Latihan Rekam Medis 31

KUMPULAN LATIHAN SOAL

REKAM MEDIS

 

1). Dasar pengelompokan INA-CBGs menggunakan sistem kodifikasi dari diagnosis akhir dan tindakan atau prosedur yang menjadi output pelayanan, dengan acuan ICD-10 untuk diagnosis dari ICD-9CM untuk tindakan atau prosedur. Simbol kode INA-CBGs juga mencerminkan jenis pelayanannya.

 

Apakah simbolnya untuk pelayanan rawat jalan ?

 

A. Angka 0

B. Angka 1

C. Angka 2

D. Romawi I

E. Romawi III

 

2). Seorang dokter hendak menjelaskan dan melengkapi pengisian informed consent tindakan medis kepada seorang pasien. Ada beberapa yang telah dijelaskan dokter kepada pasien diantaranya: diagnosis dan tata cara tindakan medis, prognosis terhadap tindakan yang dilakukan. 3.Resiko dan komplikasi yang mungkin terjadi.

 

Berdasarkan undang-undang praktik kedokteran no: 29 tahun 2014 pasal: 45 ayat: 3 sebaiknya dokter menjelaskan apa lagi selain 3 hal tersebut ?

 

A. Nama terang dan tanda tangan dokter

B. Nomor Form

C. Nama perawat yang mendampingi

D. Tanda tangan saksi

E. Alternatif tindakan

 

3). Pasien sering dipindah (transfer) di dalam rumah sakit selama mereka dirawat. Untuk keberhasilan transfer informasi ini, berkas rekam medis pasien juga dipindahkan atau ditransfer atau informasi dari berkas rekam medis pasien dibuatkan resume atau ringkasan nya

 

Apa isi ringkasan yang dimaksud ?

 

A.  Alasan dipindah, diagnosis yang ditegakkan, tindakan yang diberikan, kondisi saat dipindah

B.  Alasan masuk rawat inap, diagnosis yang ditegakkan, tindakan yang diberikan, kondisi saat dipindah

C.  Alasan masuk rawat inap, diagnosis yang ditegakkan, tindakan yang diberikan, obat-obatan yang diberikan kondisi saat dipindah.

D.  Alasan masuk rawat inap, diagnosis yang ditegakkan, tindakan yang diberikan, obat-obatan yang diberikan kondisi saat masuk.

E.  Alasan dipindah, diagnosis yang ditegakkan, tindakan yang diberikan, obat-obatan yang diberikan, kondisi saat dipindah

 

4). Suatu rumah sakit menggunakan sistem rekam medis elektronik, dimana semua data pasien disimpan dalam database database aplikasi SIMRS tersebut berisi sebagai berikut. Suatu rumah sakit menggunakan sistem rekam medis elektronik, dimana semua data pasien disimpan dalam database. Database aplikasi SIMRS tersebut berisi sebagai berikut: 1 identitas pasien, 2.identitas keluarga 3.identitas benjamin atau membayar 4 waktu registrasi penerimaan pasien ( waktu masuk) dan pemulangan pasien ( waktu keluar), 5 anamnesis, 6 pemeriksaan fisik, 7 diagnosis masuk, diagnosis akhir, diagnosis sekunder, 8 tindakan medis, 9 keadaan keluar, 10 hasil laboratorium, 11 hasil radiologi, 12 hasil penunjang lainnya (EKG,EEG,ECHO, spirometri dan lain-lain). 13 obat yang diberikan ke pasien, 14 kodefikasi penyakit dan tindakan (ICD-10 & ICD 9-CM). 15 nama dokter, 16 ruang perawatan, 17 klinik yang dituju, 18 pengkajian keperawatan. Data yang ada perlu untuk membuat laporan kematian antara lain GDR.

 

Data mana yang seharusnya diambil dari database tersebut ?

 

A. Anamnesis

B. Keadaan keluar

C. Hasil radiologi

D. Klinik yang dituju

E. Obat yang diberikan

 

5.Pada rekam medis pasien laki-laki tertulis diagnosis utama commotion cerebrie (gegar otak) sedangkan diagnosis sekundernya excoriasis pipi kanan, luka terbuka lengan bawah dan compound fraktur femur sinistra dengan tindakan ORIF.

 

Rule manakah yang dapat ditetapkan untuk membetulkan diagnosis utama pada kasus diatas?

 

A. RULE MB 1

B. RULE MB 2

C. RULE MB 3

D. RULE MB 4

E. RULE MB 5

 

6). Pada suatu hari di rumah sakit X telah dilahirkan seorang bayi laki-laki dari seorang ibu bernama siti aisyah dan suaminya bernama rudi hartono yang beragama islam, tetapi bayi tersebut belum diberikan nama oleh orang tuanya karena bayi tersebut akan diberi nama pada saat aqiqah

 

Bagaimana pencantuman nama di dalam rekam medis bayi tersebut ?

 

A. By Tn Rudi Hartono

B. Ny. Siti Aisyah, bayi

C. By Ny Siti Aisyah

D. Tn. Rudi Hartono. bayi

E. By. Binti Rudi Hartono

 

7). Dalam rekam medis pasien tertulis anamnesis dokter rehab medic. Terkait kesulitan pasien mengikuti pelajaran, IQ 56, juga mengalami penurunan yang signifikan dari perilaku yang membutuhkan perhatian. Koder memberi kode F70. Pada kode ini harus diberi digit ke-4. Antara lain: 0 with the statement of no, or minimal, impairment of behaviour, 1 significant impairment of behaviour requiring attention or treatment , 8 other impairment of behaviour, 9 without mention of impairment of behaviour.

 

Apakah digit ke-4 yang harus dipakai ?

 

A. 0

B. 1

C. 8

D. 9

E. 1 dan 8

 

8). Anita baru berumur 15 tahun dan memasuki usia pubertas, di atas bibir atasnya tumbuh rambut-rambut halus sehingga membentuk kumis yang tipis. Kondisi anita ini disebut.

 

Apakah istilah penyakit pada kasus anita ?

 

A. Hirsutism

B. Hypertrichosis

C. Folikulitis

D. Hiperhidrosis

E. Diaphoresis

 

9). Rekam medis memuat informasi yang memadai atau cukup untuk mengidentifikasi pasien, mendukung diagnosis, Justifikasi atau dasar pembenaran pengobatan, mendokumentasikan pemeriksaan dan hasil pengobatan. Dan meningkatkan kesinambungan pelayanan di antara para praktisi pelayanan kesehatan.

 

Rekam medis pasien emergency minimal memuat data apa ?

 

A.  Jam kedatangan, kesimpulan ketika pengobatan diakhiri, kondisi saat pasien dipulangkan

B.  Jam kedatangan, diagnosis, tindakan yang diberikan, kondisi saat pasien dipulangkan

C.  Jam kedatangan, kesimpulan ketika pengobatan diakhiri, diagnosis, kondisi saat pasien dipulangkan.

D.  Jam kedatangan, diagnosis, tindakan yang diberikan, kondisi saat pasien dipulangkan, instruksi tindak lanjut pelayanan

E.  Jam kedatangan, kesimpulan ketika pengobatan diakhiri, kondisi saat pasien dipulangkan, instruksi tindak lanjut pelayanan

 

10). Sebuah rumah sakit memiliki 100 tempat tidur, sedang menganalisis tingkat efisiensi bulan juni 2016, dan hasilnya ternyata BOR: 75%

 

Berapa hari rawat pada bulan juni ?

 

A. 1.500 pasien

B. 2.100 pasien

C. 2.250 pasien

D. 3.000 pasien

E. 3.100 pasien

 

11). Seorang anak dibawa oleh ibunya berobat ke klinik umum dengan keluhan suara hilang, setelah mengikuti kegiatan paskibraka.

 

Apakah lead term yang dicari pada buku indeks ICD 10 untuk mencari kode tersebut ?

 

A. Aphonia

B. Aphasia

C. Dysphonia

D. Dysarthria

E. Dyslexia

 

12). Pada lembar ringkasan masuk keluar medis seorang pasien laki-laki umur 50 tahun tertulis diagnosis utama chronic renal failure, diabetes melitus, koch pulmonal duplex, sedangkan diagnosis sekundernya tertulis hipertensi. Dirawat oleh dokter spesialis paru.

 

Apa diagnosis utama yang harus dipilih berdasarkan kasus diatas ?

 

A. Chronic renal failure

B. Diabetes melitus

C. Koch pulmonal duplex

D. Chronic kidney this disease

E. Hipertensi

 

13). Rekam medis atau kesehatan psikiatri atau program kesehatan jiwa (mental) dikenal sebagai rekam medis perilaku (behavioral health record). Di dalamnya terdapat data diagnostik dan penilaian terhadap informasi psikologi dan pelayanan psikiatri. Isi rekam medis pada pasien jiwa berbeda dengan rekam medis pasien umum.

 

Apakah data atau status yang hanya ada pada isi rekam medis pasien jiwa ?

 

A. Ekonomi

B. Perkawinan

C. Status hukum pasien

D. Biaya (pembayaran)

E. Alasan pasien dirawat

 

14). Pasien yang berkunjung di puskesmas maka keselamatan pasien tersebut harus terjamin di tempat pendaftaran.

 

Apa yang bisa menjamin dalam pernyataan tersebut ?

 

A. Tersedia bagan alur pendaftaran

B. Pasien mengetahui dan mengikuti alur yang ditetapkan

C. Adanya SOP pendaftaran

D. SOP identifikasi pasien

E. Pemahaman alur pendaftaran

 

15). berdasarkan hasil penilaian standar pelayanan minimal rekam medis di rumah sakit X diperoleh hasil bahwa waktu penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan lebih dari 10 menit. Setelah dilakukan penelusuran permasalahan, ternyata hal tersebut disebabkan oleh kurangnya tenaga filling dan distribusi.

 

Apa yang harus dilakukan agar SPM rekam medis bisa tercapai ?

 

A.  Mengajukan penambahan pegawai berdasarkan analisis beban kerja

B.  Menegur petugas filing dan distribusi untuk dapat bekerja lebih baik

C.  Memberikan sanksi kepada petugas filling dan distribusi karena bekerja di bawah standar

D.  Memberikan reward kepada petugas filing dan distribusi agar mampu bekerja lebih baik

E.  Membiarkan hal itu terjadi dengan keyakinan suatu saat akan lebih baik lagi

 

16). Pada suatu rumah sakit telah diterapkan sistem informasi elektronik, dimana sistem teknologi dan aplikasi yang berbeda mempunyai kemampuan untuk saling berkomunikasi, tukar menukar data secara akurat, efektif, konsisten dan menggunakan informasi yang telah dipertukarkan.

 

Apa syarat utama untuk bisa menerapkan seperti pada kasus tersebut ?

 

A. Koneksi internet

B. Integrasi data

C. Update data

D. Completeness

E. Standarisasi data kesehatan

 

17). Seorang pasien datang ke dokter saraf dengan anamnesa yang ditulis dokter pikiran kacau, organic brain syndrom dengan gejala persepsi salah dan perilaku irasional.

 

Apakah istilah penyakit yang tepat pada kasus tersebut ?

 

A. Delirium

B. Depression

C. Dementia

D. Dysthymic disorder

E. Ego

 

18). sistem pembiayaan kesehatan di indonesia memiliki beberapa jenis pembiayaan. Pasien di rumah sakit diharapkan pada beberapa pilihan tersebut. Seorang pasien melakukan pembiayaan dengan sumber keuangan pribadi

 

Apa sebutan untuk hal tersebut ?

 

A. Pasien asuransi

B. Pasien umum

C. Pasien JKN

D. Pasien Jamkesda

E. Pasien PBI

 

19). dalam mengassembling rekam medis rawat inap tentu harus memperhatikan jenis formulir formulir yang penting di mana seharusnya formulir tersebut ada dalam berkas rekam medis. Akan tetapi keberadaan formulir tersebut memperhatikan diagnosis dan tindakan yang diterima, sehingga tidak semua formulir tersebut selalu ada semua di berkas rekam medis. Berikut formulir-formulir yang penting: ringkasan masuk keluar, resume medis, pengantar rawat inap, persetujuan tindakan medis, penolakan tindakan medis, persetujuan anestesi, pengkajian keperawatan, laporan operasi, catatan terintegrasi

 

Apabila pasien di diagnosis viral infection, dan dokter melakukan tindakan pemasangan NGT. Formulir apakah yang boleh tidak ada dalam berkas rekam medis rawat inap tersebut ?

 

A. Resume medis

B. Persetujuan anestesi

C. Catatan terintegrasi

D. Ringkasan masuk keluar

E. Persetujuan tindakan medis

 

20). Pembiayaan kesehatan merupakan bagian penting dalam implementasi JKN. Terdapat dua metode dalam metode pembayaran rumah sakit yang digunakan yaitu metode pembayaran. 1.Retrospektif dan 2.Prospektif.

 

Apakah yang dimaksud dengan sistem pembayaran yang nomor satu di atas ?

 

A.  Metode pembayaran yang memerlukan monitoring paska klaim

B.  Metode pembayaran yang terdapat pembagian resiko keuangan dengan provider

C.  Metode pembayaran yang dilakukan atas pelayanan kesehatan yang besarannya sudah diketahui sebelum pelayanan kesehatan diberikan

D.  Metode pembayaran yang memiliki akibat kurangnya kualitas koding sehingga akan menyebabkan ketidaksesuaian proses grouping

E.  Metode pembayaran yang dilakukan atas layanan kesehatan yang diberikan kepada pasien berdasarkan pada setiap aktivitas pelayanan yang diberikan

 

21). suatu rumah sakit menggunakan sistem rekam medis elektronik, dimana semua data pasien disimpan dalam database. Database aplikasi SIMRS tersebut terisi sebagai berikut: identitas pasien, identitas keluarga terdekat, identitas benjamin atau pihak pembayar, waktu registrasi penerimaan pasien (waktu masuk) dan pemulangan pasien (waktu keluar), anamnesis, pemeriksaan fisik, diagnosis masuk, diagnosis akhir, diagnosis sekunder, tindakan medis, keadaan keluar, hasil laboratorium, hasil radiologi, hasil penunjang lainnya (EKG, EEG, ECHO, Spirometri dll). Obat yang diberikan ke pasien, kodefikasi penyakit dan tindakan (ICD-10 & ICD-9CM). nama dokter, ruang perawatan, klinik yang dituju, pengkajian perawatan. PMIK tentu perlu membuat laporan statistik rumah sakit. Antara lain menghitung LOS dan AvLOS

 

Data apakah yang seharusnya diambil dari database tersebut ?

 

A. Anamnesis

B. Hasil radiologi

C. Hasil laboratorium

D. Pengkajian keperawatan

E. Waktu masuk dan keluar

 

22). seorang verifikator BPJS hendak meminjam rekam medis seorang pasien untuk di foto Copy karena data yang diperoleh belum lengkap. Akan tetapi bagian rekam medis tidak mau meminjamkan rekam medis tersebut. Hal ini karena. (1) rekam medis merupakan milik dokter, dokter gigi, atau sarana pelayanan kesehatan. Sedangkan isi rekam medis merupakan milik pasien. (2) rekam medis sebagaimana dimaksud harus disimpan dan dijaga kerahasiaannya oleh dokter atau dokter gigi dan pimpinan sarana pelayanan kesehatan. (3) ketentuan mengenai rekam medis sebagaimana dimaksud diatur dengan peraturan menteri.

 

Regulasi manakah yang dipakai petugas rekam medis dalam penjelasan tersebut ?

 

A.  47 UU Praktek kedokteran No 29/2004

B.  Permenkes 71/2013 tentang pelaksanaan JKN

C.  UU No.44 tentang rumah sakit

D.  Permenkes no.903 tahun 2011

E.  Permenkes no.028 tahun 2011 tentang klinik

 

23). satu diantara kekurangan dari kriteria kualitas data akan menyebabkan terjadinya penurunan nilai dari informasi pada data morbiditas dan mortalitas. Terdapat beberapa dampak dari ketidaklengkapan rekam medis.

 

Apakah dampak utama dari ketidaklengkapan yaitu ?

 

A.  Kesalahan pengambilan keputusan

B.  Salah pengkodean akan menyebabkan kesalahan index

C.  Distorsi pada gambaran prioritas masalah kesehatan yang harus dibenahi

D.  Diagnosa yang tidak akurat karena tidak didukung catatan yang lengkap

E.  Data rekam medis yang tidak lengkap menyebabkan kesalahan pengkodean

 

24). Komunikasi merupakan hal yang mendasar menjadi salah satu diantara faktor keselamatan dan kepuasan pasien rumah sakit. Ada 5 prinsip dalam berkomunikasi yang efektif yang disingkat dengan REACH yaitu : respect, empathy, audible, care dan humble. Empathy merupakan prinsip yang kedua

 

Apa yang dimaksud dengan prinsip yang nomor 2 tersebut ?

 

A.  Rasa hormat dan saling menghargai orang lain

B.  Kemampuan untuk dapat mendengarkan dan dimengerti

C.  Sikap rendah hati dalam mendengarkan informasi yang disampaikan oleh pembicara

D.  Kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain

E.  Perhatian akan apa yang disampaikan oleh pembicara sehingga membuat pembicara merasa diperhatikan

 

25). informasi tentang identitas, diagnosis, riwayat penyakit, riwayat pemeriksaan dan riwayat pengobatan dapat dibuka dengan dilakukan secara tertulis kepada pimpinan sarana pelayanan kesehatan. Terdapat beberapa hal yang harus dihindari dalam melakukan pelepasan informasi tersebut.

 

Apa hal yang dimaksud di dalam pernyataan tersebut ?

