Managemen Kesehatan 4

KUMPULAN SOAL VINYET

MANAJEMEN REKAM MEDIS

By: Nofri Heltiani, S.Si, M.Kes

 

ADOPSI (Mengangkat Anak)

1.   Pada tanggal 15 Juni 2004 Ny.A melahirkan anak keempatnya di RS.X dan bayi tersebut yang harus mendapatkan perawatan intensif karena anemia. Ny.A berasal dari keluarga tidak mampu sehingga ia terpaksa meninggalkan bayinya untuk diadopsi oleh orang lain. Ny.A ingin mengetahui kondisi anaknya setelah satu minggu berlalu, akan tetapi ternyata anaknya sudah diadopsi sehingga Ny.A menemui perekam medis untuk dapat melihat berkas rekam medis anaknya.

Apakah yang harus dilakukan perekam medis?

a.   Memberikan berkas rekam medis anak Ny.A kepada Ny.A untuk dilihat di ruang rekam medis saja.

b.   Memberikan berkas rekam medis anak Ny.A kepada Ny.A untuk dilihat dan difotocopy.

c.   Memberikan informasi kepada Ny.A bahwa haknya untuk melihat dan memeriksa rekam medis anaknya sudah tidak ada sejak ia meninggalkan anaknya di RS.X

d.   Memberikan informasi kepada Ny.A bahwa haknya untuk melihat dan memeriksa rekam medis anaknya sudah tidak ada sejak ia meninggalkan anaknya di RS.X tetapi ia tetap bisa melihat berkas rekam medis anaknya apabila dibutuhkan.

e.   Memberi informasi kepada Ny.A bahwa haknya untuk melihat dan memeriksa rekam medis anaknya telah berakhir sejak anaknya telah diangkat oleh orang tua angkatnya.

Alasan:

Adopsi telah mengakibatkan orang tua kandung melepaskan hak mereka untuk memeriksa berkas rekam medis anaknya telah diangkat. Sebab dengan pengangkatan tersebut seluruh hak orang tua telah berakhir.

 

2.   Pada tanggal 23 Juni 2004 sepasang Suami Istri muda mengadopsi seorang bayi perempuan di RS.X. Untuk proses adminitrasi bayi tersebut calon orang tua angkat ini menemui perekam medis untuk memeriksa berkas rekam medis bayi yang akan diangkat menjadi anak kandungnya.

Apakah yang harus dilakukan perekam medis?

a.   Memberikan berkas rekam medis bayi tersebut yang berisi semua identitas bayi yang berkaitan dengan orang tua aslinya kepada calon orang tua angkatnya untuk diperiksa hingga mencapai dewasa.

b.   Memberikan berkas rekam medis bayi tersebut yang berisi semua identitas bayi yang berkaitan dengan orang tua aslinya kepada sepasang suami istri yang telah sah menjadi orang tua angkat bayi tersebut untuk diperiksa hingga mencapai dewasa.

c.   Memberikan berkas rekam medis bayi tersebut tanpa identitas masa lampau bayi yang berkaitan dengan orang tua aslinya kepada calon orang tua angkatnya untuk diperiksa hingga mencapai dewasa.

d.   Memberikan berkas rekam medis bayi tersebut tanpa identitas masa lampau bayi yang berkaitan dengan orang tua aslinya kepada sepasang suami istri yang telah sah menjadi orang tua angkat bayi tersebut untuk diperiksa.

e.   Tidak memberikan berkas rekam medis bayi tersebut karena rekam medis bersifat rahasia dan harus dijaga kerahasiaannya.

Alasan:

Adopsi telah mengakibatkan orang baru menerima hak sebagai orang tua asli berarti berhak untuk memeriksa berkas rekam medis anak angkatnya hingga mencapai dewasa. Namun orang tua baru tidak boleh melihat berkas rekam medis masa lampau di anak. Dalam hal ini petugas rekam medis wajib mengeluarkan semua identitas masa lampaunya yang berkaitan dengan orang tua asli sewaktu orang tua baru memeriksa berkas rekam medis anak angkat yang telah dijadikan anak kandung.

 

3.   Pada tanggal 26 Januari 2019 An.R datang ke Unit Rekam Medis RS.X untuk memastikan apakah betul ia anak yang diadopsi pada tanggal 23 Juni 2004 oleh sepasang suami istri Y dengan cara melihat berkas rekam medis milikinya.

Apakah yang harus dilakukan perekam medis?

a.     Tidak memberikan berkas rekam medis miliki An.R kepada An.R karena tidak ada konfirmasi dari orang tua angkatnya kepada pihak RS.X

b.     Tidak memberikan berkas rekam medis miliki An.R kepada An.R karena karena An.R masih berusia 16 tahun.

c.     Memberikan berkas rekam medis An.R tanpa identitas masa lampau yang berkaitan dengan orang tua aslinya untuk dibaca oleh An.R.

d.     Memberikan berkas rekam medis An.R dengan identitas masa lampau yang berkaitan dengan orang tua aslinya untuk dibaca oleh An.R.

e.     Memberikan berkas rekam medis An.R dengan identitas masa lampau yang berkaitan dengan orang tua aslinya untuk dibaca oleh An.R dengan didampingi oleh orang tua angkatnya.

Alasan:

Anak angkat mempunyai hak untuk membaca berkas rekam medis dirinya pada saat mencapai usia dewasa tanpa mengeluarkan semua identitas masa lampau orang tua aslinya.

 

Referensi:

Direktorrat Jenderal Pelayanan Medik. 1997. Pedoman Rekam Medis. Jakarta: Depatemen Kesehatan RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *