2 hari, BTO = 45 kali

 

Apakah kesimpulan yang dapat diambil dari data tersebut?

 

A.  Pemakaian tempat tidur belum efisien

B.  Rata-rata lama dirawat tidak sesuai Standar

C.  Promosi untuk peningkatan Jumlah pasien

D.  Pemakaian tempat tidur dalam 1 tahun tidak ideal

E.  Parameter dalam pengelolaan tempat tidur sesuai standar

 

6.     Rekam medis suatu rumah sakit telah mengalami transisi dari manual menuju elektronik. Salah satu syaratnya adalah dengan cara dari semua pintu masuk pasien ke rumah sakit harus diakomodir dengan satu nomor rekam medik dengan sistem barcode sehingga dari pintu manapun pasien masuk akan menggunakan satu nomor dan dapat dilayani di semua instalasi;

 

apa persyaratan yang dimaksud ?

 

A. Privacy atau conñdentiality

B. Integrity

C. Authentication

D. Availability

E. Access control

 

7.     Grafik Barber Johnson (GBJ) di suatu bangsal rumah sakit menunjukkan bahwa Garis bantu BTO semakin mendekati garis horizontal

 

Apa arti dari gambar tersebut?

 

A.  Nilai BTO ideal

B.  Nilai BTO tidak ideal

C.  Penggunaan TT pada periode tersebut sudah efisien

D.  Nilai BTO semakin kecil

E.  Nilai BTO semakin besar

 

8.     Simbol Parenthesis pada |10, "Hypertension (arterial) (benign) (essential) (malignant) (primary) (systemic)” l10 adalah kode ”Hypertension” baik sendirian atau pun bersamaan dengan berbagai kombinasi kata-kata yang berada di dalam tanda kurung.

 

Apakah makna dari simbol tersebut?

 

A.  Merupakan sinonim kata hypertension

B.  Mengurung kode tempat rujukan term exclude

C.  Mengurung kata-kata tambahan

D.  Memiliki arti ‘atau’

E.  Merupakan rujukan silang

 

9.     Informasi yang dikumpulkan oleh humas RS, menunjukkan banyak keluhan terkait lamanya waktu tunggu pelayanan pendaftaran rawat jalan Kondisi tersebut

menyebabkan penumpukan pengunjung di ruang pendaftaran. Manajemen RS menemukan kendala untuk mengembangkan pelayanan jika kondisi tersebut tidak diatasi.

 

Apa faktor utama yang menyebabkan lamanya waktu tunggu pendaftaran berdasarkan SK Kepmenkes Nomor 129/Menkes/SK/II/2008?

 

A.  Loket pendaftaran terpisah

B.  Tempat tunggu pendaftaran sempit

C.  RS menjalin kerjasama dengan BPJS

D.  Sistem antrian pendaftaran secara manual

E.  Waktu penyediaan rekam medis pelayanan rawat jalan

 

10.  Rumah sakit telah menerapkan SIMRS untuk pengelolaan rekam medisnya, data tersimpan dalam server yang dapat diakses oleh semua komputer di rumah sakit melalui intranet. Satu diantara komputer di tempat pendaftaran tidak dapat mengakses data di server dengan peringatan pada web browser ‘this web page is not available’ dan ketika dilihat pada ikon taskbar di bawah terdapat gambar komputer yang disilang dengan tanda merah.

 

Apakah yang harus dilakukan petugas tersebut?

 

A. Mengecek server

B. Memeriksa Switch

C. Melihat kondisi hardisk

D. Memeriksa kabel LAN

E. Mengecek sistem operasi

 

11.  Seorang staf PMIK ditugaskan oleh atasannya untuk membuat laporan persentase ketidaklengkapan pengisian resume medis oleh dokter. Hasil laporan tersebut

ditemukan bahwa persentase ketidaklengkapan masih tinggi. Untuk meningkatkan mutu pelayanan rekam medis maka harus diupayakan untuk mengurangi persentase ketidaklengkapan tersebut.

 

Apa yang dilakukan oleh Staf PMIK tersebut

 

A.  Mengingatkan dokter untuk melengkapi pengisian resume medis

B.  Menyampaikan kepada kepala instalasi rekam medis untuk disampaikan dalam rapat koordinasi

C.  Menghubungi Direktur untuk menegur dokter

D.  Menghubungi bagian SDM untuk menegur dokter

E.  Menghubungi kepala pelayanan medis untuk mengingatkan dokter

 

12.  Seorang pasien dirawat selama 5 hari karena menderita penyakit typhoid. Saat pulang pasien diberi Informasi secara tertulis mengenal penyakitnya yang merupakan hak pasien.