 

A.  Memenuhi kepentingan kesehatan pasien

B.  Permintaan atau persetujuan pasien sendiri

C.  Memenuhi permintaan institusi atau lembaga berdasarkan ketentuan perundang-undangan

D.  Memenuhi permintaan aparatur penegak hukum dalam rangka penegakan hukum atas perintah pengadilan

E.  Memenuhi kepentingan penelitian, pendidikan, dan audit medis dengan menyebutkan identitas pasien

 

26). Seorang pasien datang ke rumah sakit untuk yang kesekian kalinya akan melakukan kemoterapi Ca.

 

Manakah yang menjadi diagnosa utama dan sekunder ?

 

A.  Perbaikan kondisi umum dan Ca Mammae

B.  Ca Mammae dan session kemoterapi

C.  Session kemoterapi dan Ca Mammae

D.  Session kemoterapi

E.  Ca Mammae

 

27). Petugas pelaporan sedang melakukan analisis data statistik rumah sakit untuk pelaporan satu diantara pelaporan terdapat, denominator angka kelahiran mati (Fetal Death Rate). Denominator angka kelahiran mati adalah jumlah seluruh kelahiran dalam periode tersebut yang terdiri dari intermediate death dan late death. Petugas sedang melakukan analisis intermediate death.

 

Apakah yang dimaksud dengan istilah yang terakhir dari kasus diatas ?

 

A.  Usia kehamilan setelah 20 minggu hingga lebih dari 28 minggu

B.  Jika usia kehamilan setelah 20 minggu hingga kurang dari 28 minggu

C.  Jika usia kehamilan setelah 22 minggu hingga kurang dari 28 minggu

D.  Jika usia kehamilan telah 22 minggu hingga kurang dari 38 minggu

E.  Jika usia kehamilan telah 22 minggu hingga kurang dari 38 minggu

 

28). Istilah yang berkaitan dengan fenomena aberasi perilaku atau kejiwaan yang dikenal di indonesia atau yang mempunyai nama khusus yang terkait dengan budaya setempat yang artinya kesurupan kemasukan roh.

 

Apakah istilah tersebut ?

 

A. Boufee delirante

B. Koro

C. Brain fag

D. Babainan

E. Amok

 

29). Petugas penyimpanan mencari rekam medis di rak yang akan digunakan untuk berobat pasien. Rekam medis tidak ditemukan di rak penyimpanan, petugas hanya menemukan transfer atas nama pasien. Petugas terlalu menyelipkan transfer ketika rekam medis keluar dari rak penyimpanan

 

Apakah yang harus dilakukan petugas ?

 

A.  Melaporkan kepada kepala rekam medis

B.  Melihat informasi yang ada di tracer dan menelusurinya

C.  Melaporkan rekam medis tidak ada di rak penyimpanan

D.  Bertanya ke bagian assembling tentang keberadaan berkas

E.  Berkomunikasi dengan petugas pendaftaran agar rekam medis dibuat lagi

 

30). Pasien datang ke rumah sakit dengan keluhan benjolan pada bagian perut kemudian dilakukan. Tindakan penunjang USG abdomen. Dokter memberikan diagnosa sementara kanker jinak colon. Kemudian, dokter memutuskan untuk dilakukan tindakan pengangkatan sebagian dari colon biopsy. Setelah operasi pasien ternyata juga anemia sehingga dilakukan transfuse packed cell. Hasil biopsi dari patologi anatomi menunjukkan adenokarsinoma colon

 

Apa diagnosis utama yang harus di kode ?

 

A. Mass Abdomen

B. Neoplasm benign of colon

C. Biopsy of colon

D. Adenocarcinoma colon

E. Anemia

 

31). Seorang pelaku seksual tertangkap polisi karena melakukan tindakan asusila, setelah dilakukan pemeriksaan diperoleh keterangan bahwa orang tersebut mengalami gangguan preferensi seksual akibat exhibitionism dan pedofil.

 

Apa definisi dari exhibitionism dan pedofil menurut ICD 10 ?

 

A.  A recurrent or persistent tendency to look at people engaging in sexual or intimate behaviour such as undressing. this is carried out without the observed people being aware, and usually leads to sexual excitement and masturbation

B.  A secual preference foe children, boys or girl of both, usually of prepuberral of early pubertal age

C.  A sexual preference for children, boys or girls or both, usually of prepubertal of early pubertal age.

D.  A. Recurrent or persistent tendency to expose the genitalia the strangers ( usually oh the opposite sex) or to people in public, places, without inviting or intending closer contact there is usually, but not invariably, sexual excitement at the time of the exposure and the act is commonly followed by masturbation.

E.  the wearing of clothes of the opposite sex principally to obtain sexual excitement and to create the appearance of a person of the opposite sez, fatishitic transvestism is destingulshed from transsexual transvestsm by it’s clear association with seksual arousal and the strong desire to remove the clothing once orgasm occurs and sexual arousal declines, its can occur as an earlier phase in the development of transsexualism.

 

32). Pasien dating ke rumah sakit dengan keterangan muncul benjolan di regio parotis kiri. Dilakukan AJH namun hasilnya kurang bagus, dokter memberikan diagnosa sementara Ca parotis sinistra. Untuk keperluan keakuratan diagnosis, dilakukan tindakan biopsi lagi. Hasil biopsi dari bagian patologi anatomi adalah tumor parotis sinistra: squamous cell carcinoma.

 

Apa sifat neoplasma dari diagnosis pada kasus diatas ?

 

A. Benign

B. Uncertain behaviour

C. In situ

D. Malignant neoplasm

E. Secondary neoplasm

 

33). kepala rekam medis sedang melakukan upaya perbaikan yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sistematis, objektif, dan terpadu dalam menetapkan masalah serta penyebab masalah mutu pelayanan kesehatan berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Menetapkan dan melaksanakan cara penyelesaian masalah sesuai kemampuan yang tersedia, serta menilai hasil yang dicapai dan menyusun saran-saran tindak lanjut untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan.

 

Apakah yang dimaksud dari pengertian di atas ?

 

A. Mutu pelayanan

B. Pelayanan prima

C. Pelayanan bermutu

D. Pelayanan menjaga mutu

E. Peningkatan mutu berkelanjutan

 

34). seorang pasien berobat ke dokter kulit dengan diagnosa dermatitis karena alergi salep anti jamur, kejadian di rumah koder memberi kode L23.3, T49.0, X44.0 9

 

Apakah kode yang menunjukkan kejadian di rumah pada kasus di atas ?

 

A. X44.0 9

B. X44.0

C. L23.3

D. T49.0

E. T49.0, X44.0 9

 

35). perekam medis memiliki kompetensi desain formulir dokumen rekam medis. Oleh sebab itu, mereka sebaiknya memahami istilah-istilah dalam tipografi

 

Apakah yang dimaksud dengan tipografi ?

 

A.  Suatu ilmu kreativitas, menulis dengan pena sehingga menghasilkan huruf yang indah

B.  Suatu ilmu kreativitas menata letak yang kosong, tidak ada yang salah selama tidak merugikan orang lain

C.  Suatu ilmu kreativitas, menentukan tulisan dan huruf serta tidak ada yang salah selama tidak merugikan orang lain

D.  Suatu ilmu kreativitas, menentukan ruangan yang kosong tidak ada yang salah selama tidak merugikan orang lain

E.  Suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin

 

36). Perhitungan kebutuhan rak di unit penyimpanan rekam medis rumah sakit menjadi sangat penting untuk memprediksi kebutuhan rak dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Hal tersebut berguna untuk menjaga ruang penyimpanan tetap ergonomis. Satu di antara metode yang digunakan untuk perhitungan tersebut adalah time series.

 

Manakah diantara faktor berikut ini yang tidak perlu diketahui perhitungannya ?

 

A.  File ekspension

B.  Panjang rak

C.  Banyaknya sub rak

D.  Rerata tebal berkas rekam medis

E.  Standar deviasi

 

37). seorang petugas melakukan entry data pada SIMRS karena tergesa-gesa dalam melakukan input data pemeriksaan. Hal ini akan menyebabkan perhitungan biaya pemeriksaan salah. Petugas tidak bisa langsung mengedit datanya karena petugas tidak mempunyai hak akses untuk mengubah data tersebut, perlu memanggil petugas entry lain untuk menggunakan hak aksesnya.

 

Tindakan apa yang harus dilakukan petugas entry data tersebut terhadap kondisi ini ?

 

A.  Memanggil petugas entry lain untuk menggunakan hak aksesnya

B.  Memanggil supervisor atau kepala bagiannya untuk menggunakan hak aksesnya

C.  Memanggil dokter jaga untuk menggunakan hak aksesnya

D.  Memanggil perawat jaga untuk menggunakan hak aksesnya

E.  Memanggil ahli IT untuk menggunakan hak aksesnya

 

38). seorang PMIK ditugaskan oleh atasannya untuk membuat grafik barber johnson tiap bulan di rumah sakit tempat dia bekerja. Untuk membuat grafik tersebut, maka harus mendapatkan data dasar sebagai bahan untuk membuat grafik barber johnson tersebut.

 

Dari mana data dasar tersebut dapat diperoleh ?

 

A.  Sensus harian rawat inap

B.  sensus harian rawat jalan

C.  Register pendaftaran rawat jalan

D.  Register pendaftaran rawat inap

E.  Register pelayanan rawat inap

 

39). Suatu rumah sakit menggunakan sistem rekam medis elektronik, dimana semua data pasien disimpan dalam database aplikasi SIMRS tersebut berisi sebagai berikut: identitas pasien, identitas keluarga terdekat, identitas penjamin atau pihak pembayar, waktu registrasi penerimaan pasien (waktu masuk) dan pemulangan pasien (waktu keluar) anamnesis, pemeriksaan fisik, diagnosis masuk, diagnosis akhir, diagnosis sekunder, tindakan medis, keadaan keluar, hasil laboratorium, hasil radiologi, hasil penunjang lainnya ( EKG, EEG, ECHO, Spirometri dll), obat yang diberikan ke pasien, kodefikasi penyakit dan tindakan (ICD-10 & ICD-9-CM). Nama dokter, ruang perawatan, klinik yang dituju, pengkajian perawatan, satu diantara laporan yang dibuat: adalah laporan kematian baik GDR Maupun NDR.

 

apabila hendak membuat laporan NDR, salah satu data apakah yang seharusnya diambil dari database tersebut ?

 

A.  Pengkajian keperawatan

B.  Hasil radiologi

C.  Hasil laboratorium

D.  Keadaan keluar

E.  Kodefikasi penyakit dan tindakan

 

40). Dalam sertifikat kematian diperoleh data penyebab langsung adalah obstruksi intestin (K56.6) dan penyebab dasarnya adalah hernia femoralis (K41.9) dan final Underlaying Cause of Death (UcoD) yang terpilih adalah hernia femoralis dengan obstruksi (K41.3)

 

Apa rule yang digunakan untuk kasus di atas ?

 

A. Rule A

B. Rule B

C. Rule C

D. Rule D

E. Rule E

 

41). Hasil observasi dari 100 pasien didapatkan kesimpulan bahwa waktu penyediaan rekam medis pasien rawat jalan sebesar 20 menit. Kondisi ini tidak sesuai dengan standar pelayanan medis sehingga dilakukan penelitian untuk mencari penyebab-penyebab permasalahan berdasarkan faktor-faktor seperti Man/People/Staff/Machine/Equipment, Method/operating procedure, material, measurement, environment, manajemen, money.

 

Tools statistik yang paling tepat untuk menjelaskan kasus diatas ?

 

A. Kuesioner

B. Wawancara

C. Diagram pareto

D. Lembar checklist

E. Diagram tulang ikan

 

42). Sensus harian adalah jumlah pasien pada waktu tertentu yang diinginkan. Sensus harian rawat inap umumnya dilaksanakan di rumah sakit pada saat (24.00) dan selalu pada saat yang sama setiap hari.

 

Faktor-faktor apa yang diperlukan untuk menghitung sensus harian ?

 

A.  Jumlah pasien masuk, pasien keluar hidup dan meninggal pada hari itu

B.  Jumlah pasien sisa, jumlah pasien masuk, pasien keluar hidup pada hari itu.

C.  Jumlah pasien sisa, jumlah pasien masuk, pasien keluar hidup dan meninggal pada hari itu

D.  Jumlah pasien sisa, jumlah pasien masuk, pasien keluar hidup dan meninggal pada hari itu

E.  Jumlah pasien sisa, jumlah pasien masuk, jumlah pasien pindahan atau dipindahkan, pasien keluar hidup dan meninggal pada hari itu

 

43). Dalam pembuatan grafik barber johnson dikenal istilah "daerah efisien" salah satu batasan dalam menentukan daerah efisien adalah nilai AvLos

 

Berapa nilai AvLos dalam menentukan daerah efisien pada grafik barber johnson ?

 

A.  Lebih dari 6 hari

B.  Kurang dari 9 hari

C.  Antara 6 s/d 9 hari

D.  Antara 3 s/d 12 hari

E.  Antara 6 s/d 12 hari

 

44). koder membaca rekam medis pasien untuk menentukan kode penyakit pada pasien. Petugas membaca lembar resume pada diagnosis yang dituliskan oleh dokter berbeda dengan hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan. Ketika membuka lembar keperawatan juga tidak ada kaitanya diagnosis pada lembar resume dengan diagnosis pada lembar keperawatan. Diagnosis keperawatan sejalan dengan hasil pemeriksaan fisik yang diberikan kepada pasien.

 

Bagaimana sikap petugas ?

 

A.  Mengkode sesuai diagnosis yang dokter tuliskan

B.  Mengkode sesuai diagnosis yang perawat tuliskan

C.  Melakukan komunikasi dengan dokter yang merawat

D.  Mencari kode diagnosis yang tepat dari riwayat pasien

E.  Mencari diagnosis yang tepat di google dan kodenya

 

45). Dalam mengasembling rekam medis rawat inap dan tentu harus memperhatikan jenis formulir-formulir yang penting di mana seharusnya formulir tersebut ada dalam berkas rekam medis. Akan tetapi keberadaan formulir tersebut memperhatikan diagnosis dan tindakan yang diterima, sehingga tidak semua formulir tersebut selalu ada semua di berkas rekam medis. Berikut beberapa formulir-formulir yang penting: ringkasan masuk keluar, ringkasan medis, pengantar rawat inap, persetujuan tindakan medis bila diperlukan, penolakan tindakan medis bila diperlukan, persetujuan anestesi bila diperlukan, pengkajian keperawatan, laporan operasi bila diperlukan, catatan perkembangan terintegrasi. Apabila pasien dirawat dengan diagnosis utama "anemia" untuk pemeriksaan penunjang nya hanya pemeriksaan darah di laboratorium.

 

Formulir apakah yang tidak diperlukan dalam rekam medis tersebut ?

 

A. Resume medis

B. Laporan operasi

C. pengkajian keperawatan

D. Catatan terintegrasi

E. Ringkasan masuk keluar

 

46). Seorang koder mengkode diagnosis untuk klaim BPJS. Hasil kodifikasi yang diberikan I63.9 yaitu stroke infark. Tetapi oleh verifikator BPJS kode tersebut ditolak walaupun hasil resume medis yang ditulis dokter sudah sesuai. Menurut verifikator BPJS gejala stroke dengan hipoglikemia itu mirip, oleh sebab itu pihak verifikator meminta hasil penunjang medis untuk memastikan itu stroke atau bukan.

 

Hasil penunjang medis apakah yang diperlukan untuk memastikan diagnosis tersebut ?

 

A.  EKG

B.  Tonometri

C.  Spirometri

D.  Laboratorium cek gula darah

E.  Laboratorium patologi jaringan

 

47). Seorang petugas rekam medis baru sedang mendapatkan orientasi di awal kerja. Untuk memahami tugasnya ia diberikan SPO untuk dipelajari lebih lanjut. Suatu saat dalam tugasnya, dia tidak mengetahui langkah-langkah kerja yang harus dilakukan

 

Apa yang seharusnya dia lakukan ?

 

A.  Menghindari pekerjaan tersebut

B.  Bertanya kepada petugas yang lain

C.  Mengerjakan kegiatan yang ia ketahui saja

D.  Melakukan kegiatan seadanya asalkan selesai

E.  Mempelajari SPO dan mempraktekkan sesuai SPO

 

48). Konversi tanda baca diperlukan dalam kodefikasi penyakit dan tindakan. Oleh karena kode yang berdasarkan penyakit yang mendasari, seringkali dirasa untuk memuaskan dalam memenuhi kebutuhan statistik untuk spesialisasi tertentu, sehingga diperlukan adanya suatu kode manifestasi yang mengacu pada bab tertentu.

 

Apa konvensi tanda baca yang berperan sebagai kode tambahan yang bersifat opsional ?

 

A. Dagger

B. Asterisk

C. parenthesis

D. square brackets

E. NEC

 

49). SIMRS (sistem informasi manajemen rumah sakit) mensyaratkan kedisiplinan dalam pemasukan data, baik ketetapan waktu maupun kebenaran data, maka budaya kerja yang sebelumnya menangguhkan hal-hal seperti itu menjadi berubah.

 

Apa manfaat SIMRS pada pernyataan tersebut ?

 

A. Manfaat manajerial

B. Manfaat organisasi

C. Manfaat operasional

D. Manfaat teknis

E. Manfaat transaksi

 

50). Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi di bidang kesehatan penyelenggaraan rekam medis tidak hanya dilakukan secara manual, tetapi tidak pula menggunakan perangkat komputer. Sebuah rumah sakit sedang dalam proses persalinan teknologi rekam medis berbasis elektronik. Ketika petugas rekam medis di minta rujukan resume medis melalui surat elektronik (Email) ke rumah sakit lain. Pasien meragukan keamanan data kesehatan dirinya.

 

Undang-undang nomor berapakah yang mengatur hal tersebut ?

 

A.  Undang-undang nomor 23 tahun 1992

B.  Undang-undang nomor 8 tahun 1999

C.  Undang-undang nomor 29 tahun 2004

D.  undang-undang nomor 32 tahun 2004

E.  Undang-undang nomor 11 tahun 2008

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *