KUMPULAN LATIHAN SOAL
REKAM MEDIS
1. Penyimpanan berkas rekam medis menggunakan nomor-nomor yang dikelompokan
menjadi 3 kelompok :
35-04-02
36-04-02
37-04-02
38-04-02
adalah ?
a. Straight numerical filling system ( system nomor langsung )
b. Terminal digit filling system ( system angka akhir )
c. Middle digit filling system ( system angka tengah )
d. Alfabetical filling system ( system abjad )
e. Numerical filling system ( system nomor )
2. Penyimpanan berkas rekam medis menggunakan nomor-nomor yang dikelompokan
menjadi 2 kelompok :
36-04-00
36-02-01
35-05-98
35-11-99
adalah ?
a. Straight numerical filling system ( system nomor langsung )
b. Terminal digit filling system ( system angka akhir )
c. Middle digit filling system ( system angka tengah )
d. Alfabetical filling system ( system abjad )
e. Numerical filling system ( system nomor )
3. System penamaan pasien diindonesia belum beragam,setiap daerah berbeda dalam
menulis nama pasien,berikut ini namakah penulisan nama marga yang benar?
a. Simorangkir,Rustam.Tn
b. MT.Simanjuntak.Tn
c. Gatot Subroto.Tn
d. Puji Rahayu.Ny
e. Juju Juriah.Ny
54. Berapa lama rekam medis pasien dari ruangan rawat inap dikembalikan keruangan rekam medis ?
a. 1×24 jam
b. 2×24 jam
c. 4×24 jam
d. 3×24 jam
e. 5×24 jam
5. Penyimpanan rekam medis pasien dalam satu kesatuan baik catatan kunjungan poli
maupun rawat inap disebut ?
a. Sentralisasi
b. Desentralisasi
c. Terpusat
d. Terpisah
e. Tergabung
6. Aspek rekam medis dibawah ini kecuali ?
a. Aspek hukum
b. Aspek alam
c. Aspek administrasi
d. Aspek keuangan
e. Dokumentasi
7. Untuk mengetahui rekam medis keluar di rak penyimpanan sebagai gantinya menggunakan ?
a. Kohord
b. Pembatas
c. Ekspedisi
d. Tracer
e. Kertas
8. Rekam medis diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan No ?
a. Menkes RI No.140/Menkes/Per/X/1979
b. permenkes 269 tahun 2008
c. Tap MPR No.101/Menkes/Per/IX/1970
d. Tap MPR No.749a/Menkes/Per/X/1989
e. Semua benar
9. Bagian ini yang bertanggung jawab terhadap pengumpulan,pengolahan dan penyajian
data/informasi rekam medis ?
a. Assembling
b. Pengindexan
c. Filling
d. Analisis dan pelaporan
e. Koding
10. Penyusutan dokumen rekam medis adalah memindahkan rekam medis tidak aktif dari rak aktif ke rak inaktif, apa tujuan kegiatan tersebut ?
a. Mengurangi pekerjaan petugas filling
b. Memberikan ruang untuk menampung rekam medis baru
c. Melindungi rahasia medis
d. Mengisi rak filling inaktif
e. Merapikan dokumen medis
11. Jadwal retensi pemusnahan rekam medis non sarana RS dilakukan setiap berapa tahun Sekali…
a. 2 tahun
b. 3 tahun
c. 4 tahun
d. 5 tahun
e. 6 Tahun
12. Untuk mengetahui rata-rata jumlah hari pasien dirawat disebut…..
a. BOR
b. BTO
c. TOI
d. ALOS
e. WTO
13. Untuk mengetahui tingkat efisiensi pemakaian tempat tidur dalam periode tertentu
adalah……..
a. BOR
b. LOS
c. TOI
d. BTO
e. WTO
14. Salah satu metode dalam sistem identifikasi berkas RM adalah Unit Numbering System (UNS). Keuntungan penggunaan UNS, yaitu :
a. Informasi riwayat kesehatan pasien akan berkelanjutan
b. Pelayanan akan selalu menjadi lebih cepat karena pasien tidak perlu menunggu
c. Pasien akan memiliki beberapa nomor RM sesuai jumlah kunjungannya
d. Pasien akan memiliki dua nomor RM, yaitu nomor RM rawat jalan dan nomor RM rawat
inap
e. Pasien tidak perlu dibuatkan KIB karena tiap kunjungan akan mendapat nomor RM yang
baru
15. Apa yang tidak termasuk manfaat rekam medis ?
a. Pembuktian masalah etika dan disiplin
b. Pendidikan dan penelitian
c. Pembiayaan
d. Surat Keringanan Biaya
e. Pengobatan Pasien
16. PORMIKI didirikan pada tanggal ….
A. 17 Desember 1981
B. 31 Desember 1985
C. 18 Februari 1989
D. 5 April 1989
17 Visi PORMIKI yaitu ….
A. Manajemen Informasi Kesehatan yang handal di Indonesia
B. Rekam medis yang handal di Indonesia
C. Perekam medis yang handal di Indonesia
D. Rekam Kesehatan Elektronik yang handal di Indonesia
18. Keanggotaan PORMIKI terdiri dari ….
A. Anggota biasa
B. Anggota luar biasa
C. Anggota kehormatan
D. Jawaban A+B+C benar
19. Website resmi PORMIKI yaitu ….
A. www.pormiki.com
B. www.pormiki.co.id
C. www.pormiki.or.id
20. Kongres PORMIKI ke-1 dilaksanakan di ….
A. Jakarta
B. Bandung
C. Yogyakarta
D. Denpasar
21. Rekam medis berkembang, tumbuh dari kondisi-kondisi atau kesadaran akan
pentingnya ….
A. pasien
B. dokumentasi
C. keuangan
D. organisasi
22. Lahirnya rekam medis bersamaan dengan lahirnya ilmu ….
A. sosial
B. matematika
C. penduduk
D. kedokteran
23. Manakah yang bukan bagian dari zaman Mesir Kuno?
A. Dewa Thoth.
B. Imhotep.
C. Galen .
D. Papyrus Ebers.
24) Rekam medis di Indonesia berkembang sejak masa ….
A. kemerdekaan
B. batu
C. prakemerdekaan
D. modern
25) Dokter pertama yang menjalankan rekam medis adalah ….
A. Imhotep
B. Dewa Thoth
C. Hippocrates
D. Galen
26) Bapak ilmu kedokteran adalah ….
A. Hippocrates
B. Galen
C. St Jarome
D. Dr. Nicholas Tulp
27) Pelopor berdirinya rumah sakit Pennsylvania ….
A. Benjamin Franklin
B. Galen
C. Dr Nicholas
D. Dr. Richaerd
28) Rumah sakit yang pada tahun 1821 sudah memiliki rekam medis adalah ….
A. Massachusetts
B. California
C. Franklin
D. New York
29)Tahun berapakah American Hospital Association pertama kali mengadakan diskusi
rekam medis?
A. Tahun 1902.
B. Tahun 1908.
C. Tahun 1706.
D. Tahun 1804.
30) Yang merupakan pengertian rekam medis ….
A. keterangan tertulis tentang diagnosis dan tindakan medis terhadap pasien
B. organisasi di rumah sakit yang ada di bawah unit keuangan
C. daftar riwayat hidup seseorang
D. catatan kepegawaian di suatu perusahaan
31. Dalam SIRS Rev.6 Data Kunjungan dan 10 besar penyakit untuk kasus rawat inap adalah
….
A. RL 3.1
B. RL 3.2
C. RL 5.2
D. RL 5.3
E. RL 5.4
32. Tercapainya tertib administrasi dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan di
rumah sakit merupakan ….
A. fungsi rekam medis
B. nilai rekam medis
C. tujuan rekam medis
D. falsafah rekam medis
33) Manakah hal-hal di bawah ini yang bukan merupakan fungsi rekam medis ….
A. fungsi medis
B. fungsi hukum
C. fungsi manajemen
D. fungsi pendidikan
34) Kegunaan rekam medis, Kecuali adalah ….
A. tercapainya tertib administrasi
B. sebagai dasar di dalam perhitungan biaya pembayaran pelayanan medis pasien
C. dicapainya keuntungan yang sebesar-besarnya
D. melindungi kepentingan hukum bagi keluarga pasien
35) Salah satu tujuan dari hasil analisis formulir adalah ….
A. terpenuhi laporan internal
B. Menghindari kesalahan fatal
C. memenuhi kewajiban tim
D. untuk mempersiapkan presentasi
36) Apa tujuan dari tim perancang format harus menjalankan proses analisa dan
evaluasi?
A. Menilai informasi yang terkandung dalam format bermutu tinggi
B. Menilai format-format penting sebagai alat ukur informasi yang baik
C. Menilai perancangan fomat dan kelayakan pemakaian format
D. Menilai penjaminan mutu perancangan format dan kesesuaian dengan pemohon
37) Tim format perlu mengetahui fakta-fakta atau beberapa informasi mengenai suatu
formulir maupun penggunaan formulir. Mengapa?
A. Sebagai pedoman dan prinsip sebelum terjadi pencetakan format
B. Sebagai bentuk konfirmasi data untuk diringkas dan dipresentasikan kepada
pengguna
C. Sebagai pedoman persetujuan pimpinan komite formulir untuk menghindari biaya
yang tinggi.
D. Sebagai bentuk informasi keseluruhan dan keterkaitan dari system pencatatan
yang ada.
38) Mengapa evaluasi perlu Anda lakukan secara berkesinambungan?
A. Agar setiap rancangan dapat dicetak memenuhi harapan pengguna
B. Agar informasi dalam kandungan formulir dapat terdeteksi dengan baik
C. Untuk menjamin terkendalinya rancangan formulir dengan baik
D. Untuk menjamin keutuhan informasi rancangan formulir dengan baik
39) Dampak dari hasil analisis dan evaluasi perancangan formulir adalah…
A. Memotivasi para pengguna formulir untuk memberikan informasi yang layak
B. Memberikan gambaran kelemahan dari perancangan formulir
C. Memberikan para pengguna ruang pencatatan yang sesuai dengan usulan
pengguna
D. Memotivasi para tim perancang formulir untuk melakukan aktivitas evaluasi
secara berkelanjutan
30) Tahapan dari analisis dan evaluasi formulir elektronik?
A. Kemudahan pengelolaan formulir
B. Melihat Fungsi alur kerja dan kedalaman proses kerja
C. Mencari solusi terbaik untuk pelayanan kesehatan
D. Mengumpulkan informasi sebagai pengambilan keputusan manajemen
41) Resiko rawan apa yang kurang pertimbangan dan pengendalian yang tepat untuk
Privasi dan kerahasiaan pasien pada formulir elektronik?
A. Akses data pasien oleh keluarga atau teman pasien harus dengan persetujuan
B. Akses data pasien pada unit keperawatan saat pasien dalam proses rawat inap
C. Semua informasi boleh diakses oleh seluruh dokter dan perawat
D. semua informasi pasien boleh diakses oleh staf Manajemen Informasi Kesehatan
yang mempunyai tugas spesifik (ROI)
42) Evaluasi formulir elektronik dengan melihat fungsi-fungsi tipikal spesifikasi aplikasi
software dalam mendukung alur ….
A. kedalaman system pengelolaan system informasi pelayanan kesehatan
B. Akses data pasien pada unit-unti pelayanan keseahatan
C. Kedalaman system pengelolaan dokumen elektronik yang digunakan sebagai
rekam medis yang legal
D. semua informasi-informasi pasien yang boleh diakses oleh staf Manajemen
Informasi Kesehatan, dokter maupun perawat
43) Yang perlu diperhatikan dalam tahapan analisis dan evaluasi formulir elektronik:
A. Elemen data yang tercantum dalam formulir elektronik disusun menurut urutan
logis.
B. Verifikasi user untuk memudahkan identifikasi formulir elektronik
C. Validasi user yang memasukkan data sesuai criteria format elektronik
D. membuat prosedur penomoran formulir elektronik
44) Dalam pengendalian Formulir elektronik dapat dilakukan dengan penentuan
pemakain formulir tertentu ….
A. Terbatas pada orang-orang medis saja dengan pasword
B. Terbatas pada orang-orang yang memiliki kata sandi saja dan hak akses
C. Semua yang menggunakann harus mempunyai kata sandi
D. semua pengguna tidak perlu mempunyai kata sandi
45) Sebelum Anda melakukan perancangan formulir, maka yang harus Anda lakukan
adalah
….
A. meretensi formulir lama
B. mengevaluasi formulir baru
C. menelaahan dan mempelajari formulir
D. memusnahkan formulir lama
46) Jika sebuah formulir khusus akan Anda rancang, yang perlu Anda perhatikan
adalah ….
A. menjamin keutuhan informasi
B. menjamin keutuhan kesepakatan
C. menjamin kelanjutan informasi
D. menjamin keutuhan formulir
47) Tahapan sebelum melakukan perancangan formulir harus melakukan analisis dan
evaluasi formulir. Tahapan selanjutnya adalah rangkuman hasil analisis dan evaluasi
formulir harus ….
A. dipresentasikan kepada direktur
B. dipresentasikan kepada user
C. dipresentasikan kepada tim formulir
D. dipresentasikan kepada pimpinan Rumah Sakit
48) Tahapan sebelum melakukan perancangan formulir harus melakukan analisis dan
evaluasi formulir. Kegiatan analisis dan evaluasi formulir dilakukan oleh ….
A. Direktur
B. Pengguna
C. Tim formulir
D. Pengguna dan Tim formulir
49) Prosedur awal yang harus Anda lakukan jika akan mengganti formulir yang lama
adalah ….
A. Hubungi Bagian inventaris berapa jumlah formulir lama
B. Buat rancangan formulir baru
C. mempresentasikan kepada tim formulir rancangan formulir baru
D. mengusulkan kepada tim formulir untuk merancang usulan format baru
50) Prinsip umum untuk Anda pertimbangkan dalam pengembangan tampilan format
elektronik ….
A. Rancangan proses
B. Rancangan penilaian
C. Rancangan Data
D. Rancangan masukan
Jawabannya dimana kak
Jawaban bisa di cari melalui grub diskusi disini kak : https://t.me/+VmlPnaI9PqNdyT-h