KUMPULAN LATIHAN SOAL
REKAM MEDIS
1. Pada Bab berapakah dalam ICD- 10 yang terdapat Glossary Description?
A. Bab XV Penyakit pada Kehamilan, Persalinan dan Nifas
B. Bab X Penyakit Sistem Respiratory
C. Bab IX Penyakit Sistem Sirkulasi
D. Bab V Penyakit Mental dan Perilaku
E. Bab VI Penyakit Sistem Saraf
2. “Lead Term” adalah kata kunci untuk turunan kata- kata di bawahnya. Lead Term dapat berupa hal- hal berikut ini, kecuali?
A. Cedera
B. Condition
C. Disease
D. Site anatomik
E. Eponym
3. Jika dokter menuliskan diagnosis “Pneumothorax due to operative injury of chest wall”. Manakah yang merupakan lead term yang paling tepat?
A. Pneumothorax
B. Operative
C. Injury
D. Chest wall
E. Due to
4. Dalam koding prosedur medis, yang tidak termasuk dalam tindakan Operative adalah?
A. Suture
B. Closed biopsy
C. Incisi
D. Wound debridement
E. X- ray thorax
5. Apabila hasil pemeriksaan Laboratorium Patologi Anatomi menyatakan tumor jinak sedangkan dokter bedah operator menuliskan dalam dokumen sebagai tumor ganas, apa yang harus dilakukan oleh koder?
A. Tetap berpatokan pada hasil PA
B. Konfirmasi kepada dokter penanggungjawab pasien
C. Mengikuti diagnosis yang ditulis oleh dokter operator
D. Konfirmasi pada dokter spesialis PA
E. Memutuskan sendiri berdasarkan analisis dokumen
6. Kontak pertama pasien saat mendaftar di tempat pendaftaran adalah petugas pendaftaran, oleh karenanya sikap petugas kepada pasien akan memberikan kesan pasien terhadap pelayanan di rumah sakit. Apa yang sebaiknya diucapkan saat wawancara dengan pasien pertama kali?
A. Menyalami dan menanyakan keperluan
B. Menanyakan keperluan dan memberi salam
C. Memberi ucapan salam dan menanyakan keperluan
D. Tersenyum dengan ramah dan menanyakan keperluan
E. Memberi ucapan salam sambil tersenyum dan menanyakan keperluan
7. Pada suatu hari seorang pasien berobat kedua kalinya ke rumah sakit tersebut. Pasien mengeluh sesak napas dan mendapatkan pelayanan di klinik spesialis penyakit dalam. Dokter akan mengkonsultasikan pasien ke spesialis paru karena diduga ada kelainan pada sistem pernafasannya. Apa data pasien tersebut pada buku register pendaftaran saat ke spesialis paru?
A. Pengunjung lama, kunjungan baru
B. Pengunjung baru, kunjungan lama
C. Pengunjung baru, kunjungan baru
D. Pengunjung lama, kunjungan lama
E. Pengunjung baru, kunjungan ulang
8. Yang termasuk data administratif, kecuali?
A. Data demografi
B. Data keluarga terdekat
C. Data keuangan
D. Data anamnesa dan riwayat penyakit
E. Surat pernyataan
9. Pada saat wawancara dengan pasien di pendaftaran rawat inap, dibutuhkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh rumah sakit maupun oleh pasien. Data lengkap apakah yang dibutuhkan adalah?
A. Pihak penjamin
B. Identitas pribadi pasien
C. Keluarga terdekat, pihak penjamin
D. Identitas pribadi pasien, keluarga terdekat
E. Identitas pribadi pasien, keluarga terdekat, pihak penjamin
10. Sistem penamaan perlu diatur agar seragam dalam penulisannya baik di rekam medis maupun dilayanan lainnya, apakah pentingnya sistem penamaan?
A. Sebagai identitas untuk rumah sakit
B. Standar nama dalam identitas keluarga
C. Penyeragaman data
D. Identitas pasien dan pembeda antar pasien
E. Ciri identitas pasien
11. Seorang pasien wanita yang sudah bersuami bernama Anya Prabowo, A.Md.PK. akan didaftarkan oleh petugas dengan menggunakan sistem nama keluarga (Family Name). Bagaimana penulisannya?
A. Anya Prabowo, A.Md.PK.
B. Prabowo, Anya A.Md.PK.
C. Prabowo, Anya, A.Md.PK.
D. Prabowo, Anya (A.Md.PK.)
E. Anya, Prabowo (A.Md.PK.)
12. Seorang pasien wanita bernama Siti Hartati, sarjana pendidikan akan didaftarkan oleh petugas dengan menggunakan sistem nama langsung. Bagaimana penulisannya?
A. Siti Hartati, S.Pd.
B. Hartati, Siti S.Pd.
C. Siti Hartati, (S.Pd.)
D. Budi, Siti Hartati
E. Siti Hartati Budi, S.Pd.
13. Informasi apa yang diperoleh dari buku Register Pendaftaran rawat Jalan?
A. Jenis pengunjung, dan cara pembayaran
B. Jenis pengunjung, jenis kunjungan dan cara pembayaran
C. Jenis pengunjung, jenis kasus dan cara pembayaran
D. Jenis pengunjung, jenis kunjungan, jenis kasus dan cara pembayaran
E. Jenis pengunjung saja
14. Dari buku mana kita mengetahui cara kunjungan pasien?
A. Registrasi pendaftaran pasien rawat jalan
B. Registrasi pelayanan pasien rawat jalan
C. Registrasi pelayanan pasien rawat inap
D. Kartu indeks utama pasien
E. Kartu berobat
15. Seorang ibu membawa suaminya berobat ke spesialis penyakit dalam karena demam sudah tiga hari. Pasien sebelumnya sudah pernah ke rumah sakit ini, tetapi berobat ke klinik bedah. Setelah selesai mendapat pelayanan di klinik penyakit dalam pasien pulang. Apa yang dicatat perawat pada buku register pelayanan klinik penyakit dalam ?
A. Pengunjung baru, kunjungan baru, kasus baru
B. Pengunjung lama, kunjungan baru, kasus lama
C. Pengunjung lama, kunjungan lama, kasus baru
D. Pengunjung baru, kunjungan lama, kasus baru
E. Pengunjung lama, kunjungan baru, kasus baru
16. Satu diantara kegunaan Registrasi Pendaftaran Rawat Inap adalah untuk mengetahui?
A. Jenis pengunjung, dan cara pembayaran
B. Jenis pengunjung, jenis kunjungan dan cara pembayaran
C. Jenis pengunjung, jenis kasus dan cara pembayaran
D. Tempat tidur yang belum terisi pada masing- masing ruang rawat inap agar memudahkan penempatan pasien yang akan masuk rumah sakit
E. Jenis pengunjung, jenis kunjungan, jenis kasus dan cara pembayaran
17. Apa tujuan dibuat buku Register Pelayanan Rawat Inap?
A. Untuk memperoleh informasi pasien yang masuk ruang rawat inap saja
B. Untuk memperoleh informasi pasien yang keluar ruang rawat inap saja
C. Untuk memperoleh informasi semua pasien yang masuk dan keluar ruang rawat inap
D. Untuk memperoleh informasi semua pasien yang ke poliklinik
E. Untuk memperoleh informasi pasien yang ke satu klinik saja
18. Lama waktu penyimpanan Indeks Utama Pasien adalah?
A. 1 tahun
B. 5 tahun
C. 10 tahun
D. 20 tahun
E. Selamanya
19. Tujuan dibuat Indeks Utama Pasien adalah?
A. Mencari alamat pasien
B. Mencari usia pasien
C. Mencari no telepon pasien
D. Mencari nomor rekam medis pasien
E. Mencari data keluarga pasien
20. Penjajaran Indeks Utama Pasien secara manual hendaknya rapi dan mudah diambil kembali saat dibutuhkan untuk pasien berobat. Kartu indeks dapat disusun secara?
A. Straight numerical
B. Terminal digit
C. Middle digit
D. Penomoran
E. Alphabetic
21. Indeks yang berisikan kumpulan dari kasus diagnosa tertentu yang terjadi di Rumah Sakit atau Puskesmas adalah?
A. Indeks penyakit
B. Indeks tindakan
C. Indeks dokter
D. Indeks kematian
E. Indeks utama pasien
22. Berdasarkan Juknis Pengelolaan Rekam Medis di Rumah Sakit Tahun 2006, dikatakan bahwa penyimpanan rekam medis dapat dilakukan secara alfabetik atau numerik. Sistem penomoran yang distandarisasi di rumah sakit adalah?
A. Sistem penomoran seri
B. Sistem penomoran seri- unit
C. Sistem penomoran unit
D. Sistem penomoran “family numbering”
E. Sistem penomoran “security numbering”
23. Sistem penomoran diberikan pada rekam medis setiap pasien yang mendapat pelayanan yang berguna untuk?
A. Memperlancar pelayanan pasien
B. Mengingatkan petugas rekam medis
C. Mempermudah pembayaran atau penagihan
D. Meningkatkan mutu pelayanan rekam medis
E. Membedakan rekam medis seorang pasien dengan lainnya
24. Sistem penomoran RM dimana setiap pasien yang berkunjung ke Institusi pelayanan kesehatan mendapat nomor baru disebut sistem penomoran?
A. Serial numbering system
B. Unit numbering system
C. Family numbering
D. Security numbering
E. Alfabetic system
25. Pada saat berdirinya Rumah Sakit ”S” menerapkan sistem penyimpanan rekam medis secara desentralisasi. Setelah berjalan tujuh tahun dilakukan perubahan penyimpanan rekam medis dengan cara sentralisasi.
Apa kekurangan dari penyimpanan rekam medis secara desentralisasi?
A. Mengurangi duplikasi penyimpanan dan efisiensi petugas rekam medis
B. Terjadi duplikasi pembuatan rekam medis
C. Tempat penyimpanan harus buka 24 jam penuh
D. Efisiensi petugas dapat ditingkatkan
E. Mudah menerapkan sistem unit
26. Bahan terbuat dari kertas karton tebal atau mika atau plastic dengan kantong kecil tempat menyimpan catatan kertas kecil adalah?
A. Bon pinjam
B. Outguide
C. Guide
D. Bon
E. Kertas peminjam
27. Pengontrolan rekam medis yang keluar dan masuk rak penjajaran perlu dilakukan guna mengetahui keberadaan rekam medis untuk itu diperlukan alat bantu seperti?
A. Tracer
B. Buku ekspedisi
C. Kontrol rak
D. Entry peminjaman rekam medis di komputer
E. Semua benar
28. Stiker nomor warna diperlukan untuk?
A. Menunjukkan di mana rekam medis berada ketika diambil dari rak
B. Meningkatkan efisiensi dan akurasi penjajaran
C. Menyimpan rekam medis sesuai sistem penomoran yang digunakan
D. Membantu dalam mengontrol ketepatan penjajaran rekam medis di rak
E. Memilah rekam medis aktif
29. Penjajaran dari penyimpanan berdasarkan alfabetik sedangkan sistem penamaan adalah nama langsung dapat dijajar seperti?
A. Siti Maryani, Muhaiminah Siti Daljinah, Siti Mariam, Siti Sakinah, Siti
B. Siti Sakinah, Muhaiminah Siti Maryani, Siti Daljinah, Siti Mariam, Siti
C. Siti Daljinah, Muhaiminah Siti Maryani, Siti Mariam, Siti Sakinah, Siti
D. Siti Daljinah, Siti Mariam, Siti Maryani, Siti Muhaiminah, Siti Sakinah
E. Siti Muhaiminah, Siti Maryani, Siti Daljinah, Siti Mariam, Siti Sakinah
30. Pilihlah susunan dari angka Primer (I), Sekunder (II) dan Tersier
(III) pada penjajaran dengan sistem angka akhir?
A. Kelompok III–II–I
B. Kelompok III–I–II
C. Kelompok I–II–III
D. Kelompok II–III–I
E. Kelompok II–I–III
31. Pada Middle Digit Filing nomor rekam medis 34- 00- 01, nomor rekam medis berapa yang berada dimuka dan belakangnya?
A. 34- 99- 01 dan 34- 00- 02
B. 34- 00- 00 dan 34- 00- 02
C. 33- 00- 01 dan 35- 00- 01
D. 33- 00- 01 dan 34- 00- 02
E. 33- 01- 01 dan 35- 01- 01
32. Tujuan dari penyusutan yang tepat adalah?
A. Mengunakan rak penyimpanan
B. Menyiapkan rak rekam medis yang lama
C. Menambah jumlah rekam medis yang ada
D. Menyelamatkan rekam medis yang bernilai tinggi dan mengurangi yang tidak bernilai guna
E. Menyiapkan rak rekam medis yang baru
33. Jadwal retensi rekam medis inaktif kasus umum adalah?
A. 1 tahun
B. 2 tahun
C. 3 tahun
D. 4 tahun
E. 5 tahun
34. Berikut formulir rekam medis yang tidak boleh dimusnahkan?
A. Surat Ijin pulang
B. Lembar konsultasi
C. Surat pengantar rawat inap
D. Ringkasan pasien pulang
E. Ringkasan masuk dan keluar
35. Setiap pasien masuk rawat inap, petugas pendaftaran memberikan penjelasan dan meminta tanda tangan yang disebut?
A. Tata tertib
B. Informed consent
C. General consent
D. Kamar perawatan
E. Biaya perawatan
36. Ciri khas pengkodean penyakit adalah dengan cara?
A. Alfabet
B. Numerik
C. Soundex
D. Phonetic
E. Alfanumerik
37. Ciri khas pengkodean tindakan adalah dengan cara?
A. Alfabet
B. Numerik
C. Soundex
D. Phonetic
E. Alfanumerik
38. Informasi kesehatan sebagai output dari unit rekam medis dan informasi kesehatan harus selalu ditingkatkan dan dijaga mutunya. Upaya apa yang harus dilakukan oleh penanggung jawab unit untuk hal tersebut?
A. Mengukur mutu
B. Menjaga mutu
C. Melaksanakan mutu
D. Meningkatkan mutu
E. Melakukan evaluasi
39. Saudara diterima sebagai karyawan di sebuah rumah sakit yang sedang menyiapkan ruangan kerja rekam medis dan informasi kesehatan. Saudara diminta mengelompokkan pekerjaan, membagi tenaga yang ada dan membuat jadwal tugas untuk satu tahun. Fungsi manajemen apakah yang dimaksud?
A. Pengorganisasian
B. Penggerakkan
C. Perencanaan
D. Pengawasan
E. Pengendalian
40. Saudara menemukan banyak rekam medis yang disimpan di ruang perawatan, sehingga memperlambat pelayanan pasien yang akan berobat ulang. Saudara ingin melihat berapa lama ruang perawatan menyimpan rekam medis dan ruangan manakah yang terbanyak. Indikator apa yang Saudara akan monitor?
A. Lama waktu pengembalian rekam medis
B. Lama waktu penyimpanan rekam medis
C. Lama waktu pengambilan rekam medis
D. Lama waktu pengiriman rekam medis
E. Lama waktu penjajaran rekam medis
41. Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Akreditasi Rumah Sakit, setiap rumah sakit wajib diakreditasi. Setiap berapa tahunkah akreditasi rumah sakit dilakukan?
A. Setiap 1 tahun
B. Setiap 2 tahun
C. Setiap 3 tahun
D. Setiap 4 tahun
E. Setiap 4 tahun
42. Setelah lulus nanti dan bekerja di rumah sakit, saudara akan terlibat dalam penyusunan standar akreditasi. Peran profesi perekam medis dan informasi kesehatan menjadi sangat penting. Apa tujuan akreditasi bagi rumah sakit?
A. Menjaga mutu pelayanan bagi rumah sakit
B. Meningkatkan mutu pelayanan bagi rumah sakit
C. Mempersiapkan pelayanan yang bermutu bagi rumah sakit
D. Meningkatkan, menjaga mutu pelayanan dan keselamatan pasien bagi rumah sakit
E. Meningkatkan keilmuan dan kompetensi yang berguna bagi rumah sakit
43. Pemerintah menetapkan bahwa setiap rumah sakit di Indonesia terakreditasi. Tujuan akreditasi rumah sakit antara lain meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat, sumber daya manusia rumah sakit dan rumah sakit sebagai institusi. Apa manfaat akreditasi bagi pasien ?
A. Pasien mendapatkan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar profesi
B. Pasien mendapatkan pelayanan sesuai dengan standar profesi
C. Pasien dapat memilih pelayanan yang bermutu
D. Pasien mendapatkan pelayanan rumah sakit
E. Pasien dapat memilih dokter sesuai keinginan
44. Berdasarkan hasil pemantauan diketahui bahwa dokter dan petugas kesehatan lainnya masih ditemukan yang menggunakan singkatan dalam penulisan di rekam medis. Adanya singkatan ini seringkali menyulitkan petugas kodifikasi dalam membaca diagnosa yang ditulis dokter. Apa yang harus dibuat oleh petugas rekam medis ?
A. Pedoman pelayanan
B. Standar prosedur operasional
C. Pedoman singkatan dan simbol yang digunakan
D. Pedoman singkatan yang digunakan dan yang tidak digunakan
E. Standar penulisan singkatan
45. Rekam medis pasien dipelihara dengan menggunakan pengidentifikasi pasien yang unik atau khas menandai pasien atau metode lain yang efektif. Apakah identifikasi yang unik atau khas yang menandai pasien?
A. Nomor rekam medis
B. Nomor antrian
C. Nomor registrasi
D. Nomor KTP
E. Nomor HP
46. Dalam upaya program keselamatan pasien di bagian rekam medis dan informasi kesehatan, setiap pasien yang berobat ke rumah sakit hendaknya hanya memiliki satu nomor rekam medis yang digunakan baik untuk rawat jalan, rawat inap maupun gawat darurat. Apakah upaya yang dilakukan untuk menghindari pasien memiliki lebih dari satu nomor rekam medis?
A. Menerapkan sistem penomoran unit
B. Menerapkan sistem penomoran serial
C. Melakukan pencarian nomor rekam medis saat pasien mendaftar di rumah sakit
D. Menerima setiap pasien mendaftar tanpa perlu melakukan pencarian nomor rekam medis
E. Menerapkan sistem penomoran serial- unit
47. PORMIKI merupakan singkatan dari?
A. Perkumpulan Organisasi Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia
B. Perhimpunan Organisasi Profesional Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia
C. Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia
D. Persatuan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia
A. E. Perkumpulan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia
48. Organisasi PORMIKI didirikan pada tahun?
A. 1968
B. 1982
C. 1989
D. 1990
E. 1998
49. Berikut ini yang merupakan perhimpunan profesi perekam medis di Amerika adalah?
A. AHIMA
B. IFHIMA
C. THERIA
D. KHIMA
E. IHRIM
50. Siapakah orang pertama kali yang anda percayai bahwa anda yakin bisa, mampu lolos menjadi peraih nilai tertinggi dan ranking teratas dengan usaha belajar dan berdoa kepada Tuhan YME dalam persiapan menghadapi Tes Seleksi Kompetensi Bidang Kesehatan Formasi Perekam Medis ini?
A. Orang tua
B. Suami
C. Istri
D. Pacar
E. Diri sendiri
Untuk jawaban nya yang mana yah soalnya bisi salah saya jawab.apakah sy boleh minta kisi kisi pdfnya latihannya dan kuncinya
halo, soal beserta jawaban kamu dapat pilih tag yang ada namanya vinget ya kak : contoh link ini: https://rekam-medis.id/tag/vinget/ silahkan gabung grub Telegram jg ya: http://rekam-medis.id/redirect/grub_telegram.php terimkasih.. semoga bermanfaat