 

Bentuk seperti apa informasi yang dimaksud ?

 

A.  Dokumen rekam medis

B.  Ringkasan rekam medis

C.  Ringkasan masuk dan keluar

D.  Salinan dokumen rekam medis

E.  Rangkuman dokumen rekam medis yang ditulis

 

13.  Kepala Puskesmas mengadakan rapat dengan agenda menyusun dan menetapkan klasifikasi Jabatan untuk pegawai rekam medis. Rapat dihadiri oleh perwakilan bagian pendaftaran dan penyimpanan. koordinator urusan kesehatan perorangan. dan kepala bagian personalia.

 

Apakah kegiatan yang dilakukan pada kasus tersebut?

 

A. Analisa jabatan

B. Uraian Jabatan

C. Deskripsi Jabatan

D. Penempatan karyawan

E. Rekrutmen karyawan

 

14.  Rumah sakit melakukan pengembangan rekam medis elektronik. Pada proses pembuatan User interface registrasi pasien untuk rawat Jalan dan rawat inap. seorang PMIK diminta membantu TIM untuk membuat preview dari formulir elektronik tersebut.

 

Tahap apa yang sedang dilakukan pada kasus tersebut?

 

A. Analisis

B. Evaluasi

C. Penggunaan

D. Perancangan

E. Perencanaan

 

15.  Seorang pasien berkunjung ke klinik pada tanggal 13 September 2015. Sesudah Itu, pasien tidak pernah datang lagi untuk berobat.

 

Kapankah rekam medis pasien tersebut dikatakan inaktif?

 

A. 13/09/2019

B. 14/09/2019

C. 14/09/2020

D. 14/09/2021

E. 14/09/2022

 

16.  Sebuah rumah sakit menyediakan "formasi dengan menggunakan Grafik barber johnson. Grafik ini digunakan tahun 2015 pada setiap ruangan rawat inap.

 

Apa kegunaan dari grafik tersebut di atas?

 

A.    Membandingkan antar ruangan di rumah sakit

B.    Mengetahui perbandingan penggunaan tempat tidur

C.    Melihat trend perkembangan penggunaan tempat tidur

D.    Mengetahui kesalahan perhitungan parameter efisiensi

E.    Mengetahui mutu pelayanan di masing-masing bangsal perawatan

 

17.  Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) dirancang untuk menggunakan multi user yang saling terintegrasi. Terdapat pembagian hak akses untuk setiap kelompok pengguna berdasarkan modul, menu dan fitur-fitur yang terdapat dalam sistem informasi tersebut.

 

Siapakah yang berhak untuk mengelola aplikasi tersebut?

 

A. Kader

B. Administrator

C. Petugas Registrasi

D. Bagian filing

E. Admin Billing

 

18.  Seorang pasien dengan nomor rekam medis 00-01-99 akan berobat ke klinik mata. PMIK mengambil rekam medis tersebut dan membuat bon pinjam untuk

mengendalikan rekam medis yang keluar rak penjajaran.

 

Apa alat bantu yang dipakai oleh PMIK tersebut?

 

A. Buku Peminjaman

B. Buku Register

C. Tracer

D. KIUP

E. KIB

 

19.  Petugas PMIK menemukan banyak rekam medis pasien yang masih berada di ruang perawatan dan belum kembali ke UKRM setelah 1×24 jam pasien pulang. Hal tersebut memperlambat pelayanan pasien yang akan berobat ulang.

 

Indikator apakah yang harus dimonitor?

 

A. Lama waktu pengembalian rekam medis

B. Lama waktu penyimpanan rekam medis

C. Lama waktu pengembalian rekam medis

D. Lama waktu peminjaman rekam medis

E. Lama waktu pengiriman rekam medis

 

20.  Petugas pelaporan diminta untuk membuat laporan oleh direktur pada bulan februari 2017. Laporan tersebut digunakan sebagai dasar perencanaan perambahan jumlah tempat tidur.

 

Apakah informasi yang dibutuhkan pada kasus tersebut?

 

A.    AVLOS

B.    Bed Occupancy Ratio

C.    Bed Turn Over

D.    Laporan 10 besar penyakit

E.    Laporan kunjungan pasien rawat inap dan jalan

 

21.  Seorang anak berumur 7 tahun dirawat selama 4 hari di sebuah rumah sakit. Pada saat akan pulang rawat, orang tuanya datang ke bagian rekam medis minta perubahan nama karena tidak sesuai dengan kartu identitas asuransi. Indeks Utama Pasien telah dilakukan secara komputerisasi

 

Apa yang Anda lakukan sebagai PMIK untuk mengatasi masalah tersebut ?

 

A.    Langsung mengganti nama pasien

B.    Meminta fotocopy kartu asuransi pasien.

C.    Tidak bisa dilakukan penggantian nama

D.    Memberikan formulir penggantian identitas pasien

E.    Meminta Kartu Identitas Anak (KIA)

 

22.  Pada rekam medis pasien rawat inap, diperlukan pencatatan observasi yang dilakukan oleh perawat rawat inap. Seorang perawat menulis perkembangan perawatan pasien disertai komentar dan gambar yang tidak terkait dengan perawatan pasien. Hal ini ditemui oleh PMIK dan tim review analisis kualitatif.

 

Manakah komponen review yang tepat untuk kasus di atas?

 

A.    Review praktik pencatatan

B.    Review konsistenan pencatatan

C.    Review pencatatan informed consent

D.    Review kelengkapan dan kekonsistenan diagnosa

E.    Review hal yang berpotensi menyebabkan ganti rugi

 

23.  Petugas PMIK memasangkan gelang pasien di tempat pendaftaran rawat Inap Hal ini bertujuan untuk menjamin patient safety dan Juga merupakan komponen penilaian dalam proses akreditasi.

 

Kegiatan penilaian tersebut masuk pada komponen apa?

 

A. Ketepatan Identifikasi Pasien

B. Peningkatan Komunikasi Efektif

C. Asesmen Pasien

D. Manajemen Komunikasi

E. Hak Pasien Dan Keluarga

 

24.  Saudara sedang bertugas di unit kerja rekam medis dan Informasi kesehatan, seorang Bapak A datang dan mengatakan pernah dirawat di rumah sakit tempat Saudara bertugas. Bapak A minta penjelasan secara rinci tentang penyakit yang pernah dideritanya

 

Apa yang Saudara akan lakukan ?

 

A.    Menolak permintaan

B.    Menceritakan penyakitnya

C.    Memberikan resume medis

D.    Rekam medis diberikan untuk dibaca pasien

E.    Memberi saran bertemu dokter yang merawat untuk mendapat informasi lebih jelas

 

25.  Setelah Saudara lulus program studi D3 rekam medis dan informasi kesehatan. Saudara dapat bekerja di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan. Sebagai bukti bahwa telah lulus dan memiliki kompetensi sebagai seorang profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan. Saudara wajib menunjukkan dokumen bukti tersebut

 

Dokumen apakah yang dimaksud ?

 

A. Surat izin kerja

B. Surat ijin praktik

C. Sertifikat kompetensi

D. Surat lulus kompetensi

E. Surat tanda registrasi

 

26.  Pasien datang ke RS dengan keluhan benjolan pada leher. Dokter memberikan tindakan penunjang USG thyroid, kemudian dokter memberikan diagnosa sementara Tumor thyroid. Setelah itu. dilakukan tindakan pengangkatan thyroid. kemudian dilakukan biopsi pada tiroid. Hasil biopsy dari bagian patologi Anatomi adalah ‘Throid : papillary carcinoma variantfollicular".

 

Apa diagnosis terakhir yang harus dikode?

 

A. Benjolan leher

B. Tumor thyroid

C. Thyroidectomy

D. Pemeriksaan biopsi

E. Papillary carcinoma variantfollicular

 

27.  Suatu pasien di rumah sakit mempunyai diagnosa sequelae, symptom. Apabila diagnosanya Dysphasia dan old cerebral Infarction.

 

Manakah diagnosa utama dan sekunder?

 

A. Old cerebral infarction

B. Dysphasia

C. Cerebral infarction dan Dysphasia

D. Dysphasia dan old cerebral infarction

E. Old cerebral infarction dan Dysphasia

 

28.  Petugas PMIK sedang melakukan penjajaran RM dengan urutan sebagai berikut 12-27-97, 12-27-98, 12-27-99 dan 15-27-00.

 

Apakah metode penjajaran rekam medis tersebut?

 

A. Family numbering

B. Chronological numbering

C. Straight Numerical Filing

D. Terminal Digit Filing

E. Middle Digit Filing

 

29.  Seorang pasien dirawat karena peradangan akut pada lambung. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata terdapat benda asing di dalamnya dan harus segera dilakukan operasi pelubangan pada lambung.

 

Apakah istilah tindakan medis dalam kasus tersebut ?

 

A. Gastropexy

B. Gastrotomy

C. Gastrostomy

D. Gastrectomy

E. Gastrorraphy

 

30.  Coder melakukan klasifikasi kode diagnosis pada formulir rawat jalan dengan diagnosis Stevens Johnson Syndrome. Hasil anamnesis menunjukkan pasien mengkonsumsi obat anti kejang untuk mengontrol kondisi Bipolar. Pemeriksaan fisik menunjukkan adanya ruam kulit di bibirnya yang mulai mengelupas. Saat itu kulit pasien telah mengelupas semakin luas dan menimbulkan luka terbuka.

 

Apakan kode blok ICD 10 yang digunakan berdasarkan kasus tersebut?

 

A. L

B. M

C. N

D. O

E. P

 

31.  Seorang coder mengkode diagnosis untuk klaim BPJS Hasil kodefikasi yang diberikan l63.9 yaitu stroke infark Tetapi oleh verifikator BPJS kode tersebut ditolak

walaupun hasil resume medis yang ditulis dokter sudah sesuai. Menurut verifikator BPJS gejala stroke dengan hipoglikemia itu mirip. oleh sebab itu pihak verifikator

meminta hasil penunjang medis untuk memastikan itu stroke atau bukan

 

Hasil penunjang medis apakah yang diperlukan untuk memasukan diagnosis tersebut?

 

A. EKG

B. Tonometri

C. Spirometri

D. Laboratorium cek gula darah

E. Laboratorium Patologi Jaringan

 

32.  Seorang petugas pelaporan membuat grafik Barber Johnson tahun sebelumnya. Informasi ini digunakan oleh Pimpinan untuk memonitoring dan mengevaluasi

penggunaan tempat tidur.

 

Apakah sumber data yang diperlukan?

 

A. Sensus Harian Rawat Jalan

B. Sensus Harian Rawat Inap

C. Register Pendaftaran Rawat Jalan

D. Register Pendaftaran Rawat inap

E. Register Pelayanan Rawat Inap

 

33.  Seorang laki-laki datang ke Rumah Sakit pada pukul 07.00 WIB untuk mendaftar berobat di klinik Mata. Pada saat datang, pasien langsung mengambil nomor antrian pendaftaran rawat jalan. Pukul 07.25 WIB. petugas pendaftaran memanggilnya untuk melakukan proses pendaftaran, dan berlangsung sampai pukul 07.30 WIB. Pukul 07.53 WIB. rekam medis tersedia di klinik Mata setelah diantar oleh petugas rekam medis.

 

Berapa menitkah waktu penyediaan rekam medis pasien tersebut ?

 

A. 23

B. 25

C. 23

D. 29

E. 53

 

34.  Rumah Sakit telah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat terkait dengan data nomor induk kependudukan. Sehingga, pasien yang akan mendaftar di Rumah Sakit cukup membawa KTP dan data demografi pasien dapat langsung diakses dari dan DUKCAPIL Petugas pendaftaran pun terhindar dari kesalahan input data demografi pendaftaran pasien.

 

Apakah lingkup rekam medis elektronik yang dipenuhi pada kasus tersebar?

 

A. Perekaman

B. Penyimpanan

C. Pengolahan

D. Pemusnahan

E. Komunikasi dan penyajian Data

 

35.  Seorang pasien mengunjungi dokter umum dengan keluhan sakit perut, Buang Air Besar terus menerus. Dokter mendiagnosis diare. Hasil Lab menunjukkan Bakteri

Escheria Con (+).

 

Apakah kode blok ICD 10 yang digunakan berdasarkan kasus tersebut?

 

A. A

B. B

C. K

D. D

E. L

 

36.  SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) mensyaratkan kedisiplinan dalam pemasaran data, baik ketepatan waktu maupun kebenaran data, maka budaya kerja yang sebelumya menangguhkan hal-hal seperti itu. menjadi berubah

apa manfaat SIMRS pada pernyataan tersebut?

 

A. Manfaat manajerial

B. Manfaat Organisasi

C. Manfaat Operasional

D. Manfaat teknis

E. Manfaat transaksi

 

37.  Petugas PMIK mendesain ulang formulir rekam medis rawat jalan rumah sakit. Formulir yang lama dan contoh dari beberapa rumah sakit digunakan sebagai bahan perbandingan.

 

Apakah fungsi manajemen yang diterapkan dalam kasus tersebut?

 

A. Planning

B. Organizing

C. Actuating

D. Controlling

E. Managing

 

38.  Rumah sakit menggunakan Sistem Informasi Rumah Sakit dalam pengelolaan rekam medis. Seluruh Item dalam resume medis diinput dalam database. Untuk pelaporan 10 besar penyakit. dilakukan dengan mengexport data dalam format CSV. yang terdiri dari field Diagnosis. KRS, MRS, Status KRS. N0_RM, Dokter yang merawat. Tanggal lahir. Direktur ingin dibuatkan laporan 10 besar penyakit selama satu tahun.

 

Bagaimana sikap petugas mengatasi kondisi tersebut?

 

A.    Mengganti vendor pembuat SIM-RS

B.    Melakukan komplain atas kekurangan sistem diatas

C.    Tidak melakukan apa-apa karena bukan seorang programmer

D.    Melakukan proses pivot dengan spreadsheet

E.    Mengatakan kepada direktur bahwa sistem tidak dapat menampilkan 10 besar penyakit.

 

39.  Seorang PMIK melakukan penjajaran rekam medis dengan sistem Terminal Digit Filing. Satu diantara rekam medis yang akan disimpan adalah nomor 00-01-98.

 

nomor rekam medis apakah yang dijajarkan setelah nomor tersebut ?

 

A. 00-01-99

B. 00-02-98

C. 01-01-99

D. 00-02-99

E. 01-01-98

 

40.  Rumah Sakit menggunakan cara manual dalam pencatatan data pasien dan transaksi pasien. Untuk meningkatkan mutu pelayanan, klinik tersebut akan mengembangkan sistem informasi agar semua data tersimpan dalam database sehingga mempermudah pengolahan. Permasalahan yang dihadapi adalah rumah sakit memiliki dana yang terbatas untuk pengembangan sistem tersebut.

 

Apakah basis data yang tepat untuk mengatasi kasus tersebut?

 

A. Oracle

B. Mysql

C. PostgreSql

D. MongoDB

E. Firebase Sql

 

41.  Suatu RS hendak memesan sebuah aplikasi SIMRS. Setelah melalui beberapa kajian diputuskan ada beberapa terminal untuk mengakses aplikasi tersebut. Adapun terminal (bagian-bagian) di rumah sakit yang dapat mengakses aplikasi tersebut yaitu: 1. Dokter yang menangani pasien. 2. Perawat/bidan. 3.Farmasi. 4. Laboratorium. 5. Rekam medis. 6. Customer service. 7. Admisi dan pendaftaran. 8. Kasir. 9. Logistik. 10. Operator telpon.11. Direktur/manager.12. Radiologi/USG. 13. IT. 14. Gizi

 

Dari terminal yang ditetapkan, Bagian manakah yang boleh mengakses resume medis pasien?

 

A. Customer Service

B. Kasir

C. Admisi dan pendaftaran

D. Farmasi

E. Dokter yang menangani pasien

 

42.  Seorang petugas filing akan menyimpan rekam medis dengan nomor 99-78-77, 01-79-77, 98-78-77, 97-78-77, 00-79-77. Sistem penjajaran yang digunakan di rumah sakit tersebut adalah Terminal Digit Filing System

 

Bagaimana urutan penjajarannya?

 

A.    00-79-77. 01-79-77, 97-73-77, 98-73-77, 99-78-77

B.    98-78-77, 97-78-77, 99-78-77, 00-79-77, 01-79-77

C.    99-78-77, 98-78-77, 97-73-77, 01-79-77. 00-79-77

D.    97-78-77, 98-78-77, 99-78-77, 01-79-77, 00-79-77

E.    97-78-77, 98-78-77, 99-78-77, 00-79-77, 01-79-77

 

43.  Pasien datang ke RS dengan keluhan benjolan pada bagian perum kemudian dilakukan tindakan penunjang USG abdomen. Dokter memberikan diagnosa sementara kanker jinak calon. Kemudian, dokter memutuskan untuk dilakukan tindakan pengangkatan sebagian dari colon serta dilakukan biopsy. Setelah operasi pasien ternyata jaga anemia sehingga dilakukan transfuse packed cell. Hasil biopsy dari patologi anatomi menunjukkan adenocarcinoma colon

 

Apa diagnosis utama yang harus dikode?

 

A. Mass Abdomen

B. Neoplasm benign of colon

C. Biopsy of tolon

D. Adenocarcinoma colon

E. Anemia

 

44.  puskesmas ingin mengembangkan sistem informasi untuk mengetahui penyebaran penyakit pada wilayahnya dalam bentuk map. Informasi ini dapat digunakan untuk mengetahui pola penyebaran penyakit berdasarkan asal lokasi.

 

Aplikasi apakah yang dapat digunakan?

 

A. Sistem informasi Eksekutif

B. Sistem Pendukung Keputusan Klinis

C. Sistem Informasi Geografis

D. Sistem Pakar

E. Sistem informasi Puskesmas

 

45.  Petugas melakukan analisis kelengkapan terhadap 50 dokumen rekam medis yang baru kembali dari ruang rawat inap. Dari dokumen tersebut. dikembalikan 25 dokumen rekam medis yang belum lengkap ke ruang rawat inap. 14 Hari kemudian, rekam medis tersebut dikembalikan ke bagian assembling. 5 diantaranya masih tidak lengkap.

 

Berapa angka delinquent medical record pada kasus tersebut?

 

A. 10%

B. 20%

C. 40%

D. 50%

E. 60%

 

46.  Petugas melakukan analisis kelengkapan terhadap 50 dokumen rekam medis yang baru kembali dari ruang rawat Inap. Dari dokumen tersebut dikembalikan 25 dokumen rekam medis yang belum lengkap ke ruang rawat inap. 2 Hari kemudian. rekam medis tersebut dikembalikan ke bagian assembling. 5 diantaranya masih tidak lengkap.

 

Berapa angka kelengkapan pada kasus tersebut?

 

A. 10%

B. 20%

C. 40%

D. 50%

E. 90%

 

47.  Data pasien di bagian pendaftaran akan secara Otomatis dapat dilihat oleh petugas klinik ketika pasien diperiksa oleh dokter. Hal tersebut bisa dilakukan karena komputer di rumah sakit saling terhubung.

 

Model jaringan apakah yang dapat diterapkan di rumah sakit tersebut?

 

A. Peer to peer

B. Topologi

C. Three

D. Local Area Network

E. Gateway

 

48.  Seorang ibu usia 30 tahun hamil G4P3AO usia kehamilan 37 minggu sebelum nya selalu lahir normal Ketika kontrol dokter memetakan bahwa pasien mengalami gangguan plasenta previa sehingga dokter menyarankan untuk operasi SC dia hari lagi. 2 hari kemudian bayi lahir tunggal hidup dengan SC. Di dalam ICD 10 untuk jenis SC dikelompokkan di 082 Terdiri dari 5 kategori: delivery by elective caesarean section! Repeat caesarean section not other specified: delivery by emergency caesarean section; delivery by cesarean hysterectomy; other single delivery by caesarean section; delivery by caesarean sector unspecified

 

Kode lahir SC manakah yang tepat untuk kasus diatas?

 

A.    032.0 delivery by elective caesarean section Repeat caesarean section not other specified

B.    082.1 delivery by emergency caesarean section

C.    082.2 delivery by caesarean hysterectomy

D.    082.8 other single delivery by caesarean section

E.    032.9 delivery by caesarean section, unspeciñed

 

49.  Pada malu rumah sakit telah ditemukan sistem informasi elektronik: dimana sistem teknologi dan aplikasi yang berbeda mempunyai kemampuan untuk saling berkomunikasi. tukar menukar data secara akurat, efektif, konsisten dan menggunakan informasi yang telah dipertukarkan.

 

Apa syarat utama untuk bisa menerapkan seperti pada kasus tersebut?

 

A. koneksi internet

B. Integrated data

C. update data

D. Completeness

E. standarisasi data kesehatan

 

50.  Seorang Ibu membawa anaknya yang tuna wicara untuk berobat ke klinik tumbuh kembang anak. Pada saat pemeriksaan, dokter melakukan wawancara dengan ibu pasien terkait kondisi anaknya dan riwayat penyakitnya.

 

Apakah jenis wawancara tersebut?

 

A. Allo Anamnesa

B. Auto Anamnesa

C. Private Anamnesa

D. Family Anamnesa

E. Auto Allo Anamnesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